Turtorial Cara Cat Merah Candy Tone Yang Benar


Cara Cat Merah Candy Tone Yang Benar - Cat merah candy atau biasa disebut dengan cat permen merupakan jenis cat yang memiliki karakteristik yang berbeda. Bila kita amati bentuk cat ini terlihat sangat bening, dan karena itulah bila salah mengaplikasikanya maka warna candy tone tersebut akan gagal. Jadi butuh berhitungan yang matang untuk mengecat warna spesial ini.


Warna-warna candy ini sering digunakan untuk mengecat motor klasik seperti Honda 70 maupun Honda CB. Namun tidak menutup kemunngkinan digunakan untuk mengecat bodi mobil. Seperti yang sudah saya singgung diatas tadi bahwa cat permen ini bentuknya bening jadi bila ingin mengecat warna ini harus tahu teknik dasarnya biar nanti hasil catnya.

Lantas bagaimana cara mengaplikasikan cat ini pada motor dan mobil ?

Kebetulan sekali kemarin saya melakukan pengecatan motor klasik Honda 70 dan hasil nya keren banget sob kayak permen gitu warnanya. Jika tertarik untuk mencobanya dibawah ini kami akan membuatkan turtorial dari mulai awal pengamplasan hingga proses akhir atau clear coat.

Baca juga Turtorial Cara Yang Benar Mengecat Warna Merah Doff

Seperti biasanya tahap awal cara mengecat motor adalah dengan melakukan proses pengamplasan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran, jamur serta karat yang menempel. Amplas seluruhh bidang yang ingin dilapisi cat hingga rata dan bersih kemudian keringkan dengan lap kanebo. Untuk taap ini bisa menggunakan amplas setengah kasar nomor 240. Namun bila ada karat yang menempel sobat bisa menghilangkanya dengan amplas nomor 120 atau bisa menggunakan amplas gerinda.

Bila ada permukaan yang tidak rata atau bekas dilas, sobat bisa menghaluskanya dengan proses pendempulan.hingga bidang tersebut rata dan halus. Seperti yang sudah saya bahas kemarin proses pendempulan tidak bisa jadi satu kali, sehingga tahap mendempul harus dilakukan beberapa kali hingga bidang tersebut rata.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner 

Amplas kembali bidang yang sudah ditempul hingga alus dan dempul rada dengan bagian sampingnya langsung keringkan untuk menuju tahap pelapisan epoxy filler pada seluruh bidang yang ingin dicat.

Berbeda dengan cat yang cepat kering, epoxy ini membutuhkan waktu 4-5 jam hingga bisa diamplas kembali sampai halus dengan amplas nomor 240 kemudian bilas/ulangi dengan amplas halus nomor 360. Tujuan mengulangi pengamplasan dengan amplas yang halus ini adalah untuk menghilangkan goresan kasar dari amplas yang pertama digunakan. Bila tidak dibilas dengan amplas halus nanti goresan-goresan bekas amplasan akan terlihat setelah dicat.

Baca juga Cara Mengecat Velg Warna Hijau Stabilo Yang Bagus dan Benar 

Proses berikutnya adalah dengan melapisinya dengan cat dasar terlebih dahulu. Dan inilah kunci keberhasilan cara cat merah candy tone yakni dengan melapisinya dengan cat dasar cristal silver selain warna tersebut maka warn candy tidak akan terlihat. Sama halnya dengan cat jadi cat dasar cristal silver ini memiliki bentuk yang encer juga jadi biar cepat nutup pastikan semua bidang terlapis poxy semua.

Kemarin sendiri untuk cat dasar saya memakai cat Penta Super Glous ukuran 1/4 yang dijual dengan harga 30rb.

Nah setelah semua bidang tertutup rata dengan cat dasar, tunggu hingga kering untuk proses pengamplasan. tahap pengamplasan ini sobat bisa pakai amplas bekas 360 yang sudah digunakan sebelumnya. Jadi bila menggunakan amplas bekas kita tak perlu lagi untuk membilas dengan amplas yang lebih halus.

Bila semua proses diatas sudah selesai kita tinggal menyemprotkan cat jadi yakni merah candy tone. namun sebelum menyemprotkan cat jadi pastikan bidangnya sudah kering dari air dan terbebeas dari debu yang menempel. Barulah kita bisa menyemprtokan cat jadi hingga tertutup rata. Kemarin sih 3-4 lapis cat ini sudah nutut. Biar cepat nutup buatlah adonan cat yang sedikit kendal untuk cat pertama dan untuk cat akir buatlah adonan yang lebih encer biar hasil nanti terlihat halus dan tidak terlihat seperti kulit jeruk.

Biar terlihat mengkilap, tahap akhir adalah melapisinya dengan clear coat sepanyak tiga lapisi juga. namun bila anda menginginkan warna doff sobat tinggal melapisinya pakai clear khusus doff.

Kunci keberhasilan untuk cara cat merah candy tone adalah pikiran harus rileks, santai dan janganlah dilakukan dengan tergesa-gesa. Karena bila suatu pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru hasilnya pun akan kurang baik. Tidak ada salah nya bila mengamati cat pada setiap lapis untuk mengetahui apakah mengalami masalah atau tidak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas