Ukuran Dan Cara Amplas Cat Dasar Mobil


Ukuran dan cara amplas cat dasar mobil - Haloo mas bro.. Mengamplas merupakan bagian yang wajib dalam proses body repair. Karena dengan proses ini kaulitas pekerjaan yang memakan waktu cukup panjang dipertaruhkan. Bagai mana tidak coba, misal bila mengamplas dempul dilakukan dengan asal-asalan setelah dicat permukanya terlihat bergelombang bahkan terlihat tebal layaknya tembok atau baret bekas amplas akan terlihat.

Proses pengecatan mobil dimulai dari 5 tahap mulai dari epoxy, cat dasar hingga steep akhir lapisan akhir coating. Dari semua tahap tersebut bila dibeberapa stepnya mengalami kekeliruan pada akhir finishing akan jelas terlihat seperti timbulnya kulit jeruk pada cat baru, baret bekas amplas terlihat atau terlihatnya pori-pori dempul masih terlihat.


Untuk menghasilkan permukaan cat yang halus penggunaan amplas perlu diperhatikan, karena disetiap steepnya ukuran atau nomor amplas yang digunakan berbeda, mulai dari grid kasar hingga yang paling halus. Biar ngak kebinggungan tidak ada salahnya anda membaca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui jawabanya.

Baca juga
Cara Mempoles Body Mobil Setelah Dicat

Fungsi cat dasar adalah sebagai tumpuan cat akhir yang dapat mempertajam warna serta membuatnya tidak gampang mengelupas. Pemberian warna cat dasar pun perlu diperhatikan jangan main asal disamakan, perlu disesuaikan dengan warna cat inti. 

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa 

Karena tahap ini mendekai proses akhir, jadi ukuran amplas untuk mengamplas cat dasar agak halus, bisa pakai nomor 1500 hingga halus tanpa ada partikel debu yang nempel. Satu hal lagi jika masih ditemukan pori-pori lubang kecil atau masih ada bekas baret yang terlihat anda dapat mengunakan dempul spot wanda untuk menutupinya. 

Berapa lama cat dasar kering dan siap diamplas ?
 
Tidak perlu menungu lama masbro, untuk siap diamplas biarkan hingga 20-30 menit bila cuaca sedang cerah. Penggunaan thinner juga memperngaruhi lama tidaknya cat mengering, jenis tiner yang pas dipakai adalah tipe super dimana mampu menghasilkan permukaan yang lebih halus sehingga mudah diamplas.
 
Cara mengamplas yang benar adalah dengan melakukanya secara tips-tipis tidak perlu ditekan cukup kuat, tindakan ini justru membuat cat terkikis. Untuk memudahkan tahap ini beri sedikit air dan keringkan dengan kanebo untuk naik ke proses cat. Setelah selesai cuci dengan air sabun atau bisa mengoleskan thinner degreaser sebagai langkah menghilangkan bekas minyak atau benda asing yang membuat cat tidak mampu menempel.


 
Demikian pengelaman kerja yang dapat saya sampaikan seputar ukuran dan cara amplas cat dasar mobil dan motor. Semua kunci keberhasilan adalah ketekunan dan teliti saat bekerja, karena mengecat tak semulus yang dibayangkan, ada kalanya mengalami kegagalan dan perlu mengulangnya kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas