[KLIK DISINI] 5 Cri dan Perbedaan Oli Yamalube Asli dan Palsu


Ciri dan perbedaaan oli yamalube asli dan palsu - Sepeda motor merupakan kendaraan favorit umat manusia dipenjuru dunia termsuk dinegara kita ini. Selain harganya lebih terjangkau Ukuranya yang kecil sangat mumpuni untuk menerjang kemacetan khususnya dikota-kota besar. Termasuk kota Pati.

Seiring meningkatnya jumlah pengguna kendaran bermotor permintaan oli juga terus meningkat baik itu oli mesin oli gardan, oli caram ataupun oli sockbreaker. Tentu kita tau apa sih oli itu ?? Oli merupakan cairan pelumas yang wajib ada di komponen mesin, tanpa oli mesin tidak dapat bekerja bahkan membuat komponen cepat aus akibat bergesekan satu sama lain.

Umumnya oli mesin harus diganti jika sudah menempuh jarak 2.000 km atau setiap 2-3 bulam sekali. Setelah diganti dengan yang baru oli bekas dikumpulkan bengkel disuatu wadah tertentu untuk dijual kembali.

Oli bekas sebenarnya masih bisa dipakai untuk melumasi mesin-mesin pabrik maupun mesin penggiling gabah. Namun baru-baru ini ditemukan oli bekas yang di daur ulang serta dikemas kembali dengan merk terkenal untuk mengelabuhi konsumenya terutama oli untuk sepeda motor.

Baca juga [INFO PENTING] Begini dampak Buruk Mengisi Oli Mesin Terlalu Banyak

Tak tanggung-tanggung pelumas terkemuda seperti yamalube serta oli motul juga banyak yang aspall asli tapi palsu. Bahkan MPX2 palsu juga banyak beredar di bergabai toko serta bengkel-bengkel pingir jalan.

Biar ngak tertipu, tidak ada salahnya anda mengetahu ciri dan perbedaan oli yamalube asli dan palsu. Untuk dapat mengetahui nya cek penjelasan berikut ini :

Dari segi isi oli palsu lebih lebih berwarana kuning kehitaman serta bertekstur lebih kental seperti oli bekas tap tapan. Sedangkan yang asli berananya lebih kuning kemerahan serta lebih jernih dan lebih encer ketimbang yang KW.

Namun cara cek keaslian oli yamalube diatas memiliki kelemahan yaitu kita harus memili terlebih dulu dan membuka kemasanya. Waah cukup mubazir ya ternyata..

Tenang dulur, masih ada cara yang leebih mudah untuk dapat mengetahui perbedaanya, cukup memeriksa label serta tampilan botol luarnya.

 1. Label dan Kemasan

Label dan kemasan murapakan cara simpel bahkan termudah untuk dapat mengetahu keaslian oli yang anda beli tadi. Produsen oli selalu memakai teknologi printing yang hasil ketikanya lebih rapi, untuk memberi kode atau penanda waktu dan tangal pembuatan atau istilahnya sebagai kode barang.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola

Tidak hanya hanya yang asli, untuk mengelabuhi konsumenya kemasan oli palsu jiga diberi label atau kode layaknya sebagai penanda barang.

Karena pembuatan kode barangya dibuat dari printing kualitas rendah, Jadi angka yang dicetak terlihat kurang rapi bahkan ukuran font nya lebih besar dari yang asli.

2.  Kondosi Botol

Tersangka pemalsuan oli motor memanfaatkan botol kemasan bekas yang banyak didapat dari bengek motor serta dari pengepul barang rongsokan. Tentu penampilan fisik luar botol ini mudah di identifikasi bagi pengguna atau konsumen untuk mencurigai keaslian oli yang ada didalamnya. Tampilan botol bekas tentu jalas terlihat seperti dari segi warna botol yang warnanya sedikit memudar.

Berbeda dengan produsen oli asli yang tidak pernah menggunakan botol bekas. Jadi sangat jelas akan perbedaannya, meski warna botolnya sama tentu barang bekas yang dipakai kembali sangat jelas terlihat.

Baca juga Cara Membuat Cairan Pembersih Blok Mesin Dengan Bahan Dapur 

3. Cek Nomor Identitas Pada Tutup Botol

Agar tidak gampang dipalsukan produsen oli menggunakan identifikasi yang terletak di kedua tempat berbeda, yaitu pada botol kemasan oli serta di tutup mobil. Jika terjadi ketidaksamaan nomor identifikasi dari kedua lokasi tersebut, patut dicurigai saat membelinya.

Masih belum puas ?? cek bagain tutup kemasan dengan membuka tutup botolnya terlebih dahulu. Yamalube asli dilapisi dengan aluminium foil serta tertera merk atau logo yamaha, jika dibandingakan dengan yang palsu tutup kemasan nya berwarna putih polos serta tertempel kurang rapai seperti ditempel dengan tangan.



4. Nominal Harga

Selain dari segi fisik, cek keaslian oli yamalube yang asli bisa diketahui dengan berapa nominal harga jualnya. Tentu semua barang bekas termasuk barang paslu dijual lebih miring ketimbang harga aslinya.  Teknik ini banyak dipakai untuk menarik  para komsumen terlebih lagi disaat ekonomi yang kritis pelumas murah jadi pilihan.

Dampak Buruk penggunaan Pelumas Palsu

Gejala yang dapat dirasakan saat memakai oli palsu adalah suara mesin terdengar lebih kasar, perseneling gigi terasa keras(khusus jenis manual), serta membuat perfroma motor berkurang atau terasa tersendat pada putaran penuh.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Akibat paling parah yang dapat terjadi kapanpun dalam mesin adalah terjadi kerusakan pada piston dan silinder. Rusaknya sparepart tentu komsumen yang dirugikan ditampah harus mengganti onderdil rusak yang harganya tidak murah.

Penggunaan oli kw terus menerus membuatnya mengendap dibawah mesin layaknya lumpur. Ini bisa terliat saat mesin dibongkar. Fakta inilah yang membuat oli saat diganti volumenya berkurang cukup banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel