Kelebihan dan Kekurangan Spray Gun Elektrik Untuk cat Mobil


Kelebihan dan Kekurangan Spray gun elektrik untuk cat mobil dan motor - Spraygun merupakan alat ngecat atau finishing yang hasilnya lebih bagus ketimbang pakai kuas dan bisa diaplikasikan di berbagai bidang termasuk tembok rumah. Dengan peralatan ini proses pewarnaan benda bisa lebih cepat tanpa menguras tenaga, pasalnya kita tinggal pencet/menekan dan mengayunkanya secara merata.

Proses kinerja spary gun membutuhkan angin bertekanan cukup tingga untuk mengangkat cairan cat dari tabung penampung sekaligus mendorong nya keluar dari lubang nozzel. Dengan begitu cat yang keluar akan di kabutkan agar saat nempel pada bidang lebih halus. Berbeda bila tekanan angin kurang cat lebih dominan kasar.

Tidak hanya satu alat pelontar cat ini memiliki 2 model yaitu tabung atas dan tabung bawah, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Namun kebanyakan yang dipakai adalah model gravity dimana lebih mudah dipakai meski masih pemula.


Malah saat ini tanpa memakai kompresor kita sudah bisa mengecat mobil maupun motor. Ya spray gun elektrik saat ini mulai di minati karena lebih simpel dan hasilnya juga tak mau kalah dengan yang biasa/konvensional.

Kelebihan Dan Kekurangan Spray Gun Elektrik MultiPro Untuk Cat Mobil & Motor

Seperti yang saya katakan tadi kelebihan spraygun ini adalah bisa buat ngecat berbagai bidang tanpa butuh kompresor, bahkan bisa dipakai buat mengecat tembok. Sebetulnya sistem kerjanya tidak lah berbeda dengan yang biasa, pasalnya sama-sama memakai angin sebagai pelontar cat atau benda cair lain (poxy, clear coat, melamin).


Ya bila membeli spray gun elektrik sudah dilengkapi satu set dengan mesin penghasil udara layaknya kipas angin kecil. Jadi bila spraygun di tekan secara otomatis angin langsung keluar dan langsung mengkabutkan cat. Baca juga Urutan Cara Mengecat Mobil Agar Mengkilap Untuk Pemula

Hemat Listrik

Meski keseluruhan memakai listrik anda tak perlu khawatir tagian akan membengkak, karena daya spray gun elekirk ini hanya 400 watt. berbeda dengan kompresor yang cukup anyak memakan listrik, bahkan jika tidak kuat lisrik langsung konslet.

Mode Spray Dapat Diatur

Sama halnya dengan tipe biasa, tebal tipis cat juga dapat diatur sesuai sebutuhan, sehingga lebih hemat saat mengecat bidang yang hanya butuh cat sedikit. Lebar sempit semburan cat yang keuar juga dapat diatur dengan mengencangknan/mengendurkan setelan yang ada dibelakang spray gun.

Baca juga Dempul Alfagloss VS Sanpolac, Bagusan Mana ? 

Hasil Cat Bagus

Semburan cat yang dihasilkan juga bagus dan halus dengan daya sebar luas, jadi bisa mengefisiensi waktu saat mengecat bidang cukup besar. Selebihnya spray gun tipe elektrik ini sudah dilengkapi dengan penyaring udara sehingga hasil pengecatan lebih sempurna tanpa tercampur air sedikitpun. Dan yang terpentin g adalah dapat digunakan indoor atau outdoor.

Beberapa merk spray gun elektrik yang bagus diantaranya Mollar ESG-350, Multi Pro ESP99HP, H&L Tipe 178, atau Ryu RSE-800-1. 

  • Kelemahan Spray Gun Elektrik

Suara Cukup Bising

bagi yang tidak terbiaa mungkin suara dari mesin spragun cukup menggangu mas bro, pasalnya akan terus menyala saat masih dipakai. Beberda dengan kompresor bila tabung angin sudah penuh otomatis mesin akan mati selama beberapa menit. Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

Ketergantungan Listrik

Seperti yang sudah saya singgung tadi, bila listrik sedang padam secar otomatis spray gun tidak bisa digunakan. Hal ini berbeda dengan kompresor meski listrik mati masih bisa bekerja karena ada beberapa kompresor yang pakai bensin.

Kurang Bertenaga

Untuk pengecatan full body mobil rasanya kurang bertenaga bila dibandingkan dengan konvensional. Memang sih kalau buat tambal sulam per penal masih bisa di andalkan.

Jadi, secara garis besar pengguaan spary gun elektrik lebih praktis dan cukup instan. Namun saya sendiri masih pakai yang biasa saat mengecat mobil motor karena lebih stabil.

Oke, sekarang sudah tahu bukan beberapa kelebihan dan kekurangan spray gun elektrik untuk mengecat mobil motor. Baik pakai yang biasa atau listrik sebenarnya tidak lah jauh beda, hanya saja untuk tipe konvensional sedikit lebih unggul. Lantas bagaimana versi anda sendiri ??

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas