Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola


Suryadidik.com - Hallo sobat omotif.. Ngomongin soal karat tentu identik dengan komponen motor yang berbahan besi dan logam, kan ngak mungkin ya bila dek berbahan plastik karatan. Salah satu contoh yang sering timbul karat adalah bagian knalpot khususnya pada bagian leher atau disini disebut dengan gulu banyak(leher angsa). 


Cara menghilangkan karat pada knalpot tuntu tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggunakaan air serta sabun biasa. Karena seperti kita ketahui noda karat ini tentu akan membuat tambilan motor tidak terlihat bersih kembali atau akan kurang sedat jika dipandang mata. Terlebih lagi jika motor berjenis sport yang letak pembuangan pembakaran mesin ini berada diluar yang sangat terlihat.

10 dari 8 orang mengatakan jarang sekali membersihkan atau sekedar mencuci kenalpot tersebut sehingga tak heran jika  kerak yang menempel semakin menebal. Letaknya yang dibawah tentu akan rentan sekali kotor terlebih lagi jika motor sering menerjang air hujan dimana air ini menggandung zat asam tinggi yang bisa membuat semua besi dan logam mempercepat proses korosi.

Baca juga Cukup Gunakan Vixal Noda Kerak Dan Karat Pada Mesin Motor Hilang 

Tak hanya itu, kondisinya yang selalu panas tentu jika ada noda dan kotoran serta air hujan yang nempel tentu akan membuatnya semakin keras menempel dan jika tidak tidak pernah dibersihkan akan semakin menumpuk dan parahnya lagi dapat menyebabkan knalpot kropos bahkan dapat patah.

Jika tertarik untuk membersihkanya saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara menghilangkan karat pada knalpot dengan minuman bersoda coca cola. Cara ini sudah saya coba pada motor Suzuki satria F dan hasilnya pun cukup memuaskan leher knalpot jadi bersih dan terasa halus bila diraba.

Bila ingin mencobanya akan saya buatkan turtorialnya dan cukup mengikuti langkahnya mulai awal hingga akhir. Namun sebelumnya siapkan alat pendukungnya seperti :
  • Sikat gigi yang sudah dipotong ujungnya, biar kaku
  • Gelas plastik, pencampur bahan 
  • Minuman bersoda, Coca cola 
  • Pasta gigi, Pepsodend 
Setelah semua alat dan bahan sudah lengkap anda bisa melepas knalpot tersebut yang masih menempel pada mesin. Namun selumnya cek terlebi dahulu suhuny apakah masih panas atau tidak. Sebenarnya tanpa dilepas pun bisa, tapi kita kesulitan membersihkanya khusunya pada bagian dalam.

Baca juga Cara Mengecat Mesin Motor Yang Bagus Dengan Pilox 

Jika sudah terlepas, tuang pasta gigi secukupnya pada gelas kecil serta tambakan air panas setengah gelas dan aduk hingga menyatu jadi satu. Setelah tercampur rata tuangkan juga minuman bersoda coca cola hingga gelas tersebut penuh dan aduk hingga ke 3 bahan tercampur rata. Untuk satu knalpot sih cukup membeli coca cola yang ukuuran 2L sisanya kan bisa dimunim sendiri. heehe

Berikutnya anda bisa mengoleskan cairan yang sudah digunakan pada leher knalpot serta dibarengi dengan proses penyikatan berulang kali agar karat yang nempel mulai menghilang. khusus tahap ini wajib dilakukan berulangkali biar karat cepat hilang. Anda juga bisa sesekali menyiramnya dengan coca cola tadi. Biar lebih mudah beri lubang kecil pada tutup botol menggunakan paku dan semprotkan hingga ke seluru bagian.

Baca juga Tips Cara Melindungi Kaca Speedometer motor Agar Tidak Retak

Jika proses penyikatan sudah selesai anda bisa membilasnya pakai air yang mengalir sampai sisa karat yang masih menempel menghilang. jika masih belum Puas dengan hasilnya tidak ada salahnya untuk mengulangi kembali proses diatas. Setelah semua selesai pasang kembali dan liatlah hasilnya knalpot akan terlihat bersih tanpa ada kerak serta karat yang menempel.

Itu tadi sedikit tips dari kami tentang bagaimana cara menghiangkan karat pada knalpot dengan coca cola. Mungkin sebelumnya sobat tidak menyangka bahawa minuman bersoda yang sering kita mimun setiap hari dapat membersihkan noda karat. Semoga dapat membantu anda dan jagalah selalu kebersihan motor, degan motor yang bersih tentu tidak akan ada masalah dikemudian hari.


















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel