[TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu


Oli merupakan kebutuhan utama yang harus terpenuhi untuk maintenance khusunya pada mesin, baik pada mesin mobil, mesin deasel, mesin motor, mesin pabrik, mesin kapal dan jenis mesin lainya. Tanpa pelumas tentu komponen didalanya tidak dapat bekerja. Begitu sebaliknya meskipun ada oli namun oli bekas tentu sama saja membuat mesin juga cepat mengalami kerusakan.

Kebutuhan oli yang semakin tinggi membuat oknum nakal yang mendaur ulang oli bekas untuk dijual kembali bahkan memakai kemasin serta merk tertama untuk membuat konsumen semakin percaya akan keaslianya. Bakan oli palsu ini terjual bebas tanpa ada pihak berwajib yang mencegahnya.

Dengan makin maraknya beredar luar oli paslu masyarakat harus benar-benar jeli untuk mengetahui perbedaan oli asli dengan oli palus agar tidak merugi dikemudian hari. Tentu pelumas paslu ini hasil daur ulang oli bekas tap tapan yang kotor bercampur lumpur. Jadi teliti terlebih dahulu sebeblum oli masuk ke dalam mesin.

Baca juga [INFO PENTING] Begini dampak Buruk Mengisi Oli Mesin Terlalu Banyak 

Mungkin masyarakat awam sulit memedapak ciri oli asli dengan oli palsu, secara singkat kemasan serta tulisnya pun sama. Namun jika diteliti sangat jelas akan perbedaannya baik pada kemasan maupun isi di dalamya.

Biar dulur ngak salah pilih dibawah ini ada beberapa cara membedakan oli asli dengan oli paslu khususnya pada jenis MPX2 yang sering dipakai motor matic.


CIRI CIRI OLI MPX2 PASLU DENGAN YANG ASLI

1. Harga

Hal pertama yang padut dicurigai adalah dari segi perbedaan harga. Tidak hanya pada oli semua barang palsu 99% dijual dengan harga yang lebih murah ketimbang yag asli. Trik emang sangat ampuh, dengan harga yang lebih murah membuat warga tertarik untuk membelinya. Jada patut dicurigai akan keaslinaya.

2. Label/Logo

Berikutnya untuk jadi pembeda oli asli dan oli palsu yang paling mudah adalahh dengan membedakan label maupun botol kemasanya. Produsen oli selalu mencumkan kode barang maupun kode expired yang dicetak dari digital printing,  jadi hasil cetakan hurufnya lebih terlihat rapi satu sama lain.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome


Beda dengan produk palsu yang membuat kode barang serta label yang dibuat menggunakan semacam hologramic yang hasilnya kurang rapi.

Meskipun sama-sama tercetak kode barang, jika perhatikan oli yang asli hasil cetakanya lebih terlihat rapi dan ukuran fontnya lebih kecil. Berbeda dengan yang palsu ukuran hurufnya lebi besar tan tidak rapi atau jarak hurufnya lebih lebar. Ukuran font juga berbeda pada kote yang dicetak dibawah kemasan.


Jika diperhatikan kembali gambar atau background dibelakang tulisan AHM OIL MPX2 pada stiker yang asli lebih jelas ketimbang dengan yang palsu.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel


3. Kemasan
Tidak cukup sampai disitu ciri-ciri oli mesin mpx2 yang paslu bisa terlihat dengan pemasangan stiker. Jika yang asli pemasangan nya lebih terlihat rampi dari berbagai sudut, berdeda dengan pelumas palsu pemasangan stiker kurang rapi bakan ada yang tertempel miring serta menempel kurang sempurna seperti ditempel secara manual pakai tangan.


4. Volume Oli

Dari segi ukuran jumlah oli paslu lebih sedikit dengan oli asli. Selisihnya tidak terlalu banyak sih namun adapat berdampak fatal pada mesin motor dikemudian hari



5. Isi Oil

Setelah dibedakan dari segi harga, label, kemasan, volume oli anda juga dapat mengetaui mana ciri ciri mana oli mpx2 dengan mengetahui isinya. Jika diperhatikan warna oli asli lebih kuning ke merahan dan terlihat jernih. Beda dengan yang palsu memiliki warna kuning kehitaman.


Dari segi tektur pun jelas berbeda oli asli agak encer ketimbang oli mesin palsu yang agak kental.

Sebenarnya mau ini oli asli atau palsu bedanya hanya sedikit. Hanya saja masa pemakaian oli palsu akan lebit cepat habis ketimbang dengan yang resmi yang dapat bertahan sampai 3 - 4bln lebih tergantung pemakaian juga.

Baca juga Cara Mengkilapkan Dan Membersihkan Blok Mesin Dengan Sitrum 

Oli palsu ini setelah berumur 2 bulan jumlah oli akan berkurang, dan berkurangya oli ini lah yang berbahaya. Bukan karena menguap, setelah oli palsu dipakai dia akan mengendap seperti kayak lumpur. Jika temen-temen pernah bongkar mesin tentu pernah menemukan kusus mengendapnya oli di bagian bawah mesin.

Oke dulur ke 5 poin diatas merupakan ciri ciri oli mpx2 palsu dengan oli yang asli. Agar tidak tertipu kesekian kalinya cek kondisi oil sebelum membeli. Serta tidak ada salahnya jika mengati oli mesin di bengkel anda bisa mengecek kemasan oli terlebih dahulu sebelum dituang ke dalam mesin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel