Perbedaan Thinner Cobra Merah dan Hitam Untuk Cat Mobil

 

Perbedaan thinner cobra merah dan hitam untuk cat mobil - Tahukah kamu untuk proses body repair cat bukanlah bahan satu-satunya yang dibutuhkan. Untuk dapat diapliaksikan dibutuhkan zat cair sebagai pelarutnya yakni tinner. Idealnya tiner memang dipakai sebagai bahan pengencer cat sekaligus mempercepat proses pengeringanya dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan. 

Tiner merupakan benda cair, berbau cukup menyengat, berwarna bening seperti air yang difungsikan sebagai pelarut cat, epoxy, clear coat atau bisa sebagai campuran cat anti karat.  Pemilihan tinner juga tak asal sembarangan, jangan sampai garagara salah pakai thinner warna cat tidak ada 3 bulan sudah kusam bahkan luntur saat tersiram bensin. 

Secara keseluruhan thiner dibagai dari berbagai jenis dan memiliki fungsi yang berbeda diantaranya, tiner A, B, HG, ND, Super dan PU.

FUNGSI DAN KEGUNAAN THINNER UNTUK CAT MOBIL

Perbedaan thinner A dan B

Secara garis besar tinner A memiliki daya kering lebih cepat ketimbang jenis B. Karena sifatnya lama menguap tiner B paling pas diapliaksikan buat campuran cat kayu dan besi dimana mengandung alkyd. Sebab jika pakai thiner A justru dapat mengurangi daya glossy serta bisa membuat penggumpalan.

Baca juga AWAS KELIRU !! Perbedaan Cat Dasar dan Epoxy 

Bebeberapa merk thinner B yang paling banyak dipakai diantaranya dari avian, bropan, nippon paint, seiv, dan propain. Sedangkan untuk harga perliternya 20-25rb tergantung merk, mungkin ada yang lebih murah pada merk tertentu yang dikepas pada botol air mineral.

Sedangkan thinner A sangat cocok diaplikasikan buat pengencer cat duco pada industri otomotif body reapir. Sebab cat mobil membutuhkan pelarut yang mampu mengeringkan cat dalam waktu singkat serta mampu meningkatkan daya glossy dalam waktu lama. 

Beda thinner HG dan ND

Sementara tinner HG dan ND tidak ada perbedaan yang cukup siginfikat ya masbro, keduanya sama-sama bisa diapliaksikan buat cat mobil, bisa dipakai buat melarutkan cat dasar maupun epoxy primer dan filler. 

Meksi memiliki kesamaan thiner HG sedikit lebih unggul. Karena mampu menghasilkan permukaan yang lebih halus saat dipakai buat melarutkan cat dasar serta proses pengeringanya lebih cepat.

Thinner Super

Sedangkan thinner super juga dipakai buat industri pengecatan mobil khususnya untuk pelarut cat inti/cat jadi. Berbeda dengan tipe lainya thiner super mampu menghasilkan permukaan cat yang lebih halus ketimbang lainya sarta mampu kering lebih cepat meski cuaca tidak sedang panas/mendung dan anti embun. Baca juga Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa

Tinner PU/bakar

Untuk tipe terkahir ini khusus dipakai buat pengencer clear coat ya sob, sebenarnya pakai tiner lain juga bisa hanya saja daya glossy nya berkurang bahkan gampang kusam. Jadi bila menginginkan cat tingkat glosy tinggi sebaiknya saat pernis gunakan tiner bakar. Selebihnya dipalikaiskan buat mixing xyralic atau griyter cat mutiara.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Perbedaa thinner cobra merah dan hitam untuk cat mobil

Salah satu merk thinner yang cukup populer dan paling sering dipakai tukang cat pinggir jalan adalah produk dari cobra, baik diapliaksikan sebagai penger cat duco atau sekedar pelarut melamin kayu.

 


Cobra termauk thinner NC Nitro Cellulose yang dikemas dalam kaleng berbeda yakni wana merah dan hitam. Jika diulas lebih daalam tentu keduanya memiliki fungsi yang berbeda khusunya untuk mengecat ulang body mobil. Berikut akan kami ulas secara singkat beda thinner cobra kaleng merah dan hitam :

Cobra Merah

Jika dimasukan ke kategori cobra merah termasuk jenis thiner ND ya masbro, dimana dapat difungsikan sebagai pelarut epoxy atau bisa dipakai buat ca dasar. Sementara bila dipaksa buat pengencer cat intu justru permukaanya terlihat lebih kasar dan sulit merata.

Cobra Hitam

Beda dengan cobra merah warna hitam merupakan thinner super yang bagus bila dipakai buat mixing cat ini yang mampu menghasilkan permukaan halus, tidak mengembun dan cepat mengering meski cuaca mendung sekalipun.

Jika di daerah anda belum ada thiner bakar polyurethane, cobra hitam bisa jadi pilihan alternatif untuk campuran clear coatnya. Bila disamakan cobra hitam setara dengan tiner merk alfa gloss atau daimaru merah. Untuk harganya sedikit lebih mahalketimbang warna merah merah ya masbro, 1 liternya 28 rb sementara ukuran galon 5 liter 

Bagaimana, sekarang anda sudah tahu bukan beberapa jenis tiner untuk cat mobil serta mengetahui perbedaan thinner cobra merah dan hitam. Penggunaan bahan sesuai kebutuhan tentu memperoleh hasil sempurna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas