Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

 

Perbedaan Kit paste warna biru dan kuning - Hallo dulur,  Merawat  mobil bukan hanya berfokus pada mesin dan komponen pendukung lainya. Memang bila mesin dalam keadaan normal kita akan merasa nyaman saat perjalanan jauh tanpa rasa was-was akan mogok terutama pada kaum hawa.

Namun bila berfikir lebih jauh sisi luar mobil atau eksterior juga memerlukan perawatan untuk menjaga agar senantiasa kinclong. Secara bagian luar inilah yang paling disorot mata, jika masih mulus tanpa ada cat yang rusak bahkan penyok tentu menambah nilai plus pagi siapa saja yang mengendarainya.

Namun meski sudah dilakukan detailing khsusu seiring berjalanya waktu tingkat glossy cat mulai berkurang. Banyak faktor yang menjadi penyebab cat mobil cepat kusam, diantaranya 

  • proses oksidasi dari pantulan panas matahari ditambah debu halus yang dibiarkan terlalu lama menempel,
  • Membiarkan mobil terkena embun saat malam hari, Selain merusak cat air embun juga mempercepat dempul mengelupas sekaligus membuat plat body cepat kropos.
  • Membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya yang membuat timbulnya jamur water spot pada permukaan cat.
  • Terlalu sering dipoles dengan kompon putih yang berdampak mengikisnya lapisan terluar cat, Seperti yang kita tahu lapisan cat terdari dari beberapa bagian diantaranya sealant, coating dan wax. Soo.. Bila struktur lapisa terluar ini mulai terkikis sudah dipastikan tingkat glosy cat akan berkurang.
  • Yaa.. Terakhir adalah faktor usia, hukum alam ini mungkin tidak bisa dihindari masbro.. Namun kita bisa mengulurnya dengan cara memberi sentuhan perawatan yang tetap secara berkala.

Untuk urusan perawatan proses polish merupakan langkah tepat yang bisa dipilih, secara mencuci saja tidak cukup meski pakai shampo mahal sekalipun, dibutuhkan cream atau paste yang mampu mengangkat residu jamur pada permukaan clear coat. Baca juga dampak buruk menggunakan sabun sunlight.


 

Beberapa produk komersil untuk proses wax sebenarnya sudah tersedia dipasaran ya, mulai harga ratusan ribu kemasan besar atau yang lebih murah dengan ukuran lebih kecil. Salah satu cream pholish yang cukup populer dipakai otomania roda 2 maupun roda 4 adalah produk dari Kit.

Produk detailing kit sendiri memiliki beberapa macam yang di sesain kebutuhan khusus perawatan mobil motor baik untuk eksterior maupun interior dalam. Nah berikut merupakan jenis-jenis kit sesuai fungsinya. 

  • Kit Black Magic Tire Gel
 

Merupakan produk yang sengaja dibuat sebagai pengkilap ban atau lebih tepatnya disebut kit semir yang mampu membersihkan, mengkilapkan sekaligus melindungi pinggir ban dari debu halus yang menempel.

 Baca juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban

Formula water risistant mampu menjaga ban mobil tetap hitam mengkilap meski terguyur air hujan sekalupun. Kit black magic tire gel menjadikan ban senantiasa tampil hitam berkilau wet look yang mampu bertahan berminggu-minggu.

  • Kit Wash and Glow
 

Kit Wash & glow mengandung zat premium polymer dimana mampu jadi pelindung cat agar senantiasa berkilau setalah dicuci.
 

Formula pH balance didalamnya membuatnya aman dipakai berulang-ulang pada segala jenis cat melatik solid tanpa rasa was-was cat agan akan terkikis, bahkan bintik-bintik khas busa kering sehabis dicuci.

  • Kit Wash & Wax car wax shampoo


 

Manfaat ganda dapat agan peroleh, karena shampoo mobil ini sudah dikombinasikan dengan premium wax. Dimana selain membersihkan juga mampu mengkilapkan sekaliguas memberi efek week look lebih lama.dan cocok untuk segala jenis cat mobil motor.

  • Kit Rubbing Compound



Seperti namanya jenis kit ke 4 ini sengaja difromulasikan sebagai paste poles, dimana mampu mengangkat sekaligus menghilangkan baret halus pada permukaan cat dan cocok di aplikasikan pada semua warna. Jadi bila dipakai untuk mengkilapkan cat mobil yang kusam rasanya akan percuma. Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Kompon di Mobil

  • Kit Protectant


 

Fungsi kit protectant sendiri diapkai untuk perawatan interior dalam mobil. Formula UV Guard diklam mampu membersihkan sekaligus melindungi komponen dalam mobil berbahan plastik dasboard dari debu yang menempel dan pantulan panas matahari. Sehingga membuat tampilanya senantiasa bersih dan mengkilaptanpa merusak warna asli kulit jeruk.

  • Kit Original Paste Wax
 

Beda dengan jenis sebelumnya, kita paste wax warna kuning memiliki kandungan carnauba wax diaman mampu menyingkirkan goresan halus sekaligus mengembalikan kilau asli cat mobil agan. Jadi hanya dengan satu produk agan mendapatkan dua manfaat sekaligus dengan sekali kerja.
  • Kit Mettalic Car paste Wax

 


Tidak jauh beda dengan warna kuning, kemasan biru juaa sudah dilengkapi carnauba wax dimana mampu mengembalikan daya glossy cat yang lama menghilang tertutup jamur. Tidak hanya untuk mobil baru kit metalik juga sangat aman diapliaksikan pada mobil yang sudah pernah dicat ulang tanpa rasa cemas clear coat akan terkikis.

  • Kit Auto Glass Cleaner
 

Seperti namanya jenis terkahir ini khsusu di formulasikan untuk perawatan kaca mobil baik untuk bagian luar maupun dalam khususnya untuk menghilangkan jamur serta bercak air yang lama menemepel.Kandungan yang didalamnya bekas dari senyawa amonia sehingga aman untuk kaca yang terlapis plastik film.
 
Selain membersihkan kit cleaner juga memberi efek daun talas, dimana bila air yang menempel pada kaca akan langsung jatuh kebawah tanpa meninggalkan bekas calon water spot baru.

Dari sekian banyak macam-macamnya yang paling populer dipakai lapisan masyarakat saat ini adalah kit original paste wax dan metallic paste wax baik untuk mengkilapkan cat mobil atau motor yang sudah kusam.

Nah biar ngak salah kaprah bibawah ini adalah sedikit review perbedaan kit paste wax warna biru dan kuning beserta bagaimana cara yang benar menggunakanya.

  • Kit warna biru (metallic car wax)

Sama halnya dengan namanya kit biru lebih diutamakan pada cat warna-warna metalic. Berbeda dengan cat biasa warna metaic memiki butiran(griter) lembut warna warni dimana akan jelas terlihat saat tersorot matahari atau pancarn lampu dimalam hari.

Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana? 

Warna-warna metalik ini kebanyakan ada pada kendaraan keluaran terbaru. Nah fungsi dari kit warna biru ini tidak hanya mengembalikan kilau body yang kusam, namun mampu memancarkan kembali warna metalik pada cat sehingga lebih terlihat hidup atau menyala ditempat terang.

Sedangkan bila ditinjau dari segi harga sedikit mahal dengan kaleng kuning ya masbro, ukuran 60gr kemasan kecil seperti odol 9rb.an sementara kaleng besar 270ml  masih Rp 32.800 dan ukuran medium 225gr Rp 27.500

  • Kit Kuning (Original Paste Wax)

Seperti namanya kit warna kuning lebih difokuskan pada warna-warna original. Jadi lebih cocok diapliaksikan pada tipe cat solid. Sama-sama memiliki kandungan carrnauba wax dimana mampu mengembalikan glossy pada cat yang telah kusam yang mampu bertahan lebih lama.

Namun sayang bila diaplaiksikan pada warna metalik hasil yang didapat kurang begitu maksimal bila dibandingan degan warna biru. Soo.. Kit paste original wax dan metalic cax wax memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk harga tidak ada perbedan yang cukup mencolok ya masbro, harga kemasain kecil 60gr 8rb sementara kemasan medium 225gr 27 dan kaleng besar 270ml 31 ribuan. Mungkin harga tersebut sedikit berbeda dengan lokasi agan.

Cara Pakai Kit Metallic Car Paste Wax dan Original Car Wax

Bila dilihat dari cara menggunakan keduanya sama saja ya masbro, pertama bersihkan permukaan body dari debu dankotoran yang menempel, akan lebih bagus aplikaksikan juga shampoo kit wash & wax car wax saat mencucinya. Bila sudah selesai tinggal dikeringkan pakai kanebo/chamois dan pastikan tidak ada sisa busa yang melekat.

Bila sudah kering tinggal diaplikasikan kit paste wax dengan cara mengoleskan pada permukaan body secara menyeluruh, bisapakai tangan langsung atau spons halus, Kemudian tunggi mengering agar kandungan carnauba wax meresap sempurna pada cat.

Selanjutnya tinggal kita poles pakai lap yang bersih dan lembut dengan sedikit memberi tekanan hingga cat berubah kinclong serta resitu yang ditinggalkan iku menghilang. Biar makin mantap ulangi proses poles namun dengan lap yang baru. Soo.. Untuk proses ini perlu menyiapkan 2 kain, akan  lebih bagus agan pakai lap microfiber yang bertekstur kesat namun lembut.

Nah itu tadi sedikit perbedaan kit paste wax biru dan kuning beserta beberapa produk auto detailing lainya. Setelah Mobil kembali kinclong, menjaga kebersihan cat perlu dilakuakan dengan cara membersihkan partikel debu yang menempel atau bisa dicuci bila keadanya kotor. Kan sayang udah capek mempolesnya jadi kusam kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas