Fungsi dan Perbedaan Spray Gun Tabung Atas dan Bawah


Fungsi dan Perbedaan Spray Gun Tabung Atas dan Bawah - Hallo mas bro..Masih berbincang seputar repair kendaraan. Mengecat merupakan suatu pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan hanya dengan tangan kosong kecuali cat pilox mas bro yang tinggal pencet cat langsung keluar. Itu pun hasilnya kurang memuaskan jika memakai merk murahan.

Sedangkan untuk mengecat cat Duco bisa diaplikasikan dengan dua cara yakni memakai kuas dan spraygun. Spray gun merupakan alat yang memang direkomendasikan untuk proses repair dengan hasil yang lebih halus. Sistem kerjanya sendiri memakai angin bertekanan dari komprsor shingga cat dapat keluar dari lubang spray gun layaknya kabut halus. Semakin bagus kualitas yang dipakai semakin baik pula hasil yang didapat dan tanpa ada kulit jeruk dipermukaan cat.


Tidak hanya satu, alat mengecat ini tediri dari berbagai komponem mulai dari nozell, jarung skep, per, dan memiliki 3 set baut untuk menyeting tekanan angin, volume cat keluar serta untuk mengatur lebar sempitnya semburan cat.

Baca juga Urutan Cara Mengecat Mobil Agar Mengkilap Untuk Pemula 

Umunya spray gun dibedakan dari 2 tipe yakni tabung bawah dan tabung atas, dimana keduanya memiliki fungsi yang berbeda meski sama-sama bisa untuk mengecat diberbagai bidang serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Untuk mengetahuinya dibawah ini akan saya urai fungsi dan perbedaan spray gun tabung atas dan bawah sesui praktek kerja dibengkel cat kami.

  •  Spray gun tabung atas
Atau biasa disebut Spray gun HVLP(Hight Volume Low Pressure), jenis pertama ini paling banyak disukai baik diaplikasina untuk Clear coat atau saat mengecat baik untuk pemulau maupun sudah senior.


Karena letak tabung diatas speet ini tergolong lebih irit tanpa bahkan tidak meninggalkan endapan karena cat langsung terjun ke bawah. Kekuranganya adalah cat rentam tumpah jika kurang hati-hati terutama saat mengecat posisi nozell menghadapke atas serta ukura tabung yang hanya mampu menampung cat 400ml.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Jenis spray gun tabung atas sangat cocok dipakai untuk mengecat objek yang tidak terlalu lebar atau untuk proses tambal sulam cat. Saya sendiri lebih senang memakai tipe ini mengecat mobil berukuran kecil seperti mobil sedan dan kendaraan pribadi lainya.

Dalam hal perawatan jenis tabung atas perlu diperhatikan, sedikit saja ada kotoran kerak cat yang mengendap didalam nozell dapat memengurangi daya sembur cat bahkan mengalami pecah tengah akibat sumbatan yang jarang dibersihkan. Sebaiknya cuci bersih setelah dipakai agar tidak mengurangi performa alat kerja anda.

Agar performanya tetap terjaga sebaiknya pengunaan speet untuk epoxy dan cat maupun clear coat disendirikan. Jadi anda membutuhkan 3 spraygun untuk mendapatkan repair terbaik tanpa ada campuran warna poxy.

Baca juga Cara Memperbaiki Spray Gun Yang Mampet dan Tersendat

Oh iya satu hal lagi, untuk tabung atas memiliki 2 tipe yakni F75 dan F100 yang memiliki kelebihan masing-masing. Jadi masih pemula anda cukup memakai F75 dengan kompresor ukuran kecil.

  • Spray Gun Tabung Bawah
Sama hal dengan tipe HVLP, sprag gun tabung bawah jika dapat dipakai untu cat serta clear coat yang hasinya tak mau kalah.


Tahu ngak ?? Pertama kali saya belajar mengecat malah pakai tipe ini lo, lebih praktis bisa langsung mixing cat ditabung spray. Jenis tabung atas juga dilengkapi setelan ketebalan cat, volume tekanan udara dan terdapat setelan lebar pengecatan.

Kelebihan lain yang dimiliki adalah ukuran tabung cat yang lebih besar mampu menampung 1000cc yang mempersingkat pekerjaan anda tanpa perlu bolak balik mengisi cat. Kelebihan lain lainya adalah pada jarak daya sebar cat lebih lebar ketimbang jensi yang diatas. Sangat cocok dipakai untuk mengecat bidang yang lebar/besar seperti elf traver dan bak truk. Namun juga bisa dipakai untuk mobil pribadi.

Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap

Meski memiliki beberapa kelebihan saya sendiri kurang suma mamakainya dengan alasan jika cat/clear coat volumunya sdah dibawah pipa menyedot maka cat sudah tidak dapat naik untuk dikeluarkan atau menimbukan pengendapan. Bahkan Penggunaan speet tabung bawah lebih boros ketimbnag memakai jenis diatas.

Namun jika anda ingin memakainya pilihlah tabung yang bagian bawah lebih rata tanpa ada lekukan. Dimana lekukan ini lah yang membuat cat tidak habis. Untuk mengakalinya anda dapat menyambung pipa tersebut dengan selang kecil hingga sampai ke dasar.

Itulah tadi mas bro..Sedikit fungsi dan perbedaan spray gun tabung atas dan bawah, untuk menjaga agar tidak ada sumbatan cuci bersih pakai thinner setelah dipakai baik pada bagian dalam tabung maupun lubang nozzel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas