Yuk Simak Perbedaan Cat Mobil Oven dengan Biasa-Suryadidik.com


Beda cat mobil oven dengan biasa - Untuk mengembalikan warna mobil tua yang telah kusam mau tidak mau melakukan repair ulang merupakan jalan utama. Untuk menekan estimasi biaya tak sedikit yang ingin melakukanya sendiri dengan peralatan sederhana bahkan jauh dari kata layak, misal pengguaan spray gun yang kurang layak atau pemakaian tekanan angin kompresor kurang setabil.

Cat ulang memang berlu dilakukan apabila warna mobil telah rusak dan tidak sulit kilapkan kembali dengan cara dipoles. Goresan atau penyok cukup dalam dan tidak bisa diketok magic juga menuntuk kita membawanya ke bengkel body repair agar kembali sepert semula.

Tentu kita tahu proses pengecatan mobil dapat dilakukan dengan 2 metode yakni di bengkel resmi dengan cat oven atau di bengkel biasa pinggir jalan yang mengandalkan panas matahari sebagai pengering. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri baik dari segi kualitas maupun harga.

Asumsi masyarakat memandang hasil garapan bengkel biasa masih kalah dengan bengkel resmi EEsst.. Jangan salah meski tampilanya sederhana dengan ruang terbuka, tak jarang jasa asuransi mobil mengajak bengkel non resmi untuk bekerjasama dalam hal perbaikan. Sekalipun harga yang ditawarkan terjangkau untuk urusan kualitas pengerjaan mendekati dengan hasil bengkel resmi atau bisa disamakan dengan catatan memakai bahan berkualitas.

 

Lalu apa beda cat mobil oven dengan biasa ?? Sacara sekilas memang tidak ada perbedaan yang cukup signifikat, hanya saja bila diperhatikan dari dekat ada beberapa kekurangan dari garapan bengkel pinggir jalan.

  • Harga
Untuk urusan ini tentu harga cat oven jauh dari kata murah bila dibandingan dengan bengkel biasa. Untuk pengecetan full body sekelas Sedan Toyota Vios 8 juta bahkan mencapai belasan juta tergantung kondisi fisik. Sedangkan bila repair pinggir jalan  4 juta paling mentok 7 juta itu pun plus biaya las jika ada yang kropos.

Baca juga  Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Sedangkan untuk harga cat mobil perpanel bengkel oven 700-900 dan 400-600 untuk  bengkel pinggir jalan.

  • Bahan
Jika berbicara bahan tentu berdampak langsung akan kualitas. Cat PU(Poly Urethane) merupakan jenis cat yang diapakai dipakai bengkel resmi/oven, tak heran bila warna yang dihasilkan lebih terlihat cerah ketimbang cat duco. Tentu harga cat pu/bakar lebih mahal bahkan 3kali lipat lebih ketimbang biasa.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Begitu juga dengan bengkel pinggir jalan saat ini sudah banyak yang memakai jenis cat pu/bakar supaya hasil dapat disamakan dengan cat mobil oven. Meski begitu ada beberapa bengkel nakal yang masih makai cat biasa NC untuk meraup untung lebih. Jadi patut diperhatikan bengkel mana yang akan dikunjungi.

  •  Hasil Pengecatan

Karena proses pengecatan diruang tertutup tentu hasil cat oven lebih halus tanpa ada debu atau serangga kecil yang nempel.

Baca juga Cara penggunaan Rubbing Compound Penghilang Baret

Proses pengerjaanya pun dapat dilakukan kapan saja tanpa menunggu sinar matahari. Karena cat oven memakai mesin pemanas yang memakai tenaga listrik.


Sayangnya bila ingin ngecat dibengkel resmi kita perlu antri bahkan butuh waktu 10-14 hari bahkan lebih. Jadi estimasi waktu perlu dipikirkan dengan matang.

Sedangkan untuk cat biasa yang mengandalkan panas matahari sebagai pengeringnya tentu hasilnya tergantung cuaca. Jika pas lagi mendung dan dipaksa buat ngecat tentu hasilnya kurang begitu maksimal.

Untuk repair ulang kendaraan yang bagus dan berkualitas anda bisa membawanya di bengkel kami sendiri AutoClinic

Karena pengerjaanya diruang terbuka butiran debu dan serangga kecil gampang sekali nempel terutama saat proses clear Coat.

Namun bengkel biasa memiliki cara untuk menghaluskan cat akibat debu dan serangga yang menempel yaitu dengan mengamplasnya. Proses ini juga membantu menghilangkan cat tekstur kulit jeruk.

Jadi hasil akhir cat biasa sama halusnya dengan cat oven ruang tertutup. Sedangkan untuk proses pengerjaan full body 7-10 hari sudah kelar, tergantung kondisi fisik.

KESIMPULAN

Bisa disimpulkan biaya cat oven lebih malah ketimbang biasa. Sedangkan untuk hasil catnya jika repair pinggir jalan memakai bahan berkualitas poly urethane seperti sikkens atau speis heacker tentu hasilnya nyaris sama bengkel resmi, bahkan sulit untuk membedakannya.

Sekarang anda sudah mengertibukan beda antara cat mobil oven dengan bisa. Jika bengkel pinngir jalan non resmi jadi pilihan, sebaiknya cari referensi atau teman yang pernah repair terlebih dahulu untuk mencari informasi bahan apa yang dipakai dan rapi tidaknya hasil garapan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas