Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor Injeksi Tanpa Kompresor


Cara membersihkan filter udara motor injeksi - Jika belum tahu, fungsi utama filter udara ini adalah sebagai penyaring udara dari luar yang masuk kedalam mesin ruang bakar. Jadi bila filter ini rusak atau kotor tentu tidak akan bisa bekerja secara maksimal untuk menyaring udara. Sehingga akan menggangu performa motor itu sendiri.


Hal itu lah yang mendasari pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan filter udara pada motor secara teratur. Supaya tidak terjadi masalah pada sektor mesin tersebut. Dibuku pedoman perawatan motor sendiri sudah tertulis jelas untuk menggantinya dengan yang baru jika angka pada speedometer sudah menyentuh 8.000-10.000 km.

Selain diganti dengan yang baru, ternyata bisa dibersihkan kok namun dengan cara yang baik dan benar untuk menjaganya agar saringan udara yang menempel tidak rusak. Seperti sudah kita ketahui filter yang kotor tidak boleh dibersihkan dengan angin dari kompresor. Larangan penggunaan kopresor ini sangat jelas karena pada motor baru baik matic maupun bebek penyaring udara ini terbuat dari matrial kertas khusus jadi bila disemprot dengan kompresor kemungkinan besar akan robek.

Baca juga 3 Cara Membersihkan Injeksi Motor Sendiri Tanpa Ke Bengkel 

Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa kiat gunakan tentunya lebih aman tanpa perlu membawanya ke bengkel. Kita hanya bermodalkan 10rb untuk membeli bensin. Untuk lebih jelasnya akan kami urai dibawah ini dengan bahasa yang ringan dan mudah anda mengerti.

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan :
  • Uang 10rb untuk beli bensin, biar dapat banyak sebaiknya beli diSPBU eheeehhee.
  • Nampan/boaskom yang cukup besar
  • Botol air mineral bekas serta
  • Obeng plus
Beruntungnya pada motor matic injeksi filter udara terletak diluar depatnya diatas CVTjadi mudah kita bongkar. Beda lagi dengan motor bebek maupun sport yang letaknya ada didalam dan cukup kesulitan untuk membukanya.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel 

Buka box filter tersebut secara perlahan pakai kunci obeng plus. Bila belum pernah dibuka tentu akan terasa berat untuk membuka bautnya. jangan kebalik ya sob saat membuka buat, untuk membukanya putar ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam. Umunya sih 5 baut untuk motor Beat, Vario, Scoopy.

setelah semua baut terlepas dengan sukses, cara membersikan filter udara motor matic berikutnya adalah dengan melepas box penutup dan ambil filternya secara perlahan. Sobat bisa cek bila banyak debu dan oli yang menempel tandanya harus segera dibersikan. Karena banyaknya debu yang menempel akan menyumbat udara bersih yang masuk.

Baca juga Cara Yang Benar menggunakan Carburator Cleaner Pada motor Injeksi 

Letakkan filter ke wadah baskom yang agak besar, masukkan bensin ke botol bekas air kemudian siram filter tersebut berulang ulang agar kotoran yang nempel pada kertas menghilang. Biar kotoran dan oli cepat ilang celupkan filter udara ke bensin sambil digoyang-boyang biar kotoranya rontok. Ulangi tahap ini beberpa kali sampai bersih tanpa ada kotoran yang nempel.

Biar lebih mantep bersihnya beri lubang kecil pada tutup botol kemudian semprotkan pada sela sela kertas filter udara tersebut dan cek kembali jika masih ada yang kotor semprot kembali bensin biar pada kabur tu kotoran. Jika sudah selesai sebelum dipasang kembali jemur dibawah terik matahari sampai kering pokok ee.

Penggunaan filter udara ini sebenarnya ada masanya harus diganti, jadi tidak ada salahnya jika pas ada rejeki lebih untuk menggantinya dengan yang baru sob. Sebenarnya hanya dibersihkan saja tidak ada masalah namun jika terlalu seringnya proses pembersihan tentu akan merusak kertas penyaring udara tersebut. Jadi lebih bijaklah untuk memilih perawatan ada motor toh dengan perawatan yang tepat dan benar tentu akan memperpanjang usia motor itu sendiri.

Bagaimana ??cukup sederhana bukan cara membersihkan filter udara motor injeksi, Oh iya jangan lupa bersihkan jua tempat atau box filter udaranya nya iya sob. Bisa mencelupkan lap dengan bensin meudian bersihkan hingga debu yang bersarang didalamnya hilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel