Penting !! Cara Mengeringkan Cat PU Tanpa Oven


Cara mengeringkan cat Pu tanpa oven - Mungkin saat ini anda merasa gundah dengan bagaimana cara mengecat dengan peralatan yang minim bahkan menggunakan semprotan obat nyamuk karena tidak memiliki kompresor dan spet cat apalagi tempat untuk mengoven agar cepat mengering kalaupun ada mungkin dari panas matahari langsung. Hehee

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut ada dua jenis bahan dasar cat yang bisa dipakai mengecat mobil motor atau perkakas lainya. Pertama adalah NC atau (Nitro Cellulose) dan yang kedua adalah PU (Poly Uretane) lebih sering disebut dengan cat bakar. Untuk harga jualnya cat bakar lebih bahal pahkan bisa mencapai 2 sampai 3 kali lipat harga cat NC/biasa.


Cat NC sendiri lebih sering dipakai untuk mengecat mobil-mobil sederhana seperti angkotan kota atau kendaraan pengangkut barang. Sementara PU lebih ke kendaraan mewah seperti mobil pribadi jenis sedan atau MPV.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear 

Bahan Dasar NC

Merupakan cat murah yang memiliki beberapa kelemahan, antara lain kurangnya daya kilap, mudah pudar serta cat terlihat pucat/kurang ngejreng. Kekurangan lainya adalah lamanya proses pengeringan baik untuk jenis cat, thiner atau clear coat NC.

Bahan Dasar PU

Seperti yang sudah ditulis diatas lebih berkualitas dan memiliki harga yang mahal. Cat PU juga biasa disebut cat oven karena proses pengeringan nya memerlukan alat pemanas. Namun seiring dengan kemajuan dunia perbengkelan untuk mengeringkan Cat atau Clear coat PU bisa kering derngan sendirinya diruang terbuka asalkan tidak terkena air hujan. Bahkan meski ditempat terbuka dapat mengering keras dalam jangka waktu 5-6 jam.

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super 

Selain memiliki daya kering cepat tanpa mesin oven bahan PU mempunyai beberpa kelebihan diantaranya lebih mengkilap, tingkat ketajaman warna tinggi, banyak pilihan warna dan yang pasti lebih awet. Cat PU banyak dipakai mobil ori buatan pabrik yang dapat bertahan hingga bertahun-tahun.


Lalu apakah clear coat PU bisa mengering tanpa oven ?? Tak perlu cemas karena jika kita membeli clear coat akan satu paket dengan obat pengering atau disebut dengan hardenner. Tanpa mencampurkan hardenner ini maka clear coat tidak bisa mengering bahkan dalam hitungan hari.

Baca juga Mengenal Perbedaan Cat Solid, Metalik dan Putih Mutiara 

Jika ingin mempercepat waktu pngeringan anda dapat menggunakan clear autoglow yang memanag sudah terbukti akan kualitasnya, bahkan 2 jam sudah kerng. Sangat instan bagi kendaraan yang memiliki jam terbang padat.

Jadi anda tak perlu binggun bagaimana cara mengeringkan cat PU tanpa oven, cukup mengecat diruang terbuka juga akan mengering dengan sendirinya. Yang perli dingat adalah jangan mengecat disaat hujan. Bila cat yang masih basah terkena percikan air akan meninggalkan bekas yang sulit hilangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas