Cara yang Benar Mengecat knalpot Motor dengan Pilox Agar Awet


Cara mengecat knalpot motor dengan pilox - Hallo sobat baikers biar motor terlihat awet tentu memberikan sentuhan perawatan merupakan hal yang wajib dilakukan baik diwaktu pagi maupun saat sore hari. Tidak hanya pada body biar motor berumur panjang pada sektor bawah seperti kenalpot dan blok mesin juga perlu diberikan perawatan khusus juga supaya warna catnya tetep awet.


Survai menyatakan bagian bawah motor ini sering kali dilupakan dengan alasan tidak terliat oleh mata. Jadi tak heran bila rentan sekali kotor bahkan bisa timbul karat. Salah satu komponen yang sering dilupakan adalah bagian knalpot motor. Ya saluran pembuangan dari ruang bakar mesin ini memang rawan sekali kropos terlebih lagi bila suhu knalpot selalu dalam kondisi yang panas.

Dengan kata lain jika suhu knalpot selalu panas misal motor sering digunakan untuk berpergian yang jauh tentu warna cat nya lambat laun akan cepat memudar. Jadi tak heran bila pilian mengecat ulang knalpot menjadi pilihan untuk sekedar mengembalikan warna aslinya.

Baca juga Cara Mengecat Mesin Motor Yang Bagus Dengan Pilox 

Selain untuk mengembalikan warna asli, mengecat ulang knalpot juga banyak dilakukan hanya seketar bosen dengan warna itu itu saja(warna hitam). 

Seperti yang sudah kami singung diatas tadi, karena sepabai pembuangan dari ruang bakar mesin jadi suhu knalpot akan selalu panas, oleh karena itu pengecatan tak boleh dilakukan dengan sembarangan. Teknik dan bahan yang salah justru akan membuatnya jadi cepat pudar bahkan mengelupas.

Biar cat nya awet dan tidak mudah pudar, saya akan memberikan teknik yang tepat bagaimana cara mengecat knalpot motor dengan pilox. Bukanya tanpa alasan penggunaan cat semprot kalengan ini banyak diminati karena cara pakainya yang mudah tanpa perlu kompresor.

Ngak usah panjang lebar sob bosa basinya, langsung saja berikut adalah urutan dan teknik yang benar cara mengecat knalpot motor dengan pilox.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome

Sebelum mengecatnya terlebih dahulu cek kondisi kenalpot, jika suhunya masih panas karena motor habis dipakai tunggu beberapa saat hingga suhunya dingin kembali.

Setelah suhunya normal sobat bisa melepas nya dari mesin motor. Sebenarnya tanpa melepasnya pun bisa namun jika dilepas tentu akan mempermudah proses pengecatan serta seluruh bagian knalpot akan rata terkena cat. Namun jika tak perlu repot cukup cat dengan posisi knalpot masih menempel mesin dengan catatan tutup rapat bagian yang tidak dicat biar tidak terkena semburan cat seperti pada blok mesin serta velg bagian belakan.

Langkah selanjutnya adalah proses pengamplasan, pakai amplas ahlus ya sob nomor 600 biar terlihat halus gitu nantinya. Biar makin jooss cuci knalpot tersebut pakai sabun colek biar bila ada noda minyak serta oli yang nempel hilang dan jika ada noda karat sikat juga pakai amplas. Kemudian keringkan dibawah terik matahari atau bisa pakai lap kanebo.

Baca juga Trik Ampuh Cara mengecat Body Kulit Jeruk Pada Motor Agar Tidak mengelupas 

Khusus untuk jenis knalpot stainliss, sebelum di cat anda harus melapasinya dengan cat epoxy terlebih dahulu. Karena cat tidak dapat menempel pada bidang yang licin seperti stainliss serta permukaan chrome jadi biar cat awet wajib dilapisi poxy. Sebagai rekomendasi sobat dapat membeli cat pilox samurai poxy seharga 49rb/kaleng nya.

Bila di poxy sobat harus menunggunya sampai kering, butuh waktu 3-4 epoxy ini kering. Jika sudah kering sobat bisa mengamplasnya pakai sisa ampas 600 tadi. Gosok terus sampai halus broo..

Sampailah ditahap akhir yakni menyemprotknay pakai cat. Biar memudahkan pengecatan sobat bisa menggantung-gantungkan knalpot pakai kawat memudahkan tahap penyemprotan.  Cara mengecat knalpot yang benar adalah dengan menyemporotkan cat secara tipis terlebih seluruh bagianya kemduain ulangi kembali begitu seturusnya. Bila langsung langsung tebal selain menimbulkan cat memeleleh hasilkan pun akan kurang baik seperti menggumpal terlalu banyak tumpukan cat.

Jarak ideal saat menyemprotkan cat adalah sekitar 10-15cm, jika jaraknya terlalu jauh maka catnya akan kasar dan terlaly dekat pun akan kurang baik. Oh iyaa jangan lupa ya sob gunakanlah cat pilox tahan panas biar warnanya tidak cepat pudar.  

Berikut adalah daftar merik cat pilox tahan panas :
  • Cat semprot Samurai Paint Hi Temp
  • Cat semprot tahan panas Hi-Temp Spary Paint Megacool
  • RJ Hi-Temp
  • Cat pylox Auto Lux dan
  • Aerox Heat Resistance Paint
Selain digunakan digunakan pada knalpot deretan cat tahan panas diatas juga dapat digunakan untuk mengecat blok mesin. Untuk saya sendiri sih sering menggunakan samrai paint itu dan hasilnya  mantul banget.

Biar hasil catnya makin kece dan juoss kilapnya sobat bisa melapisinya pakai clear coat. Jika menginginkan warnanya agar ngedoff sobat tinggal menyemprotkan clear doff saja.

Dan akhirnya tips cara mengecat knalpot motor dengan pilox pun selesai, tinggal nunggu kering saip untuk dipasang kembali. Bagimana mudah dipraktekkan sendiri kan tekniknya ? Jika ada kesulitan atau ada salah satu steep yang kurang dipahai sobat bisa bertanya langsung sama saya. Salam sukses dan jangan takut untuk mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel