Kenali Sejak Dini Penyebab Motor Brebet di Putaran Tengah


Suryadidik.com - Kendaraan bermotor saat ini merupakan barang yang wajib dimiliki baik sekedar untuk pamer semata ataupun untuk keperluhan sehari-hari entah itu untuk berangkat kuliah, ke pasar, nganter makanan atau buat ojek online yang lagi rame saat ini. Karena sering dipergunakan serta mengkesampingkan akan perawatan tentu hal ini akan jadi cikal bakal penyebab motor brebet di putaran tengah saat digunakan.


Saat mesin dinyalakan serta gas mulai digeber semua komponen yang ada didalam mesin akan bergerak yang menjadikan motor bisa berjalan sesuai ke inginan pengendara. Bakan mesin akan bekerja lebih dari kinerjanya jika motor digunakan untuk mengangkat beban yang tidak semestinya. Selain faktor umur kita motor selalu dipergunakan dan dipekerjakan tentu beberapa komponen mesin kemampuanya mulai menurun. Namun tetang jika motor anda terindiksi brebet jangan terlalu panik dan tidak usah berpikir terlalu jauh. Jika suara mesin motor brebet saat dikas itu mengindikasikan bahwa ada part yang mengelami masalah dan perlu melakukan servis untuk menghilangkanya.

Timpulnya suara brebet ini terasa saat motor berjalan serta gas mulai diputar lebih dalam mesin akan terasa tersendat dan seakan mesin motor mau mati. Bahkan ada beberapa kasus motor langsung mengalami mogok dijalan. Masalah motor brebet ini sebagiknya janganlah diangap sepele, coba bayangkan jika ditenga-tengah jalan yang ramai tiba-tiba motor mogok ditengah jalan selain membahayakan hal ini juga membuat rasa malu pemiliknya terlebih lagi motor tersebut tergolong baru.

Baca juga Cara Yang Benar menggunakan Carburator Cleaner Pada motor Injeksi 

Bagi anda orang awam yang tidak tahu mesin munkin kurang tahu penyebab motornya brebet. Karena hal ini bisa terjadi pada semua motor baik masih baru atau sudah lama. Sebenarnya beberapa penyebabnya bukanlah masalah yang teralalu berat bahkan sampai bongkar mesin tapi untuk antisipasinya butuh penangganan secepatnya. Bila dibiarkan begitu saja dan dipergunakan terus menerus kerusakan tersebut berkemungkinan besar dapat merambat pada komponen lainya.

Setidaknya ada 5 penyebab motor brebet di putaran tengah yang dapat terjadi pada motor anda. Untuk menghindarinya seabiknya anda mengetahui beberapa penyebabnya.
  • Kotoran dan air masuk ke dalam tangki
Penyebab pertama yang umum terjadi adalah bahan bakar bercampur dengan air. Ini bisa terjadi pada saat mencuci motor secara tidak sengaja tangki tersemprot air alhasil air bisa merembes ke dalamnya. Tak hanya itu penyebab lain adalah pembelian bensin yang dilakukan tidak pada pom bensin atau membelinya di kios eceran perliter. Bila sudah tercampur air akan membuat bensin yang masuk keruang bakar, dan ini yang menyebabkan tarikan mesin tersendak serasa bensin mau habis.

Baca juga Begini Cara Mudah Menghilangkan Baret Di Speedometer Motor

Untuk mengatasi hal ini tentu harus menguras habis tangi dan keringkan dibawah panas matahari. Selain itu keluakan juga bensin yang sudah terlanjur masuk karburator dengan cara mengeluarkanya lewat pembuangkan bensin yang sudah menempel di karburator tersebut

Sebaiknya agar air tidak masuk ke dalam tangi hindari penyemprotan air disekitar area tangki dan hindari pembelian bensin eceran terkecuali kios tersebut sudah jadi langganan anda.
  •  Busi mulai rusak
Penyebaba motor brebet saat di putaran atas selanjutnya adalah adanya masalah dari komponen busi. Jika busi sudah soat tentu tidak dapat menyalurkan listrik secara normal. Apa yang melemah tentu akan menggangu pembakaran sehingga tarikan mesin akan brebet.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya cek kondisinya secara langsung apabila warananya sudah hitam gosong anda bisa membersihkanya terlebih dahhulu pakai amplas. Meskipun sudah dibersihkan namun masih brebet menandakan busi emangsudah soak dan untuk keamanan gantilah dengan yang baru.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel 

Sebagai rekomendasi anda bisa membeli tipe busi yang lebih tinggi contoh misal jika busi awal menggunakan NGK7 sebagiknya pilihlah dengan angka 8 atau 9 hal ini dikarenakan busi dingin lebh tahan. Dan biar awet cek busi secara berkala apabila sudah kotor segera lah untuk dibersihkan.
  • Setelah klep dan stasioner yang tidak sesuai
Selain busi suara brebet juga bisa terjadi karena stelan klep yang tidak standarnya. Jika setelan klep yang terlalu longgar dan terlalu rapat hal ini akan mempengaruhi jumlah yang akan masuk ke ruang pembakaran. Jika masalah ini terjadi pada motor sebaiknya bawalah ke bengkel yang sudah ahlinya.

Mengapa stelan klep bisa berubah ? Seiring dengan pemakaian mesin motor akan selalu berbutar sehingga klep dapat bergeser atau berubah. Dibengkel tertentu terkadang jika melakukan servis mekanik akan menyetel ulang klep sesuai tempat aslinya. Sebagai catatan jangan asal bengkel untuk mempercayakan servis motor anda khususnya pada komponen mesin. Kerena menyetel klep dibutuhkan pengalaman khusus serta dilakukan mekanik yang sudah berpengalaman agar permorma motor tetap terjaga dan siap digunakan dalam kondisi apapun.

Salah menyetel klep sedikit saja justru dapat berakibat bertabrakan dengan silinder. Bukanya performa motor tetap prima penyetelan klep yang keluru justru akan menambah masalah baru seperti penggantian klep yang telah rusak dan mengganti silinder yang penyok.

Stasioner atau disebut dengan langsam motor yang stelanya terlalu kecil jiga jadi penyebab motor berebet di putaran tengah.  Mengapa bisa terjadi ? ini bisa disebabkan karena campuran udara dengan bahan bakar pada karburator maupun injeksi yang kurang pas. Apabila belum pernah menyetel stasioner sebaiknya bawalah ke bengkel untuk menyetelnya. Penyetelan stasioner  dibutuhkan feeling serta perasaan untuk merasakan suara mesin.
  • Filter udara yang kotor
Penyeybab ke empat bisa disebabkan karean filter udara. Sering dengan penggunaan motor filter udara yang awalnya bersih lama kelamaan akan menjadi kotor karena menyaring debu dari udara yang mamsuk ke ruang bakar. Lambat laun ini debu dan kotoran akan semakin menumpak dan menembel yang membuat celah udara akan mampet. Alhasil udara tidak bisa masuk secara maksimal karena tersumbat oleh debu.

Dibuku pedoman pemilik kendaraan sudah tertulis bahwa filter udara hasrus diganti jika angka kilometer sudah mencapai 16 ribu kilometer. Pamakaian ini bisa lebih cepat jika pemakianya sering melewati udara yang kotor seperti pada kawasan industri serta diperkotaan.

Sebaiknya rajinlah untuk membersihkanya agar performa motor bisa digeber secara maksimal. Namun pembersihan filter harus dilakukan  dengan cara yang benar agar filter tersebut tidak rusak. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor yang kotor Tanpa Kompresor. Penggantian filter bisa anda ganti setelah satu tahun atau 16 ribu kilometer.
  • Karburator dan injektor yang kotor
Penyebab terakhir motor brebet diputaran tengah adalah adanya kerak atau kotoran yang tersumbat pada karburator atau injeksi. Agar karburator tidak gampang kotor sebaiknya gunakanlah bahan bakar pertamax. Agak mahal sih memang dari pada harga pertalite atau bensin. Selain membuat karburator tetap terjaga kebersihanya penggunaan pertamax juga membuat komponen busi motor selalu bersih. Jadi bisa menghebat biaya servis motor anda serta. Mahal sih memang namun mempunyai banyak kelebihan yang menguntungkan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel