Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula


Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula - Haloo dulur.. Spraygun merupakan alat yang wajib dimiliki bagi pekerja body repair baik saat mengecat mobil atau sebatas melamin kayu. Fungsi kerjanya sendiri memakai angin bertekanan dari kompresor untuk menyemprotkan cat dari tabung penyimpanan. Bila angin kurang kenjang justru menghasilkan cat lebih kasar atau sering disebut tekstur kulit jeruk.

Spray gun atau sering disebut spet cat memiliki 2 tipe yakni tabung atas dan bawah, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikat wang wajib dipelajari khususnya untuk pemula.  Untuk tabung atas saat ini ada yang memakai teknologi HVLP yang hasilnya lebih bagus.

Tipe spray gun yang banyak dipakai adalah tabung atas termasuk saya sendiri, baik saat negcat atau clear coat. Meski tidak brand ternama jika pintar menyetingnya semburan cat yang dihasilkan tak kalah dengan merk ternama, misal meiji atau sagola. Namun sebaliknya meski memakai spray gun harga mahal sekalipun bisa settinganya kurang pas sempuran cat yang dikeluarkan justru kasar/tidak bisa dikabutkan.

Nah bagi dulur yang saat ini pengen belajar mengecat tidak ada salahnya untuk mengetahu beberapa Merk spray gun yang bagus dan murah, bisa diapliaksikan untuk mobil atau motor. Untuk pemula sih saya sarankan pakai F75 ya, lebih harga jualnya pun berkisar 200 ribaun. Meski murah bila mahir mengaplikasikan hasilnya pun tak kalah dengan bengkel profesional.

Jenis Spray Gun dan Harganya Untuk Pemula

  •  Kairos  SGL F75

Urutan pertama ini justru spray gun yang masuk ke daftar peralatan mengecat kami, bahkan masih saya pakai baik untuk proses penyemprotan cat dasar atau clear coat. Meski harganya tidak begitu mahal semburan cat yang keluar dari spray gun lebih halus layaknya kabut. 7 bulan yang lalu saya membelinya seharga 180rb ditoko cat terdekat, mungkin kalau beli online agak murah ya.

Baca juga Woow... Ternyata Ini Perbedaan Spray Gun K3 dan K3A 

Sedangkan untuk spesifikasi dilengkapi tabng dengan volume 400 cc, cukup untuk mengecat 2 panel pintu mobil. Dengan kekuatan tekanan udara yang pas 2.5-4.5 kfg atau bisa dipakai meski memakai kompresor ukuran kecil dengan kapasitas tekanan angin 8 bar.

  • Shogun
Berikutnya ada spray gun shogun. Meski harganya berkisar 150rb an sembran cat yang dihasilkan juga cukup bagus lah ya, bisa dipakai untuk mengecat motor dan mobil. Meski tergolong murah sebenarnya cukup multifungsi ya, bisabuat epoxy, cat dasar, clear coat atau menyemprotkan warna gliter/mutiara pada warna putih. Baca juga Berapa lama Epoxy Kering dan Siap Diamplas


Untuk spesifikasinya dilengkapi tabung atas berkapasitas 400cc  lebar pengecatan 150-200 mm, sedangkan untuk penggunaan cat 160-200 ml/menit dengan mengunakan tekanan udara 3.5 bar/0.35 mpa.

  • H&L

Untuk merk ke dua termasuk spray gun sejuta umat lo masbro, bagaimana tidak baik pemula bahkan meski sudah senior banyak yang menggunakan H&L tipe gravity atau tabung atas.

Meski masuk ke daftar spray gun murah semburan cat yang dikeluarkan dari lubang nozzel lebih halus bisa dikatakan berkabut. Alhasil bila takaran antara thinner dan clear pas anda akan menghasilkan cat lebih halus tanpa terlihat seperti kulit jeruk.

Sama halnya dengan diatas spray gun F75 H&L memiliki tabung penampung cat 400cc dengan diameter nozzel 1.5 mm dan konsumsi udara 4.6-7.1 cfm.

  • Santana
Daftar merk spray gun terbaik yang bisa dipakai pemula dengan budget minim lainya ada santana ya masbro. Awal pertama belajar repair pernah saya pakai dan hasilnya cukup bagus ya, bahkan buat cat ulang mobil full body hasilnya juga memuaskan. Sedangkan untuk hargaya tidak 175rb sudah dapat satu set termasuk sikat pembersih dan kunci untuk bongkar pasang spraygun.


 Nah bagi anda yang saat ini pengen mencoba belajar mengecat sendiri tidak ada salahnya mengikuti jejak saya memakai merk santana. Sementara untuk urusan perawatan cukup mudah ya, tinggal dicuci setelah digunakan untk menjaga spray gun tidak tersumbat. 

Baca juga Mengintip Perbedaan Spray Gun HVLP dan Biasa

Sebenarnya tanpa memakai spray gun brand ternama dari meiji, tekiro atau sagola jika kita sudah mahir menggunakan spraygun hasil yang didapat pun juga ngak mau kalah. Intinya adalah pada saat mempoles cat baru dilakukan dengan benar dan matang untuk menghasilkan cat yang halus tanpa terlihat kulit jeruk.

Itulah beberapa referensi merk spray gun yang bagus dan murah untuk pemula. Untuk menjaganya agar tetap awet, pisahkan spraygun untuk epoxy dan cat. dengan begitu sisa poxy yang masih mengendap tidak ikut terbawa saat dipakai ngecat. Begitupun juga untuk proses clear coat pengguaanya pun perlu disendirikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas