Penyebab Motor Matic Sering Mati Mendadak Saat Jalan


Penyebab Motor Matic Mati Mendadak - Pernah ngak motor mengalami motor mati mendadak saat di jalan ? Masalah ini memeng terkadang membuat panik terutama saat malam hari ditengah utan pula. Tak banyak orang yang tahu apa penyebabnya sehingga motor jadi mogok. Disaat motor dipacu terus menerus karena perjalanan yang jauh membuat suhu mesin sudah mencapai batas juga bisa jadi penyebab mesin motor mati secara tiba-tiba.

Jika sudah tahu, tentu motor mogok bisa atasi sendiri tanpa bersusah payah mendurongnya sampai ke bengkel. namun anda tak perlu binggung lagi karena pada weekand day ini akan kami bahas beberapa penyebab motor matic mati mendaat yang dimaksudkan dapat membantu anda terutama bagi orang awam.

Di penjelasan berikutnya kami akan memberi tau beberapa penyebab motor yang tiba tiba mati total yang wajib anda tahu. Jika anda mengetahuinya bukan tidak mungkin masalah motor mogok bisa diatas sendiri tanpa meminta bantuan bengkek mesin. Dibawah ini beberapa paparan penyebab motor matic mati mendadak.



1. Masalah Pada Busi

Tentu kita tahu busi merupakan komponen yang cukup fital yang fungsinya sebagai pengantar percikan api dari koil. Jika busi tidak dapat berfungsi dengan semestinya proses pembakaran didalam mesin berhenti dan itu berarti motor tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Baca juga Motor Mogok Saat Habis Dicuci ? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya


Selain faktor umur busi mati juga disebabkan kurangnya menjadi kebersian. Jadi bila motor tiba tiba mati mendaat cek kondisi busi. Bila batangya penuh kerak kehitaman anda harus membersihkan busi tersebut untuk dapat menyalurkan percikan api kembali.

Sebaiknya saat berkendara bawalah kunci busi serta obeng seperlunya untuk berjaga-jaga jika terjadi mesin mati. Toh membawa kunci tidak begitu ribet tinggal menempatkanya dibagasi yang sudah tersedia.

Membersihkan busi yang kotor bukan solusi ampuh untuk membuat mesin tidak mati kembali, Jadi setelah mesin bisa dinyalakan kembali sebaiknya segeralah ganti dengan yang baru.

2. Rusaknya Koil

Penyebab ke dua ini masih ada sangkut pautnya dengan yang diatas. karena api bersumber dari coil jika sudah rusak atau tidak dapat mengeluarkan api meskipun kondisi busi bersih maka pembakaran tidak akan bisa terjadi.

Baca juga Kenali Sejak Dini Penyebab Motor Brebet di Putaran Tengah 

Untuk dapat mengetahuinya anda dapat langsung mengecek coil yang mati dengan cara menempelkan kabel yang cop businya sudah dilepas kemudian tempelkan pada blok mesin. Kemudian pencek kic strater berulang-ulang jika kabel yang ditenpel sama sekali tidak memercikan api berarti coil mengalami kerusakan. jadi harus diganti dengan yang baru. Harga koil motor sendiri berfariasi mulai dari 50rb tergantung jenis dan kualitas.

3. Kekurangan Oli 

Volume oli mesin yang berkurang juga membuat mesin motor mati mendadak. Bukan karena blok mesin yang bocor, Berkurangnya oli ini disebabkan motor terlalu sering meneumpuh jarak yang jauh secara terus menerus bahkan bisa habis.

Hal ini lah yang membuat motor bait matik maupun manual bisa tiba tiba mati total. Bahkan masalah kurang oli ini bisa berakibat fatal. Fungsi oli adalah untuk melupasi komponen agar mudah bergerak, jika pelumasnya berkuran otomatis membuat pergerakan didalam mesin jadi tersendat bahkan macet.

Baca juga Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor Injeksi Tanpa Kompresor

Dan yang lebih parahnya lagi kurangnya pelupas membuat sparepat satu dengan yang lain saling bertabrakan alhasil komponen seperti kepala piston mengalapi lecet bahkan penyok. Tentu jika piston lecet tak murah untuk membayar biaya bongkar mesin.

Sebaiknya agar jumlah oli teteap stabil cek secara berkalai serta gantilah oli mesin setelah 2-3 bulan. Pengisian oli yang terlalu banyak dapat berdampak buruk pada mesin jadi sesuikan dengan volume atau kapasitas mesin anda.

4. Karburator kotor

Poin ke 4 ini kusus terjadi mata motor yang belum berteknologi ijeksi. Fungsi karburator motor adalah sebagai penyuplai bakan bakar serta udara untuk proses pembakaran didalam ruang bakar. Jika karburator kotor, bahan bakar akan mampet yang membuat bensin tidak mengalir secara normal ke ruang kabar.

Untuk mengatasi carburator yang kotor maka harus dibersihkan secara menyeluruh dengan cara membongkarnya terlebih dahulu. Sebaiknya jika kurang ahli dalam hal ini percayakanlah pada bengkel terdepat. Tak sedikit orang keliru dalam proses ini yang membuat berkurtanngya tarikan motor saat digeber.

Selain dapat membuat motor matic tiba tiba mati mendadak, carburator yang kutor juga membuat motor terasa brebet layaknya mesin mau mati.

5. Sistem Injektor kotor

Untuk penyebab ke lima ini tentu hanya terjadi pada motor yang sudah memakai teknologi injektor.

Dikutip dari motorplus.com Secara sederhana fungsi injektor menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dengan merubah partikel bensin jadi kabut. Lubang kecil pada injektor tersebutlah yang merubah bahan bakar menjadi kabut. Berbeda dengan karburator, dengan proses pengkabutan bensin membuatnya lebih cepat terbakar. Tak heran jika tarikan motor injeksi lebih enteng ketimbang motor carburator.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu 

Karena fungsinya sebagai penggubah besin menjadi kabut yang disemprotkan ke ruang bakar, tentu jika injektor kotor membuat tersendatnya bensin tersalurkan ke ruang kabar. Tanpad ada bensin yang mamsuk itu berarti proses pembakaran tidak dapat terjadi yang berdampak motor mesin motor mogok saat jalan.

Jika sudah tersumbat maka harus dibersikan ke bengkel motor khusus yang memang sudah mempunyai alat yang memumpuni atau dapat membawanya ke bengkel resmi.

Sebaiknya agar mesin injektor tetap bersih, lakukan pembersihan secara rutin baik dirumah atau saat melakukan servis. Dulur dapat mengguakan carburator clear untuk membersihkan sendiri dirumah.

6. Kurangnya Bahan Bakar 

Terakhir ini merupakan penyebab yang cukup sepele khususnya pada motor yang kontrol bahan karanya sudah rusak. Meskipun ke 5 komponen diatas berfungsi dengan semestinya tanpa ada bahan bakar dari tangki tentu semuanya tidak dapat berjalan. Tanpa bahan bakar maka motor akan mati mendadak.

Sebaiknya selum pergi cek kondisi bahan bakar apakah masih cukup atau sangat tips. Banyak orang yang menyepelekan, sengaja atau lupa untuk mengisi bensin alhasil motor pun tiba tiba mati saat di  jalan.

Dan Itulah ke 6 poin penyebab motor matic mati mendadak berserta solusi dan dara tepat mengatasinya. Sebaiknya cek kondisi motor anda baik dari segi mesin, pengereman atau lainya sebelum digunakan menempuh jarak yang jauh. Motor yang prima membuat rasa nyaman saat berkendara tanpa ada rasa was was dalam pikiran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel