TURTORIAL Cara Mengupas Dempul Mobil Yang Tebal Dengan Cepat


Dempul yang terlalu tentu membuat penampilan mobil terlihat kurang apik, bahkan mengurangi harga jual meski tergolong kendaraan baru. Untuk mengembalikanya kembali kaleng tentu dempul perlu dihilangkan dan dilakukan proses kenteng sebagai langkah meratakan plat besi yang penyok.  Untuk mengupas nya kita kita bisa mempercayakan pada bengkel body repair atau bisa dilakukan dirumah terlebih dahulu.

Mengapa mobil perlu di dempul ?? Awal membeli mobil bagian sisi body permukaanya masih terlihat tipis tanpa serta lekukan-lekukanya masih terlihat lurus. Seiring dengan lama pemakian bila ada bagian yang penyok/lecet dempul ini lah yang berperan penting meratakan kembali bidang yang penyok baik pada permukaan plat maupun dumper.

Bila terlalu sering di dempul tentu membuat permukaan body jadi terlihat tebal layaknya tembok rumah yang diplester. Terlebih lagi bila proses mendempul mobil dilakukan yang bukan ahlinya atau kurang berpengalaman justru hasilnya akan bergelombang tidak bisa kembali rata.

Baca juga Cat Ulang Mobil Tanpa Epoxy, AMANKAH ?? 

Proses pendempulan yang dilakukan secara terus menerus tentu membuatnya semakin tebal alhasil saat dibody dikeuk pakai tangan suaranya terasa berat, berbeda dengan kendaraan yang belum pernah ditempul suaranya terdengar ringan saat diketuk dan permukaan catnya ppun masih terlihat tipis atau istilahnya mobil kaleng.

Untuk mengembalikanya mobil lawas kembali kaleng dempul yang tebal perlu di kerok memakai alat khusus. Jika dilakukan di bengkel tentu biaya pengecatan ulang mobil akan membengkat, jadi untuk menekan estimasi biaya repair tidak ada salahnya anda menghilangkanya sendiri dirumah.

TURTORIAL CARA MENGUPAS DEMPUL MOBIL DENGAN CEPAT

Sebelum memulainya siapkan terlebih dahulu alat dan bahan dimulai dari  gas LPG lengkap dengan selang dan regulatornya, kape/skrap Gagang karet tebal, terakhir adalah korek api. Ya karena termasuk bahan mudah terbakar jadi untuk membersihkan dempul yang masih nempel pada body mobil kita perlu membakarnya.dengan intensitas api yang perlu diperhatikan.

Pertama nyalakan api dan dekatkan pada permukaan dempul tunggu beberapa saat hingga empuk agar mudah dikerok. Selagi masih panas proses mengupas ini perlu dilakukan dengan cepat pakai skrap kape, karena bila sudah dingin dempul akan kembali mengeras.


Biar plat tidak melengkung akibat panas dari api segera usap lap basah pada body yang selesai dikerok dan ulangi tahap ini secara berurutan.



Yang perlu digaris bawahi saat mengerok dempul adalah memastikan dibagikan dalam bodi tidak berdekatan dengan benda yang mudah terbakar. Misal kabel yang menempel atau benda plastik lainya. Jadi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan lepas panel doortrim serta plafon sebelum dempul dibakar.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa

Selain dengan bantuan api mengupas dempul juga dapat dilakukan dengan panas dari mesin hair dryer dengan catatan kondisi dempul tidak terlalu tebal. kalau pakai soda api atau remover akan percuma ya masbro, mungkin kalau dibuat menghilangkan dempul pada tangki motor masih bisa dan cukup efektif.

Oh iya satu hal lagi sebelum di dempul ulang plat besi perlu diamplas untuk hingga bersih, agar lebih cepat pakai mesin gerinda untuk mengamplasnya. Jika tidak ada bisa diamplas secara manual pakai amplas norton hingga bekas karat menghilang.


Setelah bersih beri lapisan epoxy primer terlebih sampai merata. Setelah kering siap untuk didempul 4-5 jam tergantung merk epoxy yang dipakai.

Cukup panjang juga ya masbro proses mengupas dempul mobil yang tebal, jika dilakukan dengan benar tentu cat akan lebih awet. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mengunjungi situs ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas