Tak Perlu Ganti !! Cara Memperbaiki Spion Mobil Yang Patah


Cara memperbaiki spion mobil yang patah - Hallo dulur.. Berkendara dijalan umum baik rodo 2 maupun 4 tentu tak luput dengan yang namanya resiko. Yaa survai menyatakan resiko paling banyak terjadi kecelakaan adalah di jalan raya. Meski sudah kita sudah hati-hati bila dibelakang atau disisi samping oleng bukan tidak mungkin anda kena imbasnya.

Sempitnya jalan membuat benturan atau senggolan dengan kendaraan lain tak bisa terelakkan terutama saat macet. Pada kondisi seperti ini yang paling rentan terkena imbasnya adalah spion, namun tak menutup kemungkinan bagian lain juga merasakanya.

Letaknya yang menonjol membuatnya paling gampang tersenggol, alhasil spion pun patah bahkan mengalapi keretakan atau pecah pada bagian kaca. Seperti yang kita ketahui spion pada mobil memiliki fungsi yang cukup hial, bagaimana tidak bila komponen ini tidak ada atau rusak mungkin kita akang kebinggungan melihat kondisi dibelakang terutama saat akan belok atau sekedar atret(mundur).

Baca juga 100% Kuat !! Cara Memperbaiki Dudukan Spion Mobil Yang Patah 

Mobil setidaknya dilengkapi 3 spion yakni dibagian kanan kiri dan sisi dalam kabin bagian tengah. Bila salah satu tidak berfungsi dengan semestinya akibat rusak, ibarat kita berjalan dengan satu mata tertutup yang tidak bisa melihat kesamping secara normal.

Jika sudah rusak tentu kita perlu menggantinya, karena mengingat fungsinya yang cukup peting bagi si pengendara mapun orang lain. Meski memiliki ukuran kecil pada tipe mobil tertentu harganya bisa 2 jutaan untuk satu spion yang sudah memakai teknologi electrik spion.

Bila ingin lebih berhemat sebenarnya spion yang patah masih kita perbaiki, bahkan tanpa membawanya kebengkel. Nah untuk lebih jelasnya kali ini saya memberikan turtorial bagaimana cara memperbaiki spion mobil yang patah.


Langkah awal yang perlu dilakukan adalah melepas spion dari mobil dengan cara membuka cover yang menutupi bagian pintu bagian dalam.

Bagi pemula mungkin akan kasulitan saat membuka cover ini, untuk caranya bisa membuka baut terlebih dahulu yang tertutup cover power windwo serta ada di bagian penutup tarikan handle bagian dalam. Proses ini memang membutuhkan sedikit kerasan ya terutama pado mobil baru yang belum pernah dibuka. Maka untuk melancarkan tahap ini gunakan obeng min, biar lapisan cat ngak lecet gunakan kain sebagai tatakan/alas saat mencongkelnya.

Setelah terlepas tahap berikutnya adalah mencopot karet penutup baut, bila tidak pernah dibuka karet ini menempel kuat jadi perlu kehati-hatian saat melepasnya. Biar mudah lepas gunakan obeng atau besi tipis untuk mencongkelnya.


Steep ke tiga adalah membuka 3 baut yang ada didalamnya, jika berat saat dibuka akibat karat gunakan WD40 untuk merontokanya atau bisa memakai obeng ketok  untuk mencopotnya

Baca juga Cara Membuat Pembersih Plafon Mobil Buatan Sendiri 

Selannjutnya siapkan lempeng besi/ plat yang dipotong persegi panjang dan sudah dilubangi dikedua sisinya. Lubang ini harus disesuaikan letak baut spion nya masbro. Fungsi plat besi adalah sebagai klem antara spion dengan dudukan spion agar kembali menyatu. Biar tidak longgar pastikan ketiga baut dipasang dengan kencang. Bila tidak ada besi anda bisa menggantinya dengan ring yang agak besar.

 


Bila kaca spion yang pecah akibat ditabrak motor, maka anda perlu mengganti bagian kacanya saja. Jadi ngak sudah membeli spion secara keseluruhan, karena seperti yang saya bilang tadi harganya bisa menguras kontong masbro. Jadi kita ambil amannya saja dengan memperbaiki nya sendiri dirumah.

Hubungi bengkel body repair

Caranya cukup simpel yakni dengan menekan bagian atas kaca spion hingga bagian bawahnya menonjol keluar. Setelah ada cela kita tinggal mencongkelnya secara perlahan pakai besi pipih/obeng. Congkel secara hati-hati ya sob karena dibagian dalam ada klip yang menahanya, jadi sebisa mungkin kilp penahan jangan sampai patah.


Kita bisa mendapatkan kaca spion pengganti anda bisa membelinya ditoko sparepart atau di online shop juga banyak yang menjualnya dengan harga 100 ribuan tergantung tipe mobil. Jika tidak ada anda bisa memesan ditoko kaca pinggir jalan.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil 

Untuk memasangnya cukup letakkan kaca pada posisi yang pass seperti semula dengan jarak antar sisi yang sama.  Tekan bagian sisi atas disusul bagian bawah hingga terdengar bunyi klik yang menandakan sudah terpasang menempel dengan klip secara sempurna.

Bila klip patah dan posisi kaca longgar gunakan lem sealant untuk merekatkanya kembali. Bagaimana ?? Gampang bukan cara memperbaiki spion mobil yang patah, untuk estimasi waktu perbaikan tidak sampai 1 jam sudah kembali mulus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas