Mengenal Perbedaan Cat Solid, Metalik dan Putih Mutiara


Perbedaan cat solid, metalik dan putih mutiara - Cat merupakan benda cair yang dipakai untuk melapisi suatu bidang agar lebih terlihat menarik. Tidak hanya satu macam cat memiliki puihan juta warna yang banyak diaplikasikan pada rumah, kayu, genting serta mobil dan motor. Bahkan seiring kemajuanya saat ini banyak sekali cat anti karat yang sangat cocok diaplikasikan pada lantai maupun sasis mobil.


Meski memiliki banyak pilihan warna, namun cat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu warn solid metalik dan putih seralik. Ketiganya memiliki kelebihan serta kekuranganya baik dari segi pewrawatan maupun saat diaplikasikan dengan spargyun kompresor.

Umumnya warna solid banyak diaplikasikan pada mobil dan motor kawakan atau klasik tahun 90.an yang memiliki nilai tersendiri bagi pengendaraanya. Namun ada juga beberapa juga mobil keluaran terbaru memakai cat solid pada tipe tertentu seperti Toyota Agya, Ayla maupun Honda Brio.

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super 

Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberpa perbedaan cat solid, metalik dan putih mutiara dibawa ini yang sudah saya rangkai dengan bahasa yang ringan agar mudah dipahami.



CAT METALIK

Metalik merupakan warna cat yang saat ini banyak dipakai pada mobil maupun motor keluaran terbaru. Cat metalik memiliki pilihan warna yang sangat bervariasi bahkan memiliki efek kilau yang lebih mengkilap terutama saat terkena pancaran matahari.

Ciri lainya adalah adanya aluminium ground halus didalam lapisan cat. Butiran halus ini akan jelas terlihat ketika terkena sinar matahari yang berkesan lebih elegan.

Baca juga Perbedaan Kompon Putih dan Kompon Merah Yang Harus diketahui 

Namun tahukah kamu, cara cat warna metalik pun butuh trik khusus agar mendapatkan kualitas cat yang halus dan warna metalik terlihat. Lalu bagaimana triknya ??

Begini, ketika anda mixing cat gunakan thiner super dan tambahkan sedikit thiner PU aduk hingga ketiga bahan menyatu dan siap diaplikasian dengan spraygun secara tipis-tipis hingga rata.



CAT SOLID

Seperti yang sudah di singgung diatas jenis cat solid banyak dipakai pada mobil atau motor kawakan yang memiliki pilihan warna terbatas. Perbedaan yang jelas terlihat adalah tidak adanya butiran halus dalam lapisan cat yang cenderung lebih polos. Sedangkan untuk tingkat kecerahanya masih kalah dengan warna metalik.

Sedangkan untuk harga jualnya lebih murah ketimbang cat metalik maupun warna putih mutiara(White Pearl).

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler 

Dari ketiga jenis cat warna solid lebih mudah diaplikasan tanpa memerlukan trik khusus, cukup gunakan tiner super dan siap untuk diaplikasikan. Untuk menambah daya kilapnya anda bisa menggunakan clear coat blinken atau pakai autoglow.


CAT PUTIH MUTIARA (White Pearl)

Untuk jenis yang ketiga dapat dikatakan jenis cat yang banyak dipakai pada mobil keluaran terbaru seperti Honda Jazz, Mitsubisi Xpander, Pajero Sport dan yang lainya. Jika sepeda motor sering kita jumpai pada Honda beat, PCX dan Yamaha Nmax.

Seperti namanya cat white pearl hanya ada satu macam yaitu warna putih. Dari berbagai macam cat warna putih mutiara tergolong paling mahal bisa mencapai 2 kali lipat dengan cat biasa.

Bahkan cara mengecat warna putih mutiara lebih sulit ketimbang cat metalik, tak sedikit yang mengalami kegagalan kususnya untuk pemula akibat minimnya pengetahuan. Jadi sebaiknya baca petunjuk pengguaanya terlebih dahulu.

Selain diatas sebenarnya masih ada jenis lain yaitu cat Candy. Mengecat warna candy juga memiliki tingkan kesulitan tersendiri karena warna cat yang bening dan susah nutup. Penggunaan warna cat dasar yang keliru saja dapat berdampak langsung dengan hasil pekerjaan anda.

Oke dulur, diatas merupakan sedikit penjelasan singkat beberapa perbedaan cat solid, metalik dan putih mutiara. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas