Teknik Yang Benar Cara mengatasi Clear Kulit Jeruk


Cara mengatasi clear kulit jeruk - Bekerja menjadi seorang tukang cat memanglah tidak mudah. Memang sih bila diamati kerja tingal semprat semprot sana sini dan langsung dibayar dengan gaji yang tinggi. Namun pernyataan tersebut salah besar, sama halnya dengan pekerjaan lain menjadi seorang tukang cat baik untuk pemula maupun senior pasti pernah mengalami kegagalan saat melakukan pengecatan.



Sebenarnya banyak sekali kegagalan atau resiko saat mengecat baik itu cat mobil maupun motor karena ke duanya menggunakan matrial bahan yang sama. Sebut saja seperti cat kriting, clear coat meleleh, dan hasil clear coat seperti kulit jeruk yang kurang sedap saat dipandang mata.

Bagi para melula tentu akan kebingungan saat mengalami salah satu masalah yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Begitu sebaliknya bila sudah berpengalaman atau sudah senior masalah masalah tersebut mudah sekali teratasi baik itu cat kriting, kulit jeruk, ataupun cear meleleh.

Baca juga Cara Gampang Menghilangkan Cat Yang Mengkerut

Sebenarnya semua kendala atau masalah tersebut di suryadidik.com sudah ada tips atau trik cara mengatasinya. Dan untuk saat ini kami akan membuat turtorial bagaimana cara mengatasi clear kulit jeruk.

Penyebab cat kulit jeruk sendiri ini disebabkan karena teknik penyemprotan clear yang kurang pas. Cara yang benar adalah pada lapisan pertama mixing clear dan thiner+hardener sedikit kendal namun jangan terlalu kendal. Tujuan dibuat sedikit kental ini dalah biar clear cepat nutup dan tebal. Baru untuk lapisan clear ke 2 dan ke 3 dibau sedikit encer. mengapa demikian ?

Membuat adonan clear sedikit encer ketimbang yang pertama adalah untuk menghaluskan clear coat karena saat lapisan pertama sedikit kental jadi hasilnya nanti akan seperti kulit jeruk. Nah tujuan membuat adonan yang encer ini untuk menutup atau meratakan lapisan pertama sehingga bila sudah kering tidak terlihat seperti kulit jeruk.

Baca juga Ini Lah Dia Tips Mudah Menghilangkan Clear Atau Pernis Yang Leleh

Setelah mengetagui beberpa faktor penyebabnya, dibawaj ini adalah sulusi atau cara mengatasinya :

Pastikan terlebih dahuli celar sudah dalam kondisi kering untuk melakukan tahap pengamplasan. Biasanya clear akan mengering keras kurung waktu 8-12 jam. Sobat disini perlu amplas paling halus yakni nomor 2000, untuk satu mobil ke kelas avanza sih butuh 4-5 lembar amplas(tergantung tingkat kekerasan clear).

 Baca juga Penyebab Cat Mobil Bergelembung dan Cara mengatasinya

Tahap pengamplasan pernis yang benar adalah dengan mengamplasnya hingga warnanya ngedoff atau sampai halus merata. Bengini mangsudnya, sebelum diamplas clear kan mengkilap, bila sudah diamplas nanti akan berubah menjadi doff. Jadi jangan kaget bila melihat perubahan ini, namun tenang, untuk mengembalikan kilapnya sobat bisa melakukan tahap pemolesan memakai kompon putih.

Apa ngak ngerusak lapisan cat teknik tersebut ? Tenang, pengamplasan disini memakai amplas yang sangat halus jadi bila sudah dipoles maka bekas amplasan tersebut akan menghilang

Ok temen-temen cara mengatasi clear kulit jeruk diatas merupakan serangkaian tahap pengecatan mobil. Selain menghilangkan cat njeruk, proses pengamplasan clear coat juga akan membuat cat lebih terlihhat original, halus, serta membuat tampilan cat lebih kiclong.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel