Cara Mengecat Motor Warna Bunglon Dengan Pilox Samurai


Cara mengecat warna bunglon dengan pilox Samurai - Membahas cat tentu banyak sekali jenis dan macam nya. Dimulai dari cat candy tone, metalic, solid, warna mutiara, seralic dan yang lagi viral cat 3D/bunglon. Bagai Pemula mungkin yang ingin belajar mengecet mungkin merasa binggung bagaimana cara pengaplikasianya, bahkan ada yang merasa gagal karena salah memberi warna cat dasar.

Tak hanya memakai kompresor atau spraygun, pekerjaan mengecat juga bisa menggunakan semprotan obat nyamuk yang hasilnya juga tak mau kalah. Metode lainya adalah memakai cat pilox sangat praktis tinggal kocok dan pencet dengan harga yang pas dikantong anak sekolah.

Salah satu cat kelang yang menyediakan warna bunglon(khameleon) adalah pilox samurai yang memberi 3 sampai 5 bentuk warna yang dapat berubah-ubah jika dilihat dari sudut pandang manapun. Warna 3D semakin jelas terlihat jika terpapar matahari atau terkena sorotan lampu saat malam hari.


Mungkin saat ini anda bertanya-tanya bagaimana cara mengecat warna bunglon karena tak sedikit yang merasa gagal saat mencoba pengecatan ahasil tampilanya tidak dapat berubah-ubah saat dipandang diberbagai sisi. Jika gagal tentu kita akan rugi waktu bahkan rugi matrial dan yang paling fatal adalah bila dicat ulang dapat berakibat cat kriting atau ngangkat.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor 

Biar ngak pada kepo tebak sana sini mending anda membaca langkah-langkah cara mengcat motor warna bunglon dari awal sampai finishing.

Pertama, lepas bidang yang akan diwarnai, misal jika dek/body lebih baik lepas dari motor. Pengecatan yang menempel pada kendaraan justru membuat bagian lainya kasar.
Selanjutnya ampla bidang yang akan dicat pakai amplas kertas nomor 1500, pakai sabun ya bro biar minyak dan noda oli yang nempel hilang. Pengamplasan dapat dihentikan jika warna cat sudah buram atau jadi doff. Kemudian anda bisa mengeringkanya.
Sebelum dicat sebaiknya anda melapisinya dengan epoxy filler terlebih dahulu terutama pada body kulit jeruk, seperti yang kita ketahui dek kulit jeruk memiliki kandungan minyak yang retan mengelupas jika langsung dicat.


    Lanjut ke tahap cat dasar memakai warna hitam doff. Pastikan seluruh objek tertutup rata black dof , Cat dasar yang kurang rata dapat mengurangi warna 3 dimensi dalam cat. Selanjutnya tunggu hingga mengering(10-20 menit) untuk siap diamplas, cat yang sudah kering ditandai jika dipegang tidak meninggalkan bekas sidik jari tangan.


    Ukuran amplas untuk mengamplas cat dasar(undercoat) adalah memamkai nomor 2000/1500 biar hasilnya halus. Mengamplas cat dasar pun jangan main asal, cukup diamplas sedikit saja menghilangkan partikel debu yang ikut menempel.

    Baca juga Cara Sederhana Membuat Spray Gun Cat Sendiri 

    Pastikan lapisan undercoat kering dan halus, untuk kita naik ke steep lapisan warna akhir khameleon bunglon. Oh samurai paint memiliki 7 pilihan warna 3Dimensi diantaranya #500,  #T401, 901, T808, T800, T600 dan #T501.

    Cara mengaplikasikanya sama halnya dengan mengecat warna lainya, cukup semprotkan secara tipis-tipis sampai tertutup rata sebanyak 3x lapisan dan memberi waktu jeda pada setiap lapisan yang sebelumnya cat kaleng sudah dikocok. Pengecatan yang terlalu tebal justru membuat warna cat terlihat menumpuk bahkan berakibat cat meleleh.



    Biar makin mantep serta membuatnaya awet dan mengkilap tahap akhir mengecat motor adalah penyemprotan clear coat. Bagi yang belum tahu warna clear ini netral lo bro alias bening layaknya air dan terasa lengket saat terkena tangan.

    Baca juga Cara Menghilangkan Cat Yang Menempel Pada Body Motor 

    Untuk urusan clear bisa memakai produk samurai panit dengan kode #128 dan #128a untuk efek dof. Jika anda pemula tahap finishing ini menentukan hasil pekerjaaan, jadi biar ngak kecolongan(clear coat leleh) sebaiknya semprotkan secara tipis-tips dan ulangi kembali bila lapisan pertama setengah kering. Intinya sama halnya saat tahap pengecatan tadi, tindakan yang terburu-buru jutru bisa merugikan anda


    Biar makin mantep anda bisa mempolesnya jika clear coat sudah mengering memakai kompn putih. langkah pemolesan dengan kompon putih ini memiliki fungsi menghaluskan permukaan clear yang kasar akibat partikel debu serta mengurangi efek kulit jeruk.

    Inti artikel cara mengecat motor warna bunglon dengan pilox samurai atau merk lain adalah pada warna cat dasar yang wajib hitam dof(black doff), selain warna tesebut warna chameleon tidak dapat keluar bahkan bisa dikatakan bekerjaan anda gagal.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    bengkel cat mobil murah berkualitas