Trik Ampuh Cara mengecat Body Kulit Jeruk Pada Motor Agar Tidak mengelupas


Pernah ngak dalam hati bertanya bagaimana cara cat permukaan kulit jeruk pada dek motor agar tidak mengelupas? Ya bagian dek kasar pada motor ini berbeda dengan dek motor yang warnanya mengkilap. Memang body motor kasar saat ini merupakan tren yang banyak diusung pada motor matic. Bakan hampir 40% body motor menggunakan dek kasar ini, Mulai dari spakbor belakang, dasboard serta bagian dek yang letaknya dibawah jok. Pada motor bebek ataupun motor sport juga menggunakan dek ini yang letaknya pada spakbor belakang atau bagian lainya.


Memang sih dek motor yang umumnya berwarna hitam ini membuat tampilan motor semakin terlihat sangar. Berbeda dengan dek yang terlapis clear coat, jenis body motor bertekstur kasar ini rawan sekali rusak apa lagi letaknya yang ada pada selakangan motor membuatnya mudah tergores saat digunakan untuk membawa barang belanjaan. Tak hanya itu saja, penggunaan semir ban ataupun silicon juga membuatnya mudah sekali pudar dan cepat kusam.

Tentunya bila body motor yang sudah lecet dan terlihat kusam akan membuat tampilan motor terlihat risih yang membuat kurang percaya diri saat mengendarainya. Cara satu satunya cara untuk membuatnya tambil seperti baru kembali ialah dengan melakukan pengecatan ulang.

baca juga  Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Binggung bagaimana cara mengecat body plastik motor matic yang bertekstur seperti kulit jeruk ? Karena sudah kita ketaui tekstur dek ini licin yang membuat lapisan cat tidak kuat menempel dalam waktu yang cukup lama.

Ternyata ada cara khusus kok untuk membuat lapisan menempel dengan kuat dan tidak mudah mengelupas. Anda penasaran ? Simak penyelasanya dibawah ini :
  • Tentu Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mencopot dek tersebut menggunakan obeng bintang serta kunci 10. Agar tidak menimbulkan dek pecah, berhati-atilah saat mencopotnya yaa..
  • Kemudian anda bisa mengamplasnya pakai amplas halus nomor 360 hingga jamur dan kotoran yang menempel ilang. Supaya lebih maksimal olesi sabon colek saat tahap pengamplasan. Kemudian keringkan.
  • Tahap yang ke 3 ini merupakan tahap inti yang membuat nantinya cat dapat menempel yaitu dengan menyoprotkan epoxy filler terlebih dahulu sebelum melakukan tahap mengecat dek kulit jeruk.
  • Setelah permukaan dek pada motor tertutup ra oleh poxy diamkan sejenak supaya mengering. biar cepat mengering sobat bisa menjemurnya dibawah terik matahrai langsung.
  • Agar hasil cat terlihat halus dan mengkilap, setelah epoxy mengering sobat bisa mengamplasna pakai amplas nomor 360 hingga seluruh permukaan cat poxy halus. Setelah selesai langsung keringkan dengan lap klanebo untuk menuju tahap berikutnya.
  • Sampai juga pada tahap akhir ni sob yaitu ketahap pengecatan, Pada umunya warna dek plastik kasar pada motor ini berwarna hitam jadi gunakan cat hiatm kembali atau anda ingin mengganti variasi warna lainya. Baca juga Cara Membuat Obat Pengkilap Bodi Motor Secara Alami
  • Bila ingin warna catnya lebih terlihat mengkilap, sobat bisa melapisinya dengan clear coat dan jika menginginkan warna doff sobat tinggal melapisi cat tersebut dengan clear coat doff.
Teknik mengecat yang benar adalah dengan menyemprotkan secara tipis tipis terlebih dahulu kemudian ulangi kembali begitu seterusnya hingga seluruh bagian tertututp rata oleh cat. Proses pengeclearan pun demikian bila langsung tebal justru malah membuatnya akan meleleh.

Tips cara cat permukaan kulit jeruk pada dek motor juga bisa sobat aplikasikan untuk mengecat komponen mobil yang terlapis chrome. Seperti kita ketahui permukaanm chorem terasa licin yang membuat lapisan cat tidak kuat menempel. Sehingga bila ada niat untuk mengecatnya lapisilah epoxy filler terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel