Penyebab Serta Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas & Bau Sangit


Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit -  Selamat pagi sobat otomania, mau berangkat kerja atau berangkat sekolah yaa.. cek kendaraan dulu yuk biar aman dijalan gitu.. Pernah ngak saat ditengah tercium bau sangit waktu mesin motor dalam suhu yang panas ? Seperti bau bau gosong kayak gitu..

Bagi orang awam tentunya bila terjadi masalah seperti itu pasti akan kebinggungan terlebih lagi motor sudah dilakukan servis dan penggantian oli secara teratur. Sebaiknya bila mengalami hal ini ditengah jalan lebih baik pinggirkan motor ditempat yang teduh dan matikan mesin untuk memeriksanya kembali.

Overheat bisa terjadi kapanpun meski motor tidak menempuh jarak yang cukup jauh. Overheat merupakan suhu mesin yang melewati batas normalnya yang ada di dalam komponen mesin. Umumnya penyebab mesin motor cepat panas ini disebebkan karena sirkulasi oli yang terhambat serta rusaknya sistem pendingin di dalam mesin. Karena sudah kita ketahui baik pada motor injeksi dan karbu sudah dilengkapi sistem pendingin untuk mencegah terjadinya overheat.

Lantas mengapa mesin motor cepat panas ? apa ada komponen mesin atau ada kerusakan pada sektor pendingin ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, mari kita ulas secara terperinci faktor apa saja yang jadi penyebab mesin dan knalpot cepat panas.

Penyebab Mesin Motor Overheat dan Bau Sangit

1. Sirkulasi Oli Kurang Baik

Mungkin sobat berfikir fungsi oli hanya sebagai pelumas saja. Namun faktanya oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Pernah ngak temen temen mendengar oil cooler pada motor Suzuki Satria FU, itu lo radiatorkecil yang ada didepan bureng/kop mesin. Oil cooler tersebut memiliki 2 pipa kecil yang saluranya berasal dari mesin.

Baca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya 

Sistem kerja oil cooler pada motor Satria FU adalah bila mesin hidup dimana kondisi oli panas maka oli akan mengalir melalui pipa kecil dan menuju radiator atau oil cooler untuk mendinginkan suhu oli, setelah dingin oli akan kembali menuju mesin melalui pipa yang satunya. Begitu seterusnya oli kan berputar dari mesin ke oil cooler dan kembali ke mesin.

Nah..Bila pipa oil cooler ini tersumbat otomatis oli tidak bisa mengalir ke sistem pendingin yang membuatnya oli menjadi cepat panas. Lantas apa yang jadi penyebab tersumbatnya pipa tersebut ?Banyak faktor yang menjadi penyebabnya mulai dari kerak yang menumpuk ataupun sumbumbat oleh cat.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan engine flush. Apa itu Engine Flush ? Engine Flush merupakan sejenis cairan khusus yang dibuat secara khusus untuk membersihkan serta menghilangkan kerak serta endapan kotoran dari oli yang menempel pada bagian komponen mesin tau apa bak mesin.

Cara menggunakan Engine Flush pada motor. Sebelum sobat ingin mengetap atau mengganti oli, cairan ini dimasukkan terlebih dahulu melalui lubang pengisian oli. Selanjutnya nyalakan mesin selama 5 menit supaya engine flush tersirkulasi dan dapat bekerja secara maksimal bersama dengan oli. Untuh harga Engine flush sendiri dijual dengan harga 69 rb ukuran 450 ml.

2. Kipas Pendingin Rusak 

Ada beberapa kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan sistem pendinginm radiator yang dilengkapi dengan coolung fan layak nya mobil. Letak coolung fan sendiri berada dibelakang radiator yang berukuran kecil digerakkan oleh tenaga listrik. Kipas ini akan berputar secara onomatis bila suhu mesin sudah panas atau melebihi batas normalnya.


Sehingga bila mesin motor baru dihidupkan kipas ini tidak akan berputar. Namun bila kipas ini tidak berputar dengan semestinya maka mesin bisa berpotensi mengalami overheat.

Baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Bila kipas pendingin tidak menyala ada dua kemungkinan yang jadi penyebabnya, pertama karena kipas itu memang mati atau ada rangkaian yang terputus. Untuk mengetahuli lebih jelasnya kita perlu melakukan pengecekan tahanan dari output EMC hingga input kipas. Lakukan juga pengukuran tahanan dan terminal pada terminal positif dan negatif.

Bila tidak mengetahui bagai mana melakukan pengecekan, lebih baik anda membawanya ke bengkel bengkel resmi ataupun bengkel yang sudah anda percayai.

3. Pemakaian Oli yang Tidak Sesuai

Penggunaan oli yang sesuai dengan merupakan hal cukup penting lo sob. Misal bila motor kita matic gunakanlah oli yang diperuntukan untuk motor matic dan bila motor manual gunakanlah oli bertransmisi maunal atau non matic. Pengguaan oli yang tepat tentu motor akan mudah berakselerasi serta, begitu sebaliknya bila memilihanya salah tentu akan membuat kinerja mesin kurang maksimal dan jangka panjangnya dapat membuat kerusakan pada komponen di dalam mesin.

Pengguaan oli terlalu kental yang tidak direkomendasikan oleh pabrik juga membuat perputaran didalam mesin menjadi berat yang membuat mesin bekerja lebih berat. Sehingga tidak menutup kemungkinan adanya part yang terbakar dan menjadi penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit.

4. Kebocoran Oli Mesin

Mengapa oli mesin bisa bocor ? Rembesan aatau bocornya oli ini disebabkan karena perpak antara sambungan mesin telah rusak entah itu karna faktor umur atau bisa juga rusak kaarena seringnya bongkar pasang blok mesin.


Rembesan oli yang menempel pada mesin ini akan terbakar dan mengeluarkan bau gosong atau sangit terutama saat mesin suhu mesin panas. Oli yang terbakar juga bisa terjadi setelah selesai pengantian oli mesin dan bekas tap tapan oli tersebut tercecer dan menempel pada mesin.

5. Adanya Kebakaran Pada Kampas Kopling

Penyebab ke empat  ini sering terjadi pada motor yang menggunakan sistem kopling tanggan pada motor sport namun tak menutup kemungkinan bisa terjadi pada motor bebek. Mengapa kampas kopling bisa terbakar ? Berikut saya jelaskan, jika mas bro siring menarik kopling/menekanya hanya setengah dibarengi dengan memutar tuas gas yang terlalu dalam atau biasa disebt dengan menggantungkan kopling. Nah perilaku seperti ini jelas membuat mekanisme kopling harus bekerja lebih keras, idealnya pada saat mesin berputar kopling tidak saling bergesekan.

Adanya bau kopling terbakar juga bisa tercium saat pagi hartu lo, atau saat awal pertama mesin dihidupkan. Hal ini diakibatkan diwaktu pagi hari oli yang ditugaskan untuk melumasin komponen mesin seperti kampas koplingbeleum sepenuhnya bersirkulasi, efeknya pada kopling jelas akan bergesakan tanpa terlumasi oli kehingga menumbulkan bau khas terbakar.

Kopling terbakar ini sangat sering terjadi bila motor digunakan untuk mmelewati tanjakan yang tinggi seperti di pegunungan. Beberapa biker sering menggantungkan kopling agar motor bertenaga saat melewati jalanan yang menanjak atau sekedar untuk mengailkan torsi.

6. Terbakarnya Kabel

Untuk masalah ini saya sendiri pernah mengalaminya beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada ssat selesai melakukan servis dan mengganti oli mesin disuatu bengkel. Setelah selesai diservis saya pun langsung bergegas pulang karena harus mengurusi urusan lainya, namun ditengah-tengah perjalanan tercium bau sangit atau gosong yang berasal dari mesin. Saya pun sempat berfikir mungkin bau gosong ini berasal dari ceceran atau tumpahan oli pas penggantian oli tadi dan langsung menarikk gas kembali.

Setelah motor berjalan sekitar 100 m ternyata bau gosong tersebut justru makin menjadi jadi, tanpa fikir panjang saya pun kembali bengkel tadi untuk menanyakan ada masalah apa pada motor ini wong tadinya motor sebelum diservis tidak seperti ini. Setelah dicek mas mekanik ni temen temen ternyata penyebabnya adalah kabel kopling motor menempel pada blok slinder salah jalus saat pemasangan tadi.

Beruntungya pemilik bengkel tersebut bersedia untuk menggantinya dengan kabel kopling yang baru. Mungkin pemilik bengkel tersebut merasa bersalah karena kelalaian anak buahnya sehingga mau bertanggung jawab.

Agar motor tidak mengalami overheat ditengah jalan., sebaiknya anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini :
  • Panaskan terlebi dahulu mesin sebelum motor digunakan terutama di pagi hari, karena diwaktu pagi hari atau awal pertama mesin dinyalakan oli belum tersirkulasi ke seluruh komponen mesin.
  • Jangan paksa motor bekerja diluar batas, misal untuk membawa beban yang berat.
  • Bila berkendara menempuh jarak yang jauh, berhentilah sejenak untuk mendinginkan mesin terutama saat mudik lebaran.
  • Bila motor sudah menggunakan komponen liquid cooland selalu cek volume air radiatornya dan
  • Lakukan penggantian oli secara rutin.
Demianlah tadi pembahasan seputar penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit, artikel tadi juga bisa jadi reverensi anda dalam hal perawatan motor sehingga tidak terjadi hal yang sama dikemudian hari. Toh mencegah lebih baik dari mengobati, karena bila mesin overheat dan perlu dilakukan turun mesin untuk memperbaikinya tidak sedikit biaya yang harus kita keluarkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel