Cara Yang Benar Mengganti Oli Gardan Honda Beat dan Motor Matic Lainya


Cara mengganti oli gardan beat - Pasti tahu lah ya motor matic dan non metic memiliki perbedaan, perbedaan yang paling menonjol adalah dari sistem pengeraknya jika motor manual menggunakan rantai beda lagi jika motor matic yang memakai vbelt sebagai sistem penggeraknya. Berbeda dengan motor manual yang hanya menggunakan oli mesin saja(kecuali motor 2tak), motor matic ini memakai dua oli yang perbeda yakni oli mesin dan oli gardan.

Fungsi oli gardan motor beat memiliki kesamaan pada oli mesin yakni sebagai pelumas gear motor matic. oli pada motor matic ini terletak dibelakang dekat as roda sebelah kiri yang berdekatan langsung dengan CVT. Terkadang penggantian oli transmisi motor matic ini banyak yang disepelekan atau bahkan ada yang tidak tahu bahwa motor matic memakai oli gardan layaknya mobil.

Karean fungsinya sama sebagai pelumas, mengganti oli gardan dengan yang baru juga tak kalah penting. Sebab akan berimbas langsung pada pengerak komponen transmisi yang dapat membuatnya AUS jika pergantianya tidak dilakukan secara rutin.

Baca juga Cara Memperbaiki Accu Motor Yang Mati Dengan Bodrex

Waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan

Sebenarnya dibuku panduan pemilik kendaraan tidak tertulis jelas atau tidak dijelalaskan kapan atau waktu oli gardan harus deganti dengan yang baru.

Umumnya oli gardan dapat diganti setelah menempuh jarak 3.000 - 4000 km selama tiga bulan. Atau penggantian oli gardan dapat anda lakukan setelah 2 kali penggantian oli mesin dan penggantian oli gardan bisa bersamaan dengan oli mesin agar performa mesin dan vbelt dapat seimbang. "Tutur Rofi'i sekalu mekanik bengkel resmi honda di Pati.

Cara mengganti oli gardan honda beat fi

Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu seperti :
  • Kunci T ukuran 12mm atau bisa pakai kunci shock 12mm. Usahakan menggunakan kunci pas, penggunaan kunci yang tidak sesuai dapat merusak kepala baut.
  • Siapkan juga oli gardan yang dapat anda beli seharga 15rb ukuran 120ml. Untuk satu motor cukup siapkan satu botol saja.
  • Wadah kecil untuk menambung oli bekas, bisa menggunakan botol air minum yang sudah dipotong jadi dua atau tempat benda yang lainya.
  • Terakhir siapkan gunting untuk membuka kemasan oli.
Jika semua alat dan bahan sudah tersedia, kita sudah bisa menggantinya dengan cara :

1. Parkir motor di tempat yang teduh dan rata

Memparkirkan motor bertujuan ini yang rata ini agar nantinya saat di kurasakan keluar semua. Biar lebih mudah parkirkan motor dengan posisi standar tengah dan pastikan mesin sudah dalam kondisi dingin.

Baca juga Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor Injeksi Tanpa Kompresor 


2. Lepas ke 2 baut penguras oli

Terdapat dua baut yang letaknya ada diatas dan bawah yang menempel pada cover gardan sebelah kiri. Pertema lepas baut pengisi yang letaknya diatas menggunakan kunci T tadi. Cara melepas baut yang benar adalah dengan memutarnya ke kiri berlawanan jarum jam.


Setelah baut atas suda terlepas, baru anda bisa mengendorkan baut penguras bagian bawah dan jangan sampai lepas. Sebelum dilepas siapkan bak penampung oli dibawahnya dan pastikan tepat dibawah baut penguras agar nantinya oli tidak tercecer. Setelah penampung oli bekas sudah siap baru anda bisa melepas baut pengurasnya, oli pun akan keluar.


Biar oli terkuras habis anda bisa menyemprotkan angin kompresor melalui lubang pengisian hingga semua oli didalam gerabox terkuras. Jika tidak ada kompresor anda cukup memiringkan motor semiring mungkin agar oli dapat keluar semua. Biar tidak terlalu berat menahan beban motor gunakan standar samping juga dan miringkan posisi motor.

Baca juga Kenali Sejak Dini Penyebab Motor Brebet di Putaran Tengah

Mengapa saat menguras oli baut pengisi dilepas ? Hal ini sebagai ventilasi agar oli dapat keluar dengan mudah serta membuat oli didalamnya akan keluar semua.

3. Pasang kembali buat penguras

Jika sudah terkuras habis, pasang kembali baut penguras dan jangan lupa untuk langsung dikencangkan. Pasalnya tak sedikit orang yang lupa untuk mengencangkan oli penguras terlebih dahulu alhasil oli yang sudah dimasukkan ke dalam keluar lagi melaluli lubang penguras. Repot juga kan bila seperti ini.


Perlu diingat jangan terlalu kencang saat memasang baut, memasang baut yang terlalu kencang membuatnya akan susah dibuka saat anda ingin mengganti oli kembali bahkan dapat berakibat patah karena terlalu kencang. Karena baut ini tidak difungsikan untuk merekatkan cukup dikencangkan sekiranya baut tidak lepas dan oli tidak merembes keluar.

4. Pengisian oli
Setelah baut penguras tertutup rata, barulah anda bisa memasukan oli yang baru. Botol oli gardan sudah dibentuk sedemikan rupa yang dibuat untuk mudah digenggam serta ujungnya dibuat lancip.

Potong ujung botol oli dengan gunting atau pisau setalah itu masukkan ke dalam lubang pengsian dan tekan-tekan oli agar semuanya dapat masuk ke dalam gardan. Apabila oli susah masuk anda bisa memiringkan sedikit kotor ke kanan dan tekan oli sampai habis.


Setelah selesai anda bisa memasang kembali baut pengisian dengan teknik pengencangan baut penguras tadi jangan terlalu kencang. Terakhir anda bisa membersihkan ceceran oli yang menempel pada gardan serta lantai agar tidak memuci debu menempel.

Cara mengganti oli gardan beat juga bisa anda gunakan pada jensi motor lainya tinggal menyesuaikan ukuran baut pengisi dan penguras. Namun kebanyakan menggunakan baut ukuran 12 mungkin dan sesuikan juga jenis oli yang digunakan dengan jenis motor anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel