Cara Aman Melepas Stiker Mobil Yang Sudah Lama

Cara melepas stiker mobil yang sudah lama - Bisa dikatakan cutting stiker bisa diibaratkan seperti tato ditubuh karena suwaktu waktu jika sudah merasa bosan tentu ada yang ingin mencopot nya. Beda dengan cat sifat sticker ini tidak permanen, dimana ada jangka waktu tertentu mengalami kerusakan. Muli dari warnanya yang mulai pudar, beberapa sisi terkelupas bahkan disobek. Bahkan jika terlalu lama menempel bisa membuat kerusakan pada cat dan yang lebih parah bisa mempercepat proses korosi akibat air terjebak di dalamnya.

Dalam pemakain normal jika rajin merawatnya stiker mampu bertahan hinggaa satu tahun, itupun bila stiker terbuat dari bahan berkualitas. Sebetulnya cara merawat sticker agar lama menempel sebetulnya tidak begitu sulit ya, muali dengan menjaga kebersihanya dengan mengeringkan secara langsung saat habus dicuci atau kehujanan atau menempekanya kembali jika ada bagian yang terkelupas bisa merekatkanya kembali dengan mengelemnya agar air tidak masuk ke sisi dalam.

Dan yang jadi pertanyaan bagaimana cara aman melepas stiker mobil yang sudah lama ? Jika cat mobil anda masih ori bawaan pabrik aman-aman saja saat striping di copot, tanpa rasa khawatir cat akan ikut terangkat. Namun pernyataan ini berbeda jika sudah pernah di cat ulang biasanya proses melepas sticker bisa lebih sulit, pasalnya bila salah perhitungan cat justru ikut tertempel karena lem stiker. Tentu jika ini terjadi mau ngak mau anda perlu mengecatnya kembali.

Cara aman melepas stiker mobil yang sudah lama

Nah masalah lain saat akan mencopot stiker adalah noda lem yang tertinggal pada permukaan yang sulit hilang bila usianya telah lama. Namun anda tak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia cairan pembersih khusus menghilangkan bekas stiker yang cukup menjengkelkan. Dan asyiknya lagi sebetulnya selain pakai produk komersil kita juga bisa pekai beberapa bahan disekitar kita mulai dari alkohol, minyak kayu putih, aseton, baby oil tanpa takut merusak lapisan cat.


Berikut adalah cara menggunakanya :

Lepaskan coating stiker sebanyak mungkin sebelum dibersihkan dengan beberapa cairan tadi. Sebab alkohol atau minyak sulit menembus atau meresap pada lapisan coating ini.

Jika sudah tuangkan atau teteskan pelarut berbahan dasar alkohol atau minyak di atas body sebelum ke tahap selanjutnya. Pilihlah bagian tersembunyi.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil 

Gunakan alkohol atau cairan yang memiliki kandungan alkohol paling tidak 91% seperti pembersih kuku aceton. Atau produk berbahan dasar minyak seperti minyak sayur maupun baby oil. Teteskan diatas permukaan kain bersih dan halus kemudian sapukan diatas permukaan stiker hingga menyatu. Jika sudah tunggu beberapa saat baru lepaskan.

Beda lagi bila stiker terbuat dari vinly, anda perlu memanaskan terlebih dahulu permukaanya dengan hair dryer dengan jarak tidak terlalu dekat agar tidak merusak cat dibawahnya. Jika tidak ada bisa pakai korek api dengan cacatan ukuran stiker tidak begitu lebar. 

Bila sudah panaskan tarik pelan pelan dengn sudut 90 derajat sembari dipanaskan lagi, begitu seterusnya. Semprotkan sisa lemnya pakai campuran alkohol dan dan air dalam botol spray.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Sebaiknya hindari penggunaan benta tajam seperti pisau cutter untuk membantu mengelupas stiker. Bila meski pakai alat sebaiknya gunakan pisau plastik. 

Jika semua deretan tadi sudai selasai tinggal kita bersihkan dengan sponse dan sabun non detergen. 

Cuci seluruh permukaan body mobil hingga bersih lalu lanjutkan proses wax secara menyeluruh agar cat kembali kinclong, jika diperlukan anda bisa mempolesnya dengan kompon putih secara menyeluruh.

Oke demikian tadi sedikit review singkat cara melepas stiker mobil yang sudah lama menempel pada permukaan cat. Jika dilakukan dengan benar dan penuh ke hati-hatian tentu tidak merusak lapisan teratas cat. Kuncinya hanya kesabaran serta menggunaan teknik yang sesuai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas