Berapa lama Epoxy Kering dan Siap Diamplas


Berapa lama epoxy kering dan siap diamplas - Poxy merupakan salah satu urutan cat ulang mobil yang ngak boleh terlewatkan. Untuk proses pengerjaanya dilakukan sebelum tahap cat dasar yang dimaksudkan untuk melapisi cat lama yang telah rusak atau untuk menutupi permukaan dempul. Selebihnya berfungsi menghambat timbulnya karat pada permukaan plat.

Epoxy sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yakni primer dan filler, tentu ketuanya memiliki fungsi yang berbeda. Umunya warna epoxy adalah gray atau abu-abu, namun tahukah kamu bahawa poxy memiliki 3 pilihan warna yakni hitam, merah dan gray. Tentu ketiga warna tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Untuk yang warna merah bisa kita pakai bila pengen mengecat warna merah. Mengapa demikian ?? Seperti yang kita tau cat warna merah bersifat bening dan susah sekali nutup, jadi bila kita menggunakan epoxy merah kita bisa menghemat cat dasar tanpa perlu memberi dasaran putih atau hitamdoff terlebih dahulu.

Berbeda dengan cat nya, epoxy warna merah sifatnya cepat nutup bahkan hanya 2 lapis sudah menutupi permukaan dempul secara merata layaknya poxy warna standar serta memiliki hardenner sebagai pemngering.

Sedangkan warna hitam paling pas dipakai bila mobil yang akan direpair warna hitam baik solid maupun metalik.

Terakhir adalah epoxy abu-abu, bisa dikatakan warna gray lebih ke netral atau universal yaa. Jadi  bisa buat warna apa saja misal  hijau, biru abu-abu metalik, putih bahkan merah dan hitam.

Baca juga 5 Merk Poxy Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor

Dari ketiga pilihan warna, abu-abu memang warna yang paling banyak dipakai bengkel body repair karena lebih ke universal atau bisa dipakai semua warna.

Dengan memakai warna poxy yang sama persis dengan cat inti, kita mendapatkandua keuntungan yakni kita menghemat bahan baik untuk cat dasar serta thinner sebagai pelarut. Keuntungan yang kedua adalah dapat mengefisiensi waktu lebih cepat.


Berbeda dengan cat dasar yang sifatnya cepat mengering bahkan tidak sampai 30 menit siap diamplas. Lantas Berapa lama epoxy kering dan siap diamplas ?? 3 jam 4 jam atau 12 jam ??

Baca juga AWAS KELIRU !! Perbedaan Cat Dasar dan Epoxy 

Cepat kering tidaknya epoxy itu tergantung tipe yang digunakan ya masbro, bila memakai jenis PU/bakar tentu proses pengeringanya lebih cepat 1-2 jam meski tanpa mesin oven sudah siap diamplas dan dilapisi cat dasar. Hubungi bengkel body repaire

Berbeda bila kita memakai poxy jenis NC/biasa yang butuh waktu cukup lama bahan 8-10 jam baru kering keras meski cuaca sedang panas in door. Bahkan bisa lama lagi bila takaran epoxy dan hardenner kurang pas.


Bila menginginkan kualiatas cat yang bagus terlihat kencang dan awet, pastikan sebelum naik ke tahap cat dasar poxy dalam keadaan kering keras. Mengapa demikian ??

Baca juga Ukuran Amplas dan Cara Yang Benar Mengamplas Epoxy 

Tak sedikit orang yang melakukan repair secara terburu-buru dengan alasan estimasi waktu karena mobil mau dipakai kembali. Alhasil epoxy yang belum kering sempurna atau hanya kering luar langsung dicat bahkan sudah terlapis clear Coat.

Nah tindakan ini justru dalam waktu dekat membuat cat jadi kusut akibat tidak dapat menempel sempurna. Bila masih agak basah poxy justru meresap lapisan cat yang ditimpa diatasnya.

Oke jadi sudah tahu ya berapa lama epoxy kering dan siap diamplas, tindakan yang tergesa-gesa justru menghasilkan kualitas cat yang kurang maksimal. Bila memang pengen mengefisiensi waktu gunakan poxy PU/bakar, tentu untuk harga agak sedikit mahal ketimbang yang biasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas