Urutan Amplas Yang Digunakan Untuk Mengecat Mobil


Urutan amplas yang digunakan untuk mengecat mobil - Meski serupa mengecat mobil dengan mengecat rumah tidak bisa kita samakan. Tidak main asal-asalan, mengecat mobil dibutuhkan persiapan serta peralatan lengkap. Tak hanya kompresor, dibutuhkan bahan lainya seperti dempul, spraygun, amplas dan clear coat.  Itulah sebabnya mengapa pengecatan ulang biayanya cukup mahal bahkan setara harga sepeda motor.

Tahap pengecatan diawali dari proses pendempulan(jika ada yang penyok), pelapisan epoxy, cat dasar, cat akhir, clear coat dan terkahir adalah langkah pemolesan cat baru.

Untuk melancarkan semua tahap diatas dibutuhkan proses pengamplasan disemua steepnya. Namun tahukah kamu ? Meski sepele banyak yang tidak tahau urutan amplas yang dipakai untuk mengecat mobil. Ketidaktahuan tersebut membuat goresan amplas kasar masih terlihat setelah proses akhir clear coat.

Biar ngak keliru, dibawah ini adalah urutan penggunaan amplas untuk pengecatan body mobil dari pengamplasan dempul sampai mengaplas clear coat. Berikut penjelasanya


Ukuran Amplas Untuk Mengaplas Dempul


Mendempul mobil merupakan tahap untuk meratakan body yang penyok maupun karena baret dalam. Kita semua sudah tahu jika dempul sudah kering tekturnya akan keras layaknya batu, jadi untuk mempecepat proses mengamplas dempul mobil gunakan amplas kasar nomor 120. Biar dempul terasa empuk anda bisa mengoleskan sedkit sabun colek saat mengamplasnya.



Baca juga Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar

Setelah dempul rata, ulangi pengamplasan menggunakan amplas nomor 240. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan goresan bekas amplas kasar, jadi saat nanti dipoxy dempul terlihat halus tanpa ada goresan bekas amplas.


Ukuran Amplas untuk Epoxy 



Berikutnya untuk menghaluskan epoxy gunakan amplas nomor 240, lebih bagus lagi jika menggunakan amplas bekas agar tidak begitu tajam. Setelah memakai nomor 240, bilas kembali dengan amplas nomer 400 hingga semua permukaan poxy halus saat anda raba.


Ukuran Amplas Untuk Cat Dasar




Cat dasar merupakan tahapan ketiga proses pengecat body mobil, fungsinya sendiri sebagai timpuan cat akhir agar semakin kuat menempel serta mempertajam warna.

Untuk mengamplas cat dasar sobat gunakan amplas 400 bekas, jika tidak ada bekas gunakan amplas halus nomor 1500. Sedangkan untuk merek amplas yang bagus anda bisa memakai merk RMC yang harga nya 3.500 perlembar.


Ukuran Amplas Untuk Clear Coat


https://www.suryadidik.com/2019/12/bengkel-cat-mobil-body-repair-pati-jawa.html

Clear coat merupakan proses akhir mengecat mobil dimana fungsinya sebagai pelindung anti gores cat serta membuatnya tampilan cat mengkilap lebih lama.

Berbeda dengan cat pabrik yang halus dan mengkilap, pengecatan ulang mobil lapisan celarnya lebih cenderung seperti kulit jeruk dan kasar saat diraba.

Agar seperti cat pabrik clear coat perlu diamplas jika kondisinya sudah mengering keras untuk menghilangkan cat kulit jeruk. Untuk mengamplasnya gunakan nomor 2000.

Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap

KESIMPULAN 


Dapat diambil kesimpulan ukuran amplas 120 dan 240 untuk mengamplas dempul. Nomor 240 dan 400 untuk poxy, sedangkan saat mengamplas cat dasar menggunakan grit yang lebih halus nomor 400 bekas atau bisa juga pakai 1500. Terakhir saat proses pengamplasan clear coat pakai amplas yang paling halus 2000 dan merk amplas terbaik anda bisa memakai RMC yang ketajamanya lebih awet.

Demikian lah turtorial urutan amplas yang digunakan untuk mengecat mobil, dengan mengikuti tips diatas anda akan mendapatkan hasil cat yang halus tanpa ada goresan bekas amplas terlihat. Jadi janagn diboak balik ya ukuranya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas