Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar Dengan Sunlight


Cara Membersihkan Rantai Motor Dengan Sunlight - Berbeda dengan v belt yang letaknya di dalam dan tertututp rapat sehingga membuatnya tidak mudah kotor. Beda lagi dengan rantai yang letaknya diluar sehingga rentan sekali kotor dan berkarat. Sehingga kita perlu merawatnya secara rutin biar selalu terlihat kinclong nampak baru.

image by autoexpose.com
Terlebih lagi dengan prilaku kita yang melupasi rantai menggunakan oli bekas yang justru dapat memperburuk keadaan. Pemakaian oli mesin sebagai pelumas rantai membuat partikel debu dan pasir halus dapat menempel baik pada rantai maupun pada gear depan serta belakang. Bila penggunaan oli tap tapan ini digunakan secara terus menerus tidak menutup kemungkinan kotoran dan debu yang menempel akan menebal dan akan mengganggu kinerja rantai bahkan dapat membuatnya cepat aus dan putus.

Begitu sebaliknya bila rantai tanpa pelumas justru membuatnya mudah sekali berkarat dan yang lebih parahnya lagi akan mengeluarkan bunyi kletek kletek saat motor berjalan. Bunyi tek tek pada rantai ini disebabkan karena rantai motor kering dan bergesekan dengan gear.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Jadi biar rantai awet dan tidak mudah kotor gukanlah chain lube untuk melupasi rantai motor anda. Hargannya sendiri cukup murah kok hanya dengan 35rb kita sudah mendapatkanya dengan ukuran 150 ml.

Apakah rantai motor yang penuh oli dan berkarat dapat dibersihkan dengan mudah ?

Kebetulan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara membersihkan rantai motor dengan sunlight dan runtu cara ini dapat mengusir noda oli serta karat yang cukup menganggu penampilan komponen motor anda. Tak perlu panjang lebar dibawah ini merupakan real pengalaman pribadi yang sudah saya aplikasikan sebulan sekali dalam hal merawat motor.

Terlebih dahulu anda harus menyiapkan peralatan dan bahan seperti :
  • Sikat gigi/kuas cxat ukuran kecil yang sudah dipotong ujung nya
  • Sabun cuci piring sunlight
  • Bensin atau pertalite pertamax dan
  • 2 wadah kecil bisa mangkok bekas kaleng bekas atau botol air minum bekas(untuk wadah bensin dan sunlight)
Pastikan motor diparkir ditempat yang teduh dan dalam kondisi standar tengah. Bila anda melakukanya didalam ruangan atau dalam rumah sebaiknya lapisi lantai dengan kardus bekas agar tidak kotor.

 Baca juga Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight

Tuangkan bensin ke wadah yang sudah disediakan kemudian oleskan pakai sikat atau kuas cat secara merata pada permukaan rantai sembari digosok berulang-ulang agar bekas oli meluntur. Sobat bisa menggerakkan ban belakang maju mundur untuk menyikat rantau pakai bensin. Tujuan menyikat dengan bensin ini adalah untuk merontokan noda debu dan oli yang menempel pada rantai. Bila hanya dengan menggunakan air dan sabun saja maka akan percuma.

Selain itu, bensin juga bisa merontokkan noda kerak yang menempel pad rantgai serta gear. Biar lebih maksimal bersihkan dan gosok rantai secara terliti serta bagian gear nya juga.

Baca juga Cara Mengecat Mesin Motor Yang Bagus Dengan Pilox 

Catatatn : Karena bensin sifatnya cepat menguap, jadi lakukan tahap ini sedikit cepat agar bisa menghemat bensin.

Setelah tahap membersihkan dengan bensin selesai, baru tahab berikutnya adalah dengan mencuci rantai tersebut untuk menghilangkan sisa bensin dan noda oli yang masih melekat. Sobat cukup bermodalkan 2ribu perak untuk membeli sunlight diwarung terdekat untuk mdembersihkanya.

Tuangkan Sunlight secukupnya ke dalam wadah dan beri sedikit air dan aduk hingga menyatu dan mengelurkan sedikit busa.

Oleskan sabun sunlight ke bagian rantai serta pada gear depan dan belakang dengan dibarengi menggosoknya pakai sikat secara berulang kali mulai dari bagian atas bawah serta bagian samping. Bila bekas bensin masih sulit hilang gosokkan kembali sunlight dengan sikat hingga seluruh bagian rantai bersih seperti baru kembali. Tidak ada salahnya sesekali anda mengoleskan sabun cuci piring biar ampuh mengusir noda.

Bila tahap diatas dirasa sudah selesai, kita tinggal melakukan tahap akhir yakni mencuci atau membilasnya pakai air hingga bersih. Dan lihatlah asilnya rantai yang awalnya terlihat kumuh penuh oli kini kembali bersih seperti baru kembali.

Selain menghilangkan noda oli dan karat membersihkan rantai motor dengan sunlight juga menghilangkan pelumas rantai yang membuatnya terlihat kering jadi, setelah tahap pembersihan sudah selesai gunakan chain lube untuk melumasinya atau sebagai alternatif sobat juga bisa menggunakan oli mesin jahit yang harnya lebih murah. Karena oli mesin jahit ini bentuknya bening jadi tidak membuat rantai kotor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel