Cara Membuat Cairan Pembersih Blok Mesin Dengan Bahan Dapur


Cara membuat cairan pembersih blok mesin - Hallo Pecinta otomotif, Pernah ngak menemukan noda kerak dan kotoran yang menempel pada blok mesin. Tentu sangat menjengkelkan bukan terlebih lagi jika motor sobat jenis sport layaknya Honda Megapro, Yamaha Scorpio, Yamaha Rx king dan sejenisnya. Berbeda dengan motor bebek maupun matic yang mesinya tertutup dek, motor jenis sport yang sudah disebut diatas letak blok mesinya sangat jelas terlihat atau tanpa tertutup dek sama sekali.

Dengan letak blok mesin yang terlihat tentu kebersihanya harus dijaga karena tak sedikit blok mesin motor yang penuh oli bercampur debu dan pasir yang bila dibiarkan terlalu lama menempel akan mengerak dan sulit untuk dihilangkan hanya dengan air dan sabun biasa.


Namun anda tak perlu risau karena ada beberapa bahan dapur yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan kerak pada mesin motor yang membandel. Bahkan bahan ini sudah tidak asing lagi pada baikers yang gemar melakukan perwatan motor sendiri dirumah.

Cara Memasang Blok Mesin Murah Meriah

Pertama

Tips awal yang dapat digunakan adalah sabun cuci piring atau mama lemon. Sabun pembasmi lemak dipiring ini ternyatamampu melunturkan berbagai kerak serta tumpahan oli yang bercampur debu pada blok mesin.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Cara memakainya pun tidak terlalu sulit yaitu tinggal campurkan sunlight dengan air ke wadah kecil dan aduh hingga merata dengan perbandingan 2 : 1. Sebelum digunakan tentu anda harus menyiramkan air terlebih dahulu baru anda dapat mengoleskannya keseluruh blok mesin maupun pada sela-sela bureng secara meratadan tunggu beberapa saat agar sabun bekerja mengangkat kerak yang membandel. Tahap ini harus dilakukan berulang kali. Biar makin joss gunakan sikat gigi untuk menyikat sela-sela yang sempit.

Terakhir anda bisa membilasnya dengan air bersih. Jika masih ada sisa kotoran yang menempel ulangi tahap diatas biar mesin terlihat kinclong kembali.

Kedua

Tips membersihkan blok mesin penuh oli berikutnya adalah memakai sitrum, sitrum merupakan bahan dapur yang mudah sekali ditemukan dengan harga yang sangatlah murah.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola 

Jika ingin menggunakan bahan ini berikut adalah paparan cara memakai sitrum untuk blok mesin :

Siapkan satu shaset sitrum lalu tuangkan pada wadah kecil beri sedikit air serta sabun cuci piring dan aduk hingga ketiga bahan ini tercampur jadi satu.Kemudian sikatkan cairan yang sudah dibuat pada bagain mesin yang penuh oli sampai rata. Biar kerak jelas terlihat anda dapat memiringkan motor kekiri dengan posisi standar tengah dan juga standar samping.

Jika sudah selesai anda dapat menyemprotkan air hingga bersih, agar motor tidak mogok hindari menyiram air bertekanan tinggi diarea dekat busi.

Ketiga

Bahan ketiga yang bisa anda apakai adalah vixal. Di dalam rumah vixal ini sering dipakai mama buat menghilangkan kerak membandel pada permukaan kramik. Dengan kemampuanya yang dapat mengangkat kerak yang membandel tentu cairan ini dapat digunakan pada motor terutama pada bagain mesin.

Baca juga Cara Murah Menghilangkan Warna Kuning Pada Knalpot Stainless 

Untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah turtorial cara membersihkan mesin motor dengan vixal :

Silahkan anda bisa memulainya dengan menyaipkan air panas sekupnya kemudian anda dapat menuangkan vixal secukup nya dan aduk hingga rata. Selanjutnya anda dapat mengoleskanya secara merata keseluruh bagian mesin. Sebisa mungkin anda melakukanya hingga merata.Untuk memudahkan tahap ini gunakan kuas cat berukuran kecil.

Setelah semua cairan sudah menutupi seluruh bagian mesin kini anda tinggal menunggu agar cairan bekerja mengangkat kerak dan noda oli yang membandel. Tunggu sekitar 10-15 menit.

Selama proses menunggu anda tak perlu cemas akan timbul buih-buih putih bekas bekas kuasan cairan pembersih tadi. Hal ini justru menandakan bahwa cairan sedang bekerja.

Untuk membantu menghilangkan kerak membandel anda dapat menggosoknya memakai sikat gigi yang memiliki bulu agak kaku. Gosokan dengan tenaga yang cukup kuat berulang kali.

Baca juga Kelebihan Dan Kekurangan Autosol Yang Perlu Anda Ketahui 

Bila proses diatas sudah selesai jngan lupa untuk membilasnya kembali, anda dapat membilaskanya pakai air sabun terlebih dahulu dengan mengosoknya kembali jika masih ada kotran yang terlewatkan baru anda dapat membilasnya dengan air yang mengalir.

Keempat

Tahap ke empat yang bisa anda lakukan adalah dengan memakai minyak bumi bensin, pertalite maupun solar. Bahan bahan motor ini memang sangat ampu dipakai untuk menghilangkan kerak-kerak pada motor bahkan dapt digunakan untuk membersihkan busi yang kotor.

Untuk menggunakan bensin anda cukup mengoleskan secara merata pada mesin selanjutnya anda dapat menyikatnya berulang kali hingga kerak memandel terkelupas. Terakhir bilas dengan air sabun untuk membersihkan sisa bensin serta kerak yang masih menempel.

Setelah mesin bersih biar tetap awet sebaiknya jagalah selalu kebersihanya dengan cara mencucinya secara teratur serta apabila muncul rembesan oli segera lap sampai bersih, akan lebih baik anda membawanya ke bengekel mesin untuk mengganti perpak yang sudah rusak. Rembesan oli yang dibiarkan terlalu lama menempel justru dapat memicu pertikel debu halus menemel.

Oke dulur demikianlah cara membuat cairan pembersih blok mesin dengan bahan dapur, Semga setelah terbitnya artikel ini motor anda nampak terlihat kinclong terutama pada sektor pacu. Tetap utamakan safety saat berkendara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel