Awas Keliru.!!! Cara Yang Benar Menggunakan Spray gun Meiji F75


cara menggunakan spray gun meiji f75 tidaklah berbeda dengan spet merk lainya atau dengan spaygun f100 tabung atas, hanya saja bagi pemula mungkin akan merasa canggung baik cara menyetting tekanan udara atau bagaimana jarak ideal saat dipakai.

Spray gun merupakan alat sejuta umat yang wajib dimiliki khususnya bagi tukang cat mobil, motor maupun melamin kayu. Fungsi benda ini adalah untuk menyemburkan cat pada suatu bidang menggunakan udara bertekanan dari kompresor. Spray gun dibedakan menjadi dua jenis yakni tabung atas dan tabung bawah yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Prinsip kerja spray gun adalah apabila udara bertekanan dikeluarkan maka cat yang keluar dari nozzel akan dikabutkan. Meski menggunakan sparay merk ternama seperti meiji, tekiro maupun sagola jika setingaan antara udara dan jumlah cat yang keluar kurang pass semburan cat pun menjadi kurang halus bahkan dapat menyebabkan cat kulit jeruk.


1. Cara Menggunakan Spray gun meiji F75


Berikut adalah urutan cara memakai spray gun yang benar dan bagaimana cara merawatnya :

  • Cek kondisi Spray
Sebelun digunakan cek kondisi fisiknya kususnya pada tabung menyimpanan cat bagian dalam, jika terdapat kotoran atau sisa cat yang masih menempel cuci terlebih dahulu menggunakan kain bersih. Begitupun pada bagian lubang nozzel jika kotor atau tersumbat anda dapat menghilangkanya terlebih dahulu.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

  • Jarak Spray Gun

 

Selanjutnya anda dapat mengukur jarak ujung spray dengan bidang yang akan dicat, apabila terlalu dekat akan menghasilkan cat yang mengumpal bahkan bakan dapat berakibat cat meleleh. Sebaliknya jika terlalu jauh bisa menyababkan cat kasar dan tipis. Jarak idealnya adalah 100 hingga 200 mm atau kira-kira satu jengkel tangan dewasa.

Sedangkan sudut spray gun dengan permukaan adalah 90 derajat, Spray gun harus dipegang dengan jarak yang sama selama proses pengecatan untuk mendapatkan hasil cat yang rata. Jarak yang kurang stabil justru membuat cat tebal tipas bahkan menjadi penyebab cat belang.

  • Kecepatan/Speed
Saat mengayunkan spraygun tingkat kecepatanya perlu diperhatikan, gerakan yang terlalu cepat justru membuat cat menempel kurang rata bahkan banyak yang terbuang terbawa angin. Bigitupun juga bila terlalu lambat cat rawan meleleh terutama saat proses clear coat. Sepele sih namun steep cara memakai spray gun tabung atas ke 3 ini perlu diperhatikan.

Baca juga Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Clear Kulit Jeruk Pada Cat Baru
  • Teknik Mengecat


Untuk menghindari cat belang tumpang tindih cat perlu diperhatikan.  Pada lapisan awal semprtokan cat secara tipis hingga merata, tunggu sejenak untuk mengulanginya kembali. Sebelum ditumpangi cat kembali anda dapat mengamatinya apakah ada permukaan cat yang ngangkat atau keriting, jika ada anda bisa mengatasinya terlebih dahulu.

Namun jika tidak ada kendala anda bisa menyiramkan cat kembali sampai rata dengan jarak spraygun yang masih stabil. Setekah benar-benar rata anda bisa menuju proses clear coat.

Yang terpenting adalah tutup rapat bidang yang tidak dicat menggunakan koran atau plastik agar tidak kasar terkena debu cat.

2. Cara Merawat Spray Gun Agar Tidak Mampet


Bair tetap awet dan berfungsi dengan semestinya spray gun perlu dirawat terutama saat habis dipakai. Tak sedikit diluar sana yang mengeluhkan nozzel mapet akibat tersumbat kerak cat  mapun poxy yang mengering.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Duco Retak Seribu
  • Setelah digunakan kosongkan tabung spray gun dari sisa cat atau clear coat. Cuci tabung penyimpan cat menggunakan thinner A atau jenis thiner berulang kali. 
  • Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian dalam serta pada lubang nozell berulang kali hingga yang keluar warna thiner bening tidak tercampur warna cat yang sudah dipakai.
  • Biar sedap dipandang bersihkan bagian luar/casing spraygun, anda dapat memakai lap dan memberi sedikit thiner untuk mengelapnya.
  • Jika sudah selesai penempatanya pun perlu diperhatikan, buka tutup tabung spray gun dan dalam kondisi terbalik agar sisa cat dan thiner yang masih ada di dalam netes kebawah/keluar.
  • Terakhir jangan membiasakan merendam komponen spray gun dengan tiner, tindakan ini justru menyebakan beberapa seal rapuh/getas yang berdampak kebocoran pada spet.

 3. Cara Memilih Spray Gun Yang Berkuaitas

Pilihlah spray gun sesuai dengan kekuatan angin kompresor, semakain besar tipe spray gun dan nozeel nya dipakai semakin besar juga tekanan angin yang dibutuhkan. Jika hanya untuk mengecat body motor cukup gunakan meiji tipe R2 dan F75 untuk mengecat mobil gunakan nozzel besar lubang 6. Tetap diperlukan untuk menghilangkan goresan atau tambal sulam memakai nozzel kecil lubang 4 sudah cukup.

Demikanlah ulasan artikel cara menggunakan spray gun meiji F75 tabung atas, pemakian yang tetap tentu akan ada rasa kepuasan tersendiri serta memperpanjang usia peralatan cat anda. Jadi jangan malas untuk merawatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas