5 Perbedaan Oli Yamalube Sport dan Super sport

Perbedaan oli yamalube sport dan super sport - Bisa dikatakan oli merupakan cairan yang sangat penting keberadaanya khususnya pada komponen mesin. Dimana memiliki fungsi melupasai beberapa parak di dalamnya saat sedang menyala, jika jumlahnya kurang atau bahkan habis tentu menimbulkan masalah cukup fital dimana piston mengalami macet atau tidak bergerak sebagai semestinya.

Sebetulnya pihak pabrikan baik Honda, Suzuki maupun Yamaha sudah menyediakan merk oli yang memang sudah direkomendasi baik untuk tipe motor matic maupun manual. Semisal AHM astra honda motor memiliki produk oli sendiri yang direkomendasikan untuk jenis motor honda yakni SPX series dan MPX series.

Maka YIMM Yamaha Indonesia Motor Manufacturing tak mau kalah memproduksi oli sendiri yang direkomendasikan dan didistribusikan khusus untuk motor motor yamaha yang diberi label Yamalube series. 

Salah satu tipe oli yamalube yang sering membuat binggung para konsumenya adalah pada tipe yamalube Sport dengan yamalube supersport.Ya.. Namanya yang hampir sama persis dengan tingkat kekentalan yang juga sama yakni SAE 10W-40 serta dengan takaran atau isi yang sama 1 liter 1000ml. Maka tak heran sobat baikers banyak dibingungkan atas perbedaanya, khususnya dalam hal penggunaan dan untuk performa mesin mana yang lebih unggul.

Perbedaan oli yamalube sport dan super sport

Komposisi bahan

Bicara soal bahan bahaku, yamalube super sport dan yamalube sport nampaknya dapat kita kastakan dimana yamalube sport kelasnya dibawah tipe super sport baik untuk komposisi bahan didalamnya dan yang pasti harga jualnya. Baca juga Cara Membuat Cairan Pembersih Blok Mesin Dengan Bahan Dapur



Komposisi dari bahan yamalube sport adalah semi sintetik sedangkan yamalube super sport adalah full sintetik. Jadi dapat disimpulkan dengan memakai oli yamalube super sport performa mesin lebih unggul serta tidak cepat panas maupun aus.

Dikutip dari situs resminya Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yamaha-motor.co.id penjelasan beda antara super dengan super sport kurang beberapa keunggulan dan kekuranganya sudah kami ringkas dibawah ini.

Yamalube Sport

1. Mampu melidungi mesin dari karat dan korosi

2. Membersihkan dan menjaga komponen-komponen didalamnya tetap bersih dan terbebas dari sisa endapan.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

3. Dispersan sehingga mampu bekerja pada temperatur rendah

4. Stabilitas daya oksidasi yang tinggi sehingga mampu mempertahankan kekentalanya dann lebih ramah terhadap lingkungan.

Yamalube Super Sport

1. Matrial full sintetis diformulasikan khusus untuk melumasi mesin hingga ke celah celah tersempit sekalipun

Baca juga Cara Yang Benar Menghilangkan Baret Pada Motor Doff

2. Dengan bahan full sintetis mampu melumasi setiap komponen mesin dengan bersih tanpa meninggalkan kerak

3. Membuat daya gesek mesin lebih halus dan

4. Memaksimalkan power mesin.

Harga

Setelah mengetahui komposisi bahan serta perbedaan keunggulan sekarang kita aakan mengecek perbedaan dari kedua oli yang didesain khusus untuk mesin yamaha ini. 

Dihitung dari tanggal 21 september 2020 memalui situs resminya yamaha-motor.co.id, yamalube sport memiliki harga eceran terendaha HET sebesar 48rb. Sementara super sport harga eceran terendah HET sedikit lebih mahal Rp 78.500 

Dari beberapa data diatas bisa kita simpulkan, selain dari kandungan bahan dan performa lebih kencang harga yamalube super sport juga cukup mengigit. Namun sewaktu-waktu harga tersebut dapat berubah tergantung kondisi pasar.

Perbedaan peruntukan

Meski keduanya sama sama bersetifikat Jaso Ma yang artinya dapat diperuntukan untuk semua jenis motor 4 tak yang berkopling basah baik untuk jenis manual ataupun semi otomatis. Namun Secara spesifik Yamaha Indonesia Motor Facturing YIMM merekomendasikan yamalube sport untuk motor bebek dan motor sport, sementara super sport sangat dianjurkan untuk motor tipe sport.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Sebetulnya keduanya sah sah saya dipakai buat motor bebek maupun sport, namun kembali pada tada tadi bahwasanya yamalube super sport kandungan bahanya full sintetis dengan harga yang hampir dua kali lipatnya ada baiknya digunakan untuk motor sport dengan perputaran mesin tinggi. Bila dipakai buat motor bebek dengan performa putar mesin tidak terlalu rasanya seperti mubazir.

Nah, demikian tadi ulasan singkat beberapa inti perbedaan oli yamalube sport dan super sport, semoga dengan ulasan tadi anda bila lebih bijak memilih pelumas yang cocok sesuai kinerja mesin motor anda. Akhir kata semoga bermanfaat dan terimakasih waktu luangnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas