Urutan Cara Mengecat Rangka Motor Dengan Pilox Agar Awet


Cara Mengecat Rangka Motor Dengan Pilox -Tidak hanya mengganti komponen dan melakukan proses chrome. Di dalam dunia modifikasi khususnya pagi pemuda pengecatan ulang body motor merupakan suatu pilihan biar cat motor serasi dengan komponen lain yang dibuah misal diubah jadi custem. Tidak dipungkiri saat ini banyak sekali tukang cat dadakan yang menawarkan jasa pengecatan motor dengan variasi harga yang berbeda-beda.


Tidak hanya pada body merubah warna rangka motor juga dilakukan sebagai penyegaran tampilan si kuda besi. Bahkan ada yang rela merogoh kocek sangat dalam untuk melakukan airburs biar motor jadi terlihat ngejreng.

Ada 2 cara yang bisa ditempuh untuk melakukan perubahan warna pada motor yakni dengan menggunakan cat kompresor dan bisa memakai cat semprot. Jika ditanya bagusan mana hasilnya tentu hasilnya akan bagus menggunakan cat kompresor. Karena tekanan angin yang dikeluarkan oleh kompresor lebih kencang dan stabil ketimbang angin yang ada didalam cat kaleng.

Baca juga Turtorial Cara Yang Benar Mengecat Warna Merah Doff 

Dengan kualitas cat yang lebih apik tentu kita juga perlu budget yang agak mahal karena seperti yang kita ketahui bila mengecat body motor dengan kompresor kita harus mencampur sendiri cat dengan thiner. Jadi kita harus membeli 2 bahan yakni cat itu sendiri dan pelarutnya thiner.

Namun tenang sob saat ini ada cat semprot pilox yang hasil catnya hampir sama dengan menggunakan kompresor dan yang pasti harganya pas dikantong lah khususnya buat anak sekolahan. Gambar diatas merupakan salah satu contoh hasil karya tangan saya menggunakan cat semprot.

Biar sobat juga bisa menghasilkan karya seni tangan seperti saya, berikut adalah urutan dari proses awal hingga finishing bagaimana cara mengecat rangka motor dengan pilox :

Tentu tahap awal sobat harus membersihkan sasis tersebut dari noda yang menempel mulai dari oli karat dan jamur yang sudah lama menempel. Untuk memudahkan tahap pembersihkan sebaiknya lepas semua komponen yang menempel pada rangka mulai dari dek, roda, blok mesin serta tangki. Pokoknya hanya tinggal rangka doang.

Baca juga Cara Mengecat Chrome Sendiri Agar Tidak Mengelupas

Melepas semua komponen yang menempel pada rangka juga bermaksud untuk menghindari cat menempel pada blok mesin atau lainya. Tentu bila ada noda cat yang menempel akan membuat hasil pengecatan terkesan kuran rajin dan yang pasti akan kurang enak dipandang mata.

kembali ke tahap pembersihan, bia ada noda oli yang cukup banyak menempel sobat dengan mudah bisa menghilangkanya pakai solar maupun bensin setelah bersih cuci kembali pakai sabun untuk menghilangkan solar maupun bensin yang masih menempel.

Berikutnya sobat bisa mengamplas seluruh rangka pakai amplas nomor 360/400 sob biar semua jamur dan noda yang menempel hilang. Sebaiknya biar makin bersih ni ya oleskan sabun colek saat mengamplasnya kemudian keringkan bisa dijemur pakai panas matahari maupun dikeringkan pakai lap kanebo atau lap yang kering sudah cukup.

Baca juga Turtorial Cara Cat Merah Candy Tone Yang Benar

Setelah bersih dan tidak ada air yang melekat, sobat bisa langsung menyemprotkan cat hingga rata tergantung varian warna yang diinginkan. Nah ini dia biar hasil catnya cetar membahana sobat bisa menggunakan cat semprot merk samurai paint yang sudah terbukti hasilnya. Untuk harga per kaleng sih bagi saya sangatlah terjangkau sekitar 30-40 rb tergantung varian warna.

Bila sobat menginginkan warna merah/putih, terlebih dahulu rangka harus dicat dasar warna putih hingga tertutup rata.

Apa ngak di lakukan tahap epoxy terlebih dahulu sebelum dicat ? Sebenarnya tanpa perlu dilapisi poxy terlebih dahulu sih ngak masalah cat tetep nempel dan awet, asalkan pada saat kita mengamplas tadi memang benar-benar bersih. Saya sendiri kalau ngecat sih jangan banget melapisinya dengan poxy terlebih dahulu kecuali saat mengecat blok mesin dan mengecat crome.

Teknik mengecat rangka motor yang benar adalah menyemprotkan nya secara tips tipis terlebih dahulu semua bidang, kemudian lapisi cat kembali begitu seterusnya hingga nutup. Bila penyemprotan langsung tembal, hasil cat akan terliat menggumbal layaknya kulit jeruk. Saya sendiri sih kalau ngecat cukup 3-4 lapis sudah nutup kok.

Biar hasil catnya makin kinclong, halus dan awet sobat bisa melapisinya pakai clear coat kalengan. Sama halnya dengan yang diatas proses clear pon demikian harus tipis terlebih dahulu.

Catatan : Terkadang bagian yang terlewatkan saat proses cat adalah bagian bawahh rangka serta bagian sudut lainya. Jadi saat proses proses pengecat amati dan cek awakan semua bagian sudah terlapis cat dengan rata atau belum.

Mungkin bagi temen temen yang baru awal atau pemula, cara mengecat rangka motor dengan pilox sedikit kaku. Sehingga untuk meminimalisir kesalahan seperti cat atau clear meleleh, lakukanlah langkah-langkah yang sudah tak jelaskan diatas secara perlahan namun pasti dan janganlah terlalu terburu-buru. Bila ada ketidak pahaman turtorial diatas, sobat bisa melakukan tanya jawab dikolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel