Cara Mengecat Blok Mesin Motor Warna Magnesium Brown


Cara Mengecat Blok Mesin Motor Warna Magnesium Brown - Mengecat kembali blok mesin motor perlu dilakukan supaya tambil lebih baru. Kerana cat sepeda motor bila sudah berumur warnanya mulai memudar atau rusak akibat selalu diinjak kaki saat musim hujan atau sering terkena percikan air laut dan berbagai penyebab lainya.

Tak hanya untuk meremajakan, mengecat ulang blok mesin motor juga sebagai langkah untuk membuat tampilan motor lebih keren terutama pada motor modifikasi. Pengecatan dapat anda lakukan dengan menggunakan dua metodi yaitu memakai cat semprot pylox atau dengan cat duco yang menggunakan angin kompresor.

Jika menginginkan hasil yang lebih bagus dan awet anda bisa memilih metode ke dua yakni dengan cat kompresor. Salah satu warna incaran pecinta modifikasi adalah magnesium brown seperti pada mesin kawasaki ninja 2 tak.

Baca juga [VIRAL] Cat Pilox Tahan Panas Untuk Mengecat Knalpot 

Namun tahukah kamu ? Agar warna magnesium brown serta butiran metalic terlihat dibutuhkan terik khusus serta warna cat dasar yang pas. 

Biar ngak salah kaprah, tidak ada salahnya anda mengikuti turtorial saya bagaimana cara mengecat blok mesin motor warna magnesium brown :


Steep Pertama 


Langkah mengecat bisa diakukan dengan membongkar blok magnet serta kopling dari mesin dan bersihkan secara meneluruh hingga kerak bekas oli hilang. Untuk memudahkan tahap ini gunakan sabun colek maupun sabun cuci piring.


Berikutnya amplas menggunakan grid setengah kasar nomor 400 hingga halus serta jamur menghilang. Setelah selesai keringkan pakai lap camois untuk dilakukan proses pengecatan.

Baca juga [KLIK DISINI] Cara menggunakan Soda Api Untuk Menghilangkan Cat Dan Dempul 


Steep Kedua


Karena suhu mesin selalu panas sebelum dicat beri lapisan epoxy terlebih dahulu agar cat tidak mudah mengelupas serta tidak gampang pudar. Anda bisa menggunakan berbagai merk poxy mulai dari alfaglos, epoxy nipe, propaint dan yang lainya.


Jika poxy sudah mengering amplas terlebih dahulu dengan menggunakan amplas 400 sampai halus. Proses pengeringan dibutuhkan 2-3 jam untuk siap dapat diamplas.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 


Steep Ketiga
 

Biar warna magnesium brown dapat keluar anda wajib memberi lapisan cat dasar warna silver. Selain mempertajam warna fungsi cat dasar juga bertujuan agar cat akhir tidak mudah mengelupas. Anda bisa menggunakan cristal silver atau silver NC sebagai cat dasar.


Untuk mendapatkan hasil akhir yang halus, jika cat dasar sudah kering(20-30 menit) gunakan amplas bekas nomor 400/1500 untuk mengamplasnya sampai halus.


Steep Keempat


Jika sudah kering anda sudah bisa mengecat blok mesin motor warna magnesium brown. Biar warna cat tidak cepat pudar gunakan thiner super dan beri sedikit tiner PU sebagai pelarutnya. Anda bisa mengecatnya hingga tiga lapisan sampai nutup dan memberi jeda disetiap lapisanya untuk menghindari cat kriting. Tujuan memberi sedikit campuran thiner PU ini adalah agar butiran metalic pada cat dapat keluar serta membuat hasil cat lebih halus.


Biar cat makin awet terakhir anda bisa lapisinya dengan clear coat, untuk hasil maksimal gunakan thiner PU sebagai campuranya. Jika menginginkan warna doff dulur tingal melapisinya dengan cleart doof.



KESIMPULAN

Pengecatan warna magnesium diawal dengan memberi cat dasar warna silver dan beri sedikit thiner PU saat anda mixing cat jadi agar hasilnya lebih halus serta bubuk metalic dapat terlihat terutama saat terkena pantulan matahari.

Demikianlah ulasan bagaimana cara mengecat blok mesin motor warna magnesium brown, semoga bermanfaat dan terimakaksih sudah meluangkan waktu untuk membacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas