AWAS KELIRU !! Perbedaan Cat Dasar dan Epoxy


Perbedaan cat dasar dan epoxy - Untuk memperoleh hasil repair maksimal tentu dibutuhkan pengetahuan jenis bahan serta tahu kapan saatnya diaplikasikan. Mengecat ulang body mobil memang bukan perkara mudah, tak sedikit yang merasa kecewa setelah melihat hasil garapan sendiri kurang memuaskan bahkan ada beberapa clear coat yang meleleh.

Sebenarnya jika dipelajari dengan denga serius cara mengecat ulang mobil dapat kita lakukan sendiri tanpa butuh skil khusus. Intinya adalah peralatan pendukung sudah tersedia dirumah terutama kompresor dan spray gun bisa pakai F75 atau F100, untuk pemula saya sarankan sih pakai F75 seperti yang saya pakai buat ngecat tiap hari.

Proses pengecatan sendiri dilua dari pendempulan bidang yang penyok. lapisan epoxy, cat dasar teakhir ditutup dengan clear coat anti gores.

Ngomong-ngomong soal poxy kemarin ada yang bertanya apa sih perbedaan cat dasar dan epoxy ?? Secara proses ini menentukan hasil cat yang anda apliasikan, bahkan jika keliru cat ganpang mengelupas bahkan warna yang dihasilkan terlihat lebih pucat. Wahh ngeri juga ya ternyata.

  • CAT DASAR 

Fungsi cat dasar adalah sebagai lapisan cat inti, dimana keberadaanya sangat penting,  patut dilewatkan untuk memperolah hasil lebih baik.

Perlu diketahui pemberian warna cat dasar juga tak boleh disamakan, perlu menyesuaikan cat inti. Misal bila pengen ngecat candy tone perlu cat dasar Cristal silver sedangkan merah, kuning lemon, hijau stabilo adalah putih solid.

Baca juga Ukuran Dan Cara Amplas Cat Dasar Mobil 

Wajib tahu, yang perlu saya tekankan disini adalah bila ngecat warna solid jangan pakai cat dasar tipe metalik ya masbro. Berbanding terbalik bila mengecat warna metalik cat dasarnya disamakan ngak akan mempengaruhi cat inti.

  • EPOXY

Asumsi masyarkat menyatakan poxy adalah sebagai cat dasar, namun sebenarnya fungsi utama EPOXY adalah sebagai lapisan anti karat sebelum melakukan pengecatan cat dasar atau sebelum didempul dengan begini dempul tidak gampang mengelupas.

Fungsi lainya adalah untuk menutupi permukaan mobil yang didempul ulang, dengan begitu sambung dempul tidak terlihat setelah ditimpa cat atau clear Coat.

Baca juga Ukuran Amplas dan Cara Yang Benar Mengamplas Epoxy 

Berbeda dengan cat epoxy memiliki hardenner sebagai pengering layaknya clear yang berwarna kuning bening lengket bila dipengan.

Tak sedikit yang mengalami lupa mencampurkan hardenner yang menyebabkan EPOXY tidak kering. Jadi jagan sampai terlewatkan saat proses mixing.

Baca juga 5 Merk Poxy Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor 

Perlu anda ketahui epoxy diepedakan jadi dua jenis lo masbro pertama epoxy primer dan filler. Keduanya tentu memiliki fungsi yang beda meski cara mengaplikasiknya sama pakai thinner super.


KESIMPULAN

Dapat disimpulkan fungsi cat dasar adalah sebagai lapisan cat inti agar kuat menempel serta membuatnya lebih terlihat cerah khususnya pada warna tertentu.

Jadi proses pengecatan body mobil sebanyak 3 tahap/lapis. Pertama epoxy filler, cat dasar, cat inti baru dilapis clear Coat.

Oke jadi sudah mengerti ya lur apa itu perbedaan antara cat dasar dan epoxy, semoga bermanfaat dan terimakasih. Next time saya akan memberikan tips menarik lagi dunia body repair.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas