Cara Mempoles Body Mobil Setelah Dicat - Suryadidik.com

Cara mempoles body mobil setelah dicat - Siapa sih yang ngak pengen hasil catnya terlihat halus mengkilap tanpa terlihat kulit jeruk. Untuk menghasilkan cat kilap basah wet look dibutuhkan skill serta teknik khusus yang perlu dikuasai khususnya untuk pemula seperti agan.

Proses cat ulang mobil merupakan langkah akhir yang diambil apabila proses polish sudah tidak mampu mengembalikan kilaunya atau sekedar ganti warna. Bagi pemula beberapa problem sering ditemui ketika proses repair berjalan diantaranya cat kriting akibat tidak kuat ditimpa cat baru atau saat proses clear coat beberapa bagian ada yang meleleh.  

Proses pengecatan mobil secara manual dimuali dari pendempulan, namun sebelumnya amplas terlebih dahulu bidang yang akan didempul sebagai langkah menghilangkan karat serta berbagai kotoran yang menempel. Bila sudah kering bisa diamplas hingga mengasilkan permukaan halus dan rata. Baca juga Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar

Langkah selanjutnya adalah memberi lapisan epoxy dan dilanjut dengan lapisan cat dasar sesuai warna cat inti terakhir ditutup dengan pemberian lapisan clear coat sebanyak 3-4 lapis.

Baca juga Ukuran Amplas dan Cara Yang Benar Mengamplas Epoxy 

Berapa lama clear coat mengering sempurna ? Proses pengeringan paling tidak 8-12 semua tergantung merk yang dipakai. Bila menggunakan bahan bagus dan menggunakan thinner PU proses pengeringan bisa lebih cepat meski dilakukan diluar ruangan.

Setelah dipernis apakah proses mengecat ulang mobil sudah selesai ? Sebenarnya masih belum ya masbro, karen urutan cara mengecat mobil dikahir dengan proses polish, itupun perlu menunggu clear caot mengering. 


 

Tahap akhir finishing menjadi penentu bagus tidaknya proses repair yang lumayan panjang. Pasalnya meski pakai bahan bagus sekalipun dan sudah dilakuakan dengan benar bila tahap poles kurang matang tentu hasil weet look yang didapat kurang memuaskan.

Cara mempoles mobil setelah dicat

Nah pada kesempatan kali ini akan kami sajikan bagaimana cara mempoles body mobil yang baru dicat. Namun sebelumnya siapkan alat pendukung yang meliputi :

  • Amplas halus ukuran 2000, untuk jumlahnya bisa disesuikan.
  • Kompon putih Rubbing chompound invory
  • Mesin poles
  • Paste WAX
  • Dan lap bersih 2-3 biji.

Proses Finishing Setelah Pengecatan Mobil

Bila semua sudah langkap masbro tinggal mengaplikasikanya. Dengan cara mengamplas terlebih dahulu semua permukaan clear Coat hingga berubah jadi doff disertai dengan hilangnya tekstur kulit jeruk. 
 



Untuk menghindari pernis botak, saat mengamplas jalan dilakukan hanya satu titik. Lakukan secara merata dengan gerakan atas kebawah atau menyamping hingga menghasilkan permukaan halus saat diraba tangan. Pada bagian tertentu seperti ujung nat/ list tidak pelu diamplas amplas masbro, nanti bisa dikompon secara manual saja. Pasalnya pada titik tersebut pernis tidak menempel sempurna.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Bagi yang belum terbiasa mungkin proses mengaplas clear Coat ini cukup menguras tenaga ya, pasalnya bila kering teksturnya sangat keras bahkan lebih enteng saat mengamplas dempul. Untuk satu mobil full body saja saya butuh 4 jam untuk menyelesaikan tahap amplas.

Selanjutnya agan bisa melakukan proses polis yang dibantu oleh mesin, bial poles dilakuakan manual pakai tangan hasilmnya nanti kurang bagus. Usapkan rubbing chompound secara merata pada permukaan cat dan anda sudah bisa mempolesnya.

 


Poles bisa dihentikan bila cat yang awalnya doff kembali kinclong dan tekstur kulit jeruk menghilang. Untuk satu panel pintu mobil butuh 20-30 menit cat terlihat mengkilap dan nampak seperti cermin yang ditandai dengan terlihatnya bayangan kita. Jadi pemberian kompon putih bisa dilakukan 2x.

Baca juga Perbedaan Thinner Cobra Merah dan Hitam Untuk Cat Mobil

Terakhir tinggal melakukan proses wax, untuk tahap ini bisa dilakukan secara manual pakai tangan atau mesin yang pakai busa spons foam pad. Selain menambah daya kilap wax juga bertujuan menghilangkan resitu/kabut bekas kompon yang tertinggal pada permukaan cat sekaligus mengkilapkan body mobil yang baru dicat.

Bila proses poles dilakukan kurang matang cat justru cenderung lebih pucat/buram meski sudah diwax berulang-ulang. Beberapa obat waxing yang untuk mobil diantaranya turtell wax, kit paste metalik car wax, 3m premium wax, enamel polish atau brand lainya.

Nah cukup gampang bukan proses finishing atau cara mempoles body mobil setelah dicat, bila dilakukan dengan baik dan benar bukan tidak mungkin agan memperoleh cat week look yang mampu bertahan beberapa tahun kedepan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas