Cara Ajaib Menghilangkan Karat Pada Velg Sepeda Onthel


Cara menghilangkan karat pada vleg sepeda onthel - Belakangan ini kendaraan roda dua tak bermesin tengah digemari lapisan masyarakat, baik dipedesaan maupun perkotaan. Ya semenjak covid-19 menyerang bersepeda merupakan rutinitas yang cukup menyenangkan untuk mengobati rasa bosan ketimbang berdiam diri dirumah seperti anjuran bapak presiden #dirumahsaja untuk memutus rantai penyebaran virus corona baru-baru ini.

Semakin banyak menjamurnya pesepeda kabarnya akan dikenakan pajak kendaraan layaknya motor maupun mobil, entah itu kabar hoax atau memang lagi wacana.

Bangkitnya dunia sepeda juga menjadi berkah para pedagang sekalligus penjual sparepart yang awalnya sepi penggunjung saat ini daganganya laris terjual bahkan kita harus antri sekedar untuk membeli sparepartnya.

Baru-baru ini banyak bermunculan sepeda tua yang didaur ulang, lebih trendi namun tidak meninggalkan kesan klasik layaknya tahun 90.an. Ya sepeda tua yang saat populer saat ini adalah sepeda Minion, bentuknya yang sederhana hanya pipa melengkung sebagai sasis membuatnya terkesan unik bahkan popularitasnya mengalahkan bentuk modern.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil 

Sepeda minoin berasal dari sepeda mini phonix yang awalnya hanya barang rosok tua didaur ulang kembali pakai sparepart yang lebih modern. Bahkan ada yang menambahkan gear 6 speed layaknya sepeda gunung. Jika sudah dimodifikasi harga sepeda minion ini mencapai 500rb an bahkan mencapai jutaan rupiah tergantung kualitas part dan aksesoring yang tersematkan. Sedangkan jika masih dalam kondisi rosok/bekas hanya 200rb.

Yang namanya barang tua tentu tak luput dengan yang namanya korosi. Terutama pada bagian velg yang cukup menggangu penampilan. Bagi yang berkantong tebal mungkin ini bukanlah Masalah karena bisa mengganti dengan spareprat baru.


Jika ingin lebih berhemat masbro bisa menghilangkan karat di velg sepeda onthel dengan cara memakai bahan disekitar kita mulai dari bubuk soda kue atau memakai produk komersil.

  • Bubuk Soda Kue
Natrium bikarbonat atau biasa disebut bubuk soda kue merupakan bahan pengembang adonan yang sering diaplikasikan pada kue.

Faktanya khasiat lain yang bisa kita manfaatkan pada bubuk soda kue ini adalah sebagai penghilang karat pada besi. Cara memakainya pun tidak begitu sulit ya, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Tahap pertama yang bisa dilakukan adalah mencampur soda kue dengan air takaran 1:1 kemudian aduk hingga teksturnya menyerupai pasta gigi. Biar makin ampuh mengusir karat tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk hingga tercampur rata.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa


Selanjutnya tinggal mengoleskanya pada sepeda yang berkarat memakai kuas kecil atau bisa pakai sikat gig hingga karat tertutup rata dan diamkan selama 15 menit.

Langkah selanjutnya tinggal digosok pakai sikat kawat, jika tidak ada bisa diganti gosok cuci piring/panci. Sesekali kita bisa mengoleskan bubuk soda kue kembali biar karat gampang melunak.

Jika sudah selesai untuk membersihkan bubuk soda kue yang nempel kita bisa mengosoknya pakai lap yang kering dan kesat, dan lihatlah hasilnya.

  • Larutan Cuka
Bahan dapur lain yang bisa dipakai adalah cuka, Berikut adalah cara menggunakanya :

Kita bisa menuangkan cairan cuka secukupnya pada botol penyemprot spraygun dan tambahkan bubuk soda kue untuk mempercepat proses perontokkan karat.

Baca juga 5 Merk Cat Hitam Doff Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor 

Semprotkan secara merata pada permukaan velg sepeda ontel yang berkarat dan diamkan selama 15 menit agar cairan beraksi, biar mudah hilang bantu dengan proses penggosokan secara perlahan. Sedikit capek sih tapi kebayang nanti dengan hasil yang didapat.

Selanjutnya bilas sisa cuka pakai air menggalir, gunakan sabun cuci piring untuk membersihkanya. karena kita tahu cairan cuka bila dibiarkan lama menempel pada besi menyebabkan timbulnya korosi.

Setelah selesai tinggal keringkan pakai kanebo atau lap kering.

  •  Minyak Tanah
Bahan lain yang bisa diaplikasikan adalah minyak tanah, berikut adalah langkah-langkah menghilangkan karat dengan minyak tanah :

Pertama tuangkan minyak tanah pada wadah mangkok, beri sedikit abu gosok dan aduk hingga kedua bahan tercampur rata(tidak terlalu encer)

Baca juga  Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight


Selanjutnya tingal dibubuhkan pada merukaan yang berkarat dan tunggu beberapa saat dan gosok secara teratur sampai karat menghilang. Proses ini membutuhkan sedikit kecepatan karena bila terlalu lama minyak tanah akan menguap.

Terakhir bisa kita bersihkan atau bisa mencucinya pakai sabun biar dan keringkan. Campuran minyak tahan ini juga bisa dipakai sebagai bahan alternatif penghilang karat pada velg jari-jari sepeda atau besi lainya.


  • Amplas
 Bila volume karat cukup tebal anda bisa mengambil langkah pengamplasan dengan memakai grid amplas yang sedikit kasar nomor 120. Biar mudah rontok oleskan sabun colek pada oermukaan karat basahi dengan air dan siap untuk diamplas dengan telaten. Bla masih susah hilang ganti dengan grid yang lebih kasar nomor 80.

Jika sudah menghilang bilas dengan amplas grid lebih halus nomor 240, langkah ini bertujuan sebagai penghilang baret kasar. Biar main mantap setelah kasat hilang masbro bisa melakukan polishing dengan autosol.

Jika tidak memungkinkan untuk diampas secara manual, gunakan amplas mesin grinda dijamin seketika karat langsung rontok tanpa butuh waktu lama.

Setelah menerapkan cara menghilangkan karat pada velg sepeda onthel, biar korosi ngak balik lagi anda bisa melapisinya dengan cat dengan melalakukan epoxy filler terlebih dahulu. Sesekali anda menyemprotkan cairan WD 40 secara berkala sebalagi langkah pencegahan khususnya saat musim penghujan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas