Cara Menggunakan Clear Coat Sikkens Untuk Kilap Cat yang Lebih Baik


Cara menggunakan clear sikkens -  Mendapatkan hasil cat yang mengkilap bagaikan kaca merupakan dambaan mekanik cat khususnya untuk pemula. Dipasaran sendiri banyak dijual berbagai macam clear coat dari harga 90rb/kg atau bisa sampai 500rb bahkan 1 juta perkilo nya tergantung merk dan kualitas.Wah cukup malah ya ternyata harga clear yang berkualitas.


Ya..Proses pernis merupakan tahap akhir saat melakukan pengecatan. Fungsi clear coat sendiri merupakan suatu cairan yang berbentuk bening untuk melapi cat agar mengkilap. Selain itu celar juga berfungsi sebagai antigores dan juga untuk melindungi cat agar warnanya tidak cepat pudar.

Salah satu rekomendasi celar yang bagus untuk cat adala merk sikkens. Jenis clear ini sengaja dipilih karena memiliki daya kilap yang lebih baikserta awet dari jenis lainya. Clear ini seperti air bila diaplikasikan untuk melapisi cat ya terlihat basah gitu catnya. Banyak karoseri ternama yang menggunakan jenis ini untuk melapisi cat pada bus maupun elf yang banyak dijumpai dipinggir jalan.

Baca juga Ini Dia Cara Yang Benar Menggunakan Clear Blinken

Untuk harga clear sikkens 1kg dijaul  400rb belum termasuk thiner nya. wah mahal juga yaaa ternyata. Sebaiknya bia sobat pengen menggunakan clear sikkens gunakanlah thiner sikkens ya, biar sepaket gitu. Toh bila penggunaanya satu paket akan mengasilkan kilap yang lebih maksimal.

Oh iya untuk harga thinner sikkens 1 liternya dijual 100rb. Mahal memang bila 100rb dibelikan thinner biasa sih udah dapet 5 liter tu.. Clea sikkens ini juga biasa disebut clear bakar. Ngak tahu tu asal usulnya menggapa disebut clear bakar, mungkin membuatnya dibakar kali ya.

Saya sendiri juga sering menggunakan celar ini lo untuk proses fhinising cat kemarin jasa saya buat untuk mempernis efl dan hasilnya luar biasa catterlihat sangat mengkilap dan cat terlihat basah layaknya elf baru beli di karoseri malang. hehe

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Clear Meleleh 

Biar temen temen  temen takit kebinggungan atau keluru saat proses miksing, berikut ini kami babarka nsecara bagaimana  cara menggunakan clear sikknes yang benasr :
  • Tahap awal yang bisa dilakukan adalh dengan menyiapkan wadah kecil untuk mixing clear,tinner dan hardenner. Anda bisa menggunakan botol air bekas yang telah dipotong ujungnya dan pastikan wadah tersebut bersih yaa.
  • Untuk takaranya bila hanyaa menggunakan clear 1/4 saja maka tambahkan sekitar 1ons hardenner dan 1 thinner. Intunya semakin sedikit campuran tinner nya maka clear ini akan semakain mingkilap, begitu sebaliknya bila terlalu encer atau terlalu banyak campran thinernya maka akan menggurangi daya kilapnya.
  • Tahap ketiga tinggal mengaduknya hingga ketiga bahan tersebut menyatu, saat proses pengadukan nantinya akan ada sedikit gelembung busa. sebelem celar coat digunakan diamkan sejenak hingga gelembung busa tadi menghilang.
  • Bersihkan bidang yang akan dilapisi clear coat dan pastikan tidak ada air atau minyak yang menempel.
  • Setelah semua persiapan selesai, celar coat tersebut sudah siap untuk disemprotkan.
Baca juga Penyebab Dan Cara mengatasi Clear Coat Berbintik-bintik

Cara yang benar menyemoprotkan clear adalah dengan menyemprotkan secara tips-tips terlebih dahulu, tunggu beberapa saat agar clear sedikit mengering dan semprotkan clear kembali begitu seterusnya. Idealnya proses clear dapat anda lakukan sebanyak 3 lapis. Yang terpenting saat proses ini adalah gunakan masker untuk melindungi paru-paru kita.

Berbeda dengan thiner biasa seperti, Thinner sikkens ini rawan sekali meleleh bila pengaplikasinya dilakukan langsung tebal. Jadi berhati-hatilah saat menggunakanya. Sing penting yakin, bila ada rasa ragu justru malah membuat kesalahan saat proses pernis. Pengalaman pribadi heee

Cara menggunakan clear sikkens yang benar juga tertulis dibelakang kaleng kemasan, namunsebagai reverensi juga tidak ada salahnya sobat mempraktekkan teori yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Sebagai contoh foto Elf diatas merupakan hasil karya tangan saya dan kabar baiknya pemilik Elf tersebut sangat puas dengan hasilnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel