Awas..!! Perbedaan Thinner PU dan NC Yang Wajib Diketahui


Perbedaan Thinner PU dan Thinner NC - Fungsi thinner merubahan bahan cair seperti air bersifat mudah terbakar yang difungsikan sebagai bahan pelarut cat, epoxy dan clear coat. Dalam dunia pengecatan khususnya pada mobil dan motor, thiner dibedakan menjadi dua jenis yaitu thinner NC (Nitrocellulose) dan PU (Polyurethane) atau sering disebut tiner bakar.

Bagi yang belum tahu mungkin sudah salah kaprah dalam penggunaanya dan hal tersebut langsung berdampak hasil pengecatan bahkan dapat menyebabkan cat duco kriting. Karena namanya sudah berbeda tentu akan beda pula penggunaanya meski keduanya dapat digunakan untuk campuran cat maupun pelarut clear coat.


Dipasaran thinner NC dibedakan menjadi 4 jenis mulai thiner A, super, thinner HG dan ND yang fungsinya pun juga berbeda. Thinner A digunakan sebagai pelarut cat dasar dan epoxy. Sedangkan thinner super, HG dan ND untuk campuran cat jadi. Mungkin saat ini anda binggung apa beda thinner nd dan hg, perbedaanya jelas terliat saat diaplikasikan pada cat. Meski memiliki memiliki fungsi yang sama pengguaan thiner HG memiliki hasil yang lebih halus ketimbang ND.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Lantas apa perbedaan thinner PU dan NC ??

Seperti yang sudah saya singung diatas perbedaanya sangat jelas dalam hal penggunaan. Fungsi thiner PU adalah untuk melarutkan clear coat. Meski thiner NC juga bisa buat ngeclear namun hasilnya kurang begitu maksimal bahkan dapat menjadi penyebab cat cepat kusam.

Selain menambah daya kilap, penggunaan thiner bakar juga mempercepat proses pengeringan clear coat meski tanpa ruang oven. Dibutuhkan waktu 6 jam untuk siap dipoles.

Thinner PU sendiri dijual dalam berbagai merk mulai dari tinner Autoglow, Sikkens, Autobright,  Tanury, Daimon dan Dakar. 

Baca juga Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Clear Kulit Jeruk Pada Cat Baru 

Begitu sebaliknya fungsi thinner NC adalah sebagai pelarut cat dan epoxy primer maupun filler. Namun tahukah kamu penggunaan thiner NC saja tidak cukup, untuk mendapatkan hasil cat yang halus anda perlu mencampurkan sedikit thiner PU. Pemberian sedikit thinner bakar juga bertujuan agar butiran pada warna metalic dapat keluar.

Sebagai pengalaman pribadi dulu pernah menggunakan 100% tiner pu untuk mixing cat dan hasilnya saat ditimpa clear coat justru cat malah kriting atau ngangkat. Jadi beri 10% saja sebagai campuran saat mixing cat.

Dengan mengetahui perbedaan thinner PU dan NC setidaknya anda sudah tahu bahan mana yang akan digunakan. Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan kali ini, jika masih ada kebinggungan janganlah sumkan bertanya dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas