Cat Ulang Mobil Tanpa Epoxy, AMANKAH ??


Cat ulang mobil tanpa epoxy amankah ?? - Proses repaire ulang merupakan upaya untuk mengembalikan body mobil yang baret atau sekedar ingin rubah warna. Pengecatan ulang sebaiknya diserahkan pada ahlinya, tak jarang ada yang mencobanya sendiri dirumah dengan alasan jika sudah masuk bengkel tentu estimasi biaya bengkel semakin membengkak.

Repainting mobil ada dua metode yakni cat oven dan biasa, dengan berbagai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sebelum melakukan pengecatan ulang ko beberapa hal perlu diperhatikan mulai dari pemakaian cat yang dipakai serta tempat pengecatan yang tidak terlalau banyak debu berterbagngan jika dikerjakan diluar ruangan.

Persiapan budget pun perlu diperhatikan jangan sampai proses pengerjaan berhenti ditengah jalan. Sebagai gambaran untuk mengecat full body mobil sekelas Kijang super atau Xenia estimasi biaya pembelihan bahan antara 1 juta-1.5 juta sedangkan untuk kelas sedan 800-1 jutaan tergantung tingkat kerusakan. Biaya akan semakin membengkak bila ada beberapa bagian yang keropos yang harus tambah biaya pengelasan.


Yang kedua adalah pemilihan warna dan jenis cat metalic atau tetap solid dengan warna yang sama. Jika saat ini pengen merubah warna proses pengerjaan tentu semakin rumat serta memakan biaya yang lebih mahal. Belum lagi mondar mandir ke kantor samsat buat merubah status warna kendaraan.

Untuk menghasilkan kualitas terbaik tentu urutan cara mengecat ulang mobil perlu dilakukan dengan benar. Mulai dari epoxy, proses clear coat dan diakhir dengan mempolesnya setelah cat kering keras. Estimasi waktu juga turut diperhitungkan lo masbro, untuk mengecat ulang full body butuh 10-14 hari sudah selesai. Mungkin untuk pemula bisa lebih lama, jadi perlu disesuaikan.

Mungkin kita melihat dibeberapa bengkel pinggir jalan pernah melihat proses ngecat motor bahkan mobil tidak  dipoxy atau langsung ditimpa cat inti/jadi. Mungkin tidak hanya di bengkel kaki 5, body repair resmi pun saat ngecat jarang melapisi poxy full body atau hanya bagian tertentu.
 
Apakah aman proses cat ulang mobil tanpa di lapisi poxy terlebih dahulu ?


Sebenarnya mengecat body mobil itu ngak harus/wajib dipoxy terlebih dahulu ya masbro. 

Namun, sebelumnya kita perlu memperhatikan permukaan cat lama yang akan ditimpa dengan cat baru. Jika kondisinya masih bagus/mulus tanpa ada lapisan poxy pun tak masalah.


Kondisi cat yang masih memungkinkan untuk ditimpa kembali memiliki ciri-ciri permukaanya masih utuh tidak ada bekas clear Coat meleleh atau keriting serta tidak pecah-pecah.
 
Meski mobil lawas jika kondisi catnya masih bagus tanpa dipoxy tidak lah masalah, dengan catatan sebelum ditimpa cat kembali permukaanya sudah diampalas terlebih dahulu untuk membersihkan sekaligus menghilangkan jamur. Untuk amplasnya pakai grit nomor 1500 atau bisa 2000.



Lantas apa kegunaan poxy ? Epoxy bisa kita pakai untuk menutupi permukaan cat yang didempul. Dengan begitu sambungan dempul yang tidak terlihat saat ditimpa cat/clear Coat. Selebihnya dapat diaplikasikan pada permukaan logam. Hubungi bengek  body repair

Jadi dapat disimpulkan cat ulang mobil tanpa epoxy sangat aman dan tidak mengelupas bahkan dapat bertahan 5 tahun lebih tergantung kualitas bahan yang kita pakai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas