Penyebab Dan Cara Mengatasi Rem Cakram Seret Saat Mundur


Suryadidik.com - Pernah ngak rem motor anda seret saat mundur ? Ya permasalahan yang sering terjadi pada rem cakram ini memang banyak dijumpai pada semua jenis motor baik matic serta non matic. Tentu permasalahan ini akan merepotkan anda saat ingin memundurkan motor sekedar berputar arah.

Memang seiring dengan perkembangan zaman sistem pengereman yang awalnya masih menggunakan tromol saat ini beralih menggunakan piringan cakram. Sistem pengereman dengan cakaram memang memiliki banyak kelebihan ketimbang yang masih menggunakan tromol. Beberapa kelebihanya seperti pengereman lebih pakem serta membuat tambilan motor lebih terliat mewah dan kekar.


Sama halnya dengan rem tromol cakram ini juga tak luput dari berbagai permasalahan. Salah satu masalah yang sering tinbul adalah kampas rem seret. Karena sitem pengereman ini piringan cakram diapit dua kampas jadi permasalahhan seperti ini tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada rem depan mapun belakang.

Baca juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban 

Penyebab rem seret ini disebabkan oleh sistem hidrolik rem yang memang fungsinya sebagai pendorong kampas. Tuntu jika hidrolik kotor atau sudah tidak berfungsi maka kampas tidak dapat kembali keposisi semula(tidak nempel piringan).

Selain karena hidrolik, setidaknya 3 penyebab lain rem cakram seret saat mundur. Dibawah ini adalah beberapa poin penyebabnya yang wajib baikers ketahui.


1. Piston Caliper Macet

Seperti yang sudah saya ulas kemarin fungsi piston ini menggubah tekanan hidrolik menjadi energi gerak yang dapat menekan maju maupun mundur kampas rem saat handle ditekan dan dilepas. Pada sisi piston ini dipenuhi oleh oli rem dan jumlahnya akan bertambah ketika tuas rem ditekan.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Bebek 4tak Ngebul Saat Dipanaskan 

Namun ada kalanya piston ini macet pada silinder, jika posisi piston yang macet ketika posisi kampas terlepas dari cakram maka rem menjadi blong. Begitu sebaliknya jika posisi piston atau kaliper macet pada posisi masih nemekan kampas maka rem akan terasa seret seperti kampas belum terlepas seutuhnya.

2. Pin Caliper Macet

Penyebab ke dua ini dapat terjadi pada caliper rem tipe floating yang juga banyak digunakan pada rem cakram motor. Pin in memiliki fungsi sebagai poros untuk pergerakan kaliper rem ke kanan mapun ke kiri.


Pergerakan kaliper ini sangat memperngarui pakem tidak nya sektor pengereman cakram, apabila pin ini licin maka kaliper dengan muda bergerak mau maupun mundur.  Jadi bila pin ini kurang pelumas oli otomatis kaliper akan macet

3. Penggunaan kampas

Faktor lain yang jadi biang rem cakram seret bia disebabkan kelirunya pemakian kampas. Umunya kampas terbuat dari kramik organic dan ada beberapa yang terbuat dari bahan yang lebih keras yang dipakai berdasarkan karekter daya pengereman kendaraan berbeda beda tergantug seberapa besar cc pada mesin.

 Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Apabila kampas rem digani dengan karakter yang lebih lunak, mebisa memperkuat daya cengkram pada pengereman. Namun ini justru menjadi penyebab gesekan berlebih pada piringan cakram yang menghambat roda saat berputar.

Jadi perilaku mengganti spareprat yang tidak sesuai ini menjadi penyebab rem cakram seret saat mundur. Jadi gunakanlah onderdil yang sesuai dengan jens kendaraan. Semoga info ini bermanfaat untuk anda dan utamakan safety saat berkendara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas