Cara Memperbaiki Spray Gun Yang Mampet dan Tersendat


Cara memperbaiki spray gun yang mampet dan tersendat - Spraygen merupakan alat yang dipakai untuk mengantomisasi/mengkabutkan cat menggunakan udara bertekanan dari kompresor. Jika dibandingan dengan kuas mengecat dengan kompresor akan mendapatkan hasil cat yang halus dan mempercepat waktu pengerjaan.

Spray gun terbagi dari beberapa komponen seperti tabung tempat cat, jarum nozzel, handle, pengatur tekanan udara. pengatur volume cat yang keluar dan pengatur daya lebar semburan cat. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan tentu tidak dapat berfungsi secara normal.


Sama halnya dengan peralatan lain spraygun juga mengalami berapa permasalahan yang kapan pun disa terjadi. Kendala yang sering dialami adalah lubang nozzel yang mampet. Nozel memilki 4 sampi 6 lubang terkantung ukuran. Jika salah satu lubang ini buntu semburan cat tidak dapat keluar dengan sempurna bahkan mengalami pecah tengah/tidak dapat mekar sempurna.

Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100

Benyebab utama spray gun mampet adalah kurangnya menjaga kebersihan setelah dipakai. Jika tidak segera dicuci sisa cat atau epoxy yang masih mengendap didalam akan menjadi kering dan mengerak. Kebiasaan buruk ini lama kelamaan semakin menumpuk dan mengeras yang bedampak buntunya lubang spraygen.

Namun tenang jika kasus serupa terjadi anda jangan dibuang dulu karena masih bisa diatasi dengan mengikuti turtorial dibawah ini cara memperbaiki spray gun yang mampet :

 Siapkan alat dan bahan :
  • Kunci untuk membongkar spraygun
  • Sikat gigi/kuas cat kecil
  • Catombet pembersih telinga
  • Thinner(bisa pakai jenis apa saja)
  • Dan wadah untuk mencuci

Langkah pertama anda perlu membongkarnya(kunci sudah dibekali saat membeli spraygun baru). Lepas satu persatu bagianya secara perlahan, mulai dari nozzel, jarum spraygun dan membuka tabung penampung cat. Jika tidak pernah atau jarang dibongkar kepala nozzel sulit dilepas akibat tumpukan kerak. Banyak kasus nozel patah akibat terlalu keras untuk dibuka, jadi berhati-hatilah saat membuka komponen ini.

Baca juga Mengenal Perbedaan Cat Solid, Metalik dan Putih Mutiara 

Kumpulkan komponen yang sudah terlepas pada satu wadah dan tuwangkan sedikit thiner untuk merendamnya beberapa saat. Ingat perendaman terlalu lama justru membuat beberapa seal cepat getas yang berdampak kebocoran spray gun.


Sikat satu persatu komponen yang sudah dilepas, jika ada bagian yang tidak bisa dijangkau gunakan catombet untuk mengkorek nya hingga residu cat yang mengendap keluar larut bersama thiner. Sisa cat yang membeku ini lah yang menjadi penyebab spraygun mampet.

Pastikan disetiap lubang nozzel sudah plong atau tidak mampet, jika masih buntu rendam dan cuci kembali. Biar bersih maksimal anda bisa menyemprotkan angin bertekanan dari kompresor untuk menyingkirkan endapan cat yang ada didalam.
 

Tidak hanya nozzel bersihkan juga jarum cat beserta per yang ada didalamnya. Jika semua komponen bersih bukan tidak mungkin spraygun dapat berfungsi secara normal. Oh iya untuk bagian cover / luar jika endapan cat teralalu tebal anda dapat mengeroknya menggunakan pisau atau benda tajam lainya.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear 

Jika sudah selesai pasang kebali sesuai posisi awal hingga rapat. pemasangan yang kendor dapat berakibat spray gun bocor. Dan siap untuk dipakai.

Untuk memperpanjang masa pakai spray gun setelah diapakai cuci hingga bekas cat hingga bersih khususnya dibagian dalam. Akan lebih baik jika anda memiliki 3 spraygen, jadi spet untuk poxy tidak bercampur dengan cat dan clear coat.

Cukup sekian artikel cara memperbaiki spray gun yang mampet dan tersendat. Jika kulit kamu gampang iritasi berhati-hatilah saat terkena thiner karena dapat membuat kulit terasa terbakar terutama bila ada bagian tangan yang luka. Tetap utamakan safety saat bekerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas