Cara Sederhana Membuat Spray Gun Cat Sendiri


Cara Sederhana Membuat Spray Gun Sendiri - Mengecat merupakan pekerjaan yang difungsikan untuk membuat suatu benda agar lebih bagus bahkan menambah nilai jual tersendiri. Selain mempercantik pemberian lapisan cat juga membuat logam tidak gampang berkarat terutama saat musim penghujan.

Untuk urusan cat mengecat dibutuhan peralatan khusus serta tidak dilakukan dengan asal-asalan. Alat dan bahan cat pun juga disesuaikan mengikuti bidang yang ingin diwarnai, Misal jika untuk mengecat perabotan rumah tangga seperti meja kursi almari dan pintu rumah tentu bahan yang digunakan adalah cat minyak atau melamin yang diaplikasikan dengan spray gun atau kuas berbagai ukuran. Beda lagi jika ingin mengecat bodi motor bahan yang dipakai adalah cat duco.

Di bengkel besar mengecat dengan cat dengan alat semprot elektrik tentu akan sangat mudah karena sudah dilengkapi dengan spray gun serta didukung dengan angin dari kompresor. Jika tidak memiliki peralatan lengkap namun pengen mengecat dapat diakali cara cat motor pakai semprotan burung dan botol obat nyamuk bekas bisa jadi pilihan.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor 

Mungkin anda bertanya-tanya apakah bisa alat pengusir nyamuk bisa jadi spray gun untuk ngecat ? Jika difikir secara logika saat tabung obat nyamuk dipompa cairan yang keluar akan lembut atau dikabutkan layaknya mengecat dengan kompresor atau cat pilox.

Untuk membuktikanya apakah memang bisa, dibawah ini akan kami uraikan cara sederhana membuat spray gun cat sendiri dengan obat nyamuk yang patut anda coba.

Sebelum ketahap inti pertama kita harus memerlukan alat dan bahan yang mudah kita temukan mulai dari :
  • Semprotan obat nyamuk(merk apapun)
  • Cat
  • Thinner
  • Dan amplas
Pertama-tama  amplas media yang ingin diwarnai hingga bersih/halus memakai amplas nomor 1500 jika media terlalu kasar anda dapat menggunakan amplas nomor 400 kemudian diulangi dengan amplas 1500 untuk menghaluskanya. Akan lebih baik anda mencucinya dengan sabun colek untuk membersihkan bekas minyak dan oli yang menempel.


Tahap kedua adalah mengeringkanya bisa menggunakan lap chamois atau dari panas matahari langsung. Bila ada striping/stiker yang menempel tutup menggunakan koran dan isolsai kertas. Jika ingin dihilangkan bersihkan sisa-sisa lem yang masih melekan. Lem sticker dapat membuat lapisan cat tidak menempel jadi jangan anda anggap sepele.

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super 

Berikutnya anda dapat menyiapkan peralatan untuk mengecat. Sebelumnya larutkan cat terlebih dahulu dengan perbandingan cat dan thinner yang pas tidak terlalu encer atau terlalu kental. Jangan pakai pertalite ya sob nanti malah cepat pudar bahkan bisa luntur bila terkena bensin.


Proses selanjutnya adalah menuangkan cat pada tabung semprotan yang letaknya ada diujung dan tutup hingga rapat. Spray gun buatan sendiri pun siap dipakai.

Cara sederhana mengecat pakai semprotan obat nyamuk 

Sebelum digunakan pompa dulu hingga tabung terisi angin, kemudian tekan dan arahkan ke media yang akan dicat. Sama halnya mengecat dengan spray gun penyemprotan dapat dilakuan secara tipis-tipis terlebih dahulu dan kembali diulangi setelah agak kering. Jika saat ini anda mengecat warna merah candy anda perlu memberkan lapisan cat dasar warna silver/cristal silver merk apapun.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

 Jika cat sudah rata tunggu hingga mengering untuk melakukan tahap pengamplasan, butuh waktu 20-30 menit cat mengering. Namun jika anda menggunaka bensin akan memakan waktu cukup lama saat proses pengeringan.  Cat yang sudah kering ditandai dengan tidak adanya cap sidik jari saat dipegang/ditekan.


Fungsi memberikan lapisan cat dasar terlebih dahulu adalah untuk mengahasilkan cat yang lebih halus serta membuatnya lebih awet meski tersiram bensin berulang-ulang.

Jika cat dasar sudah menggering anda bisa langsung megamplasnya hingga halus dan partikel debu yang menempel hilang. Gunakapn amplas nomor 1500 atau bisa pakai nomor 400 bekas agar tidak terlalu tajam dan keringkan.

Baca juga Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas

Selanjutnya anda dapat menyemprotkan cat kembali hingga 3x lapisan atau sampai rata dan bekas amplasan hilang tertutup cat. Biar makin jos dan mengkilap anda bisa melapisinya dengan clear coat sebanyak 3 lapis secara tipis dan beri jeda disetiap lapisan agar tidak leleh.


Kekurangan mengecat menggunakan semprotan obat nyamuk

Karena memakai bahan sederhana hasil cat semprotan obat nyamuk masih kalah dengan memakai spragyun. Namun jika sudah lincah memakainya tetangga tidak sadar bahwa motor anda dicat dengan peralatan yang sangat sederhana.

Satu hal lagi karena tidak memakai angin kompresor siapkan tenaga lebih untuk memompanya. Namun tenang rasa capek anda akan terbayar dengan hasil pekerjaan tangan tanpa mengeluarkan ongkos jasa repair dibengkel sebelah.

Selain alat diatas masih ada cara sederhana lagi untuk mengecat yakni dengan menggunakan semprotan burung. Untuk memakainya hampir sama dengan turtorial diatas tinggal masukan cat yang sudah dicampur tiner tutup rapat dan pompa berulang kali agar tekanan angin didalam dapat mendorong cat keluar.



Namun sayang hasil cat menggunakan semprotan burung lebih kasar atau masih kalah dengan memakai semprotan nyamuk. Intinya adalah harus telaten nanti hasil catnya akan lebih bagus.

Sekian turtorial cara sederhana membuat spray gun cat sendiri, agar dapat dipakai kembali setelah digunakan cuci peralatan hingga bersih baik bagian luar dan dalam menggunakan tiner. Oh iya jika tak memilki semprotan obat nyamuk bekas anda dapat mencarinya di pengepul rosok atau ditoko barang bekas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas