Ukuran Dan Cara Amplas Cat Dasar Mobil


Ukuran dan cara amplas cat dasar mobil - Haloo mas bro.. Mengamplas merupakan bagian yang tak terlewatkan dalam proses body repair kendaraan. Karena dengan proses ini kaulitas pekrjaan yang cukup panjang dipertaruhkan. Bagiai mana tidak coba, contoh misal jika mengamplas dempul dilakukan dengan asal-asalan justru setelah dicat permukanya terlihat bergelombang bahkan terlihat tebal layaknya tembok.

Proses pengecatan mobil dimulai dari 5 tahap mulai dari lapisan epoxy, cat dasar hingga steep akhir lapisan clear coat. Dari semua tahap ini jika dibeberapa stepnya mengalami kekeliruan pada akhir finishing akan jelas terlihat seperti timbulnya kulit jeruk pada cat baru, baret bekas amplas masih terlihat dan masih banyak lagi


Untuk menghasilkan permukaan cat yang halus penggunaan amplas perlu diperhatikan, karena disetiap steepnya ukuran atau nomor amplas yang digunakan berbeda, mulai dari grid kasar hingga yang paling halus. Biar ngak kebinggungan tidak ada salahnya anda membaca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui jawabanya.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Ukuran dan cara amplas cat dasar mobil

Fungsi cat dasar adalah sebagai tumpuan cat akhir yang dapat mempertajam warna serta membuatnya tidak gampang mengelupas.pemberian warna cat dasar pun perlu diperhatikan jangan main asal disamakan. Tahap ke 2 body repiare ini juga bertujuan agar cat akhir kuat menempel, jadi patut untuk terlewatkan.

Seperti yang sudah saya singgung diatas sebelum naik ke steep berikutnya atau tahap ke 3 perlu melakukakan pegamplas hingga permukaan nya halus. Sebelum diesekusi pastikan cat sudah mengering keras 20-30 menit. Untuk dapat mengetahuiny anda bisa cek dengan cara menekan pakai tangan, bila tidak meninggalkan bekas sudah siap diamplas.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa 

Karena tahap ini mendekai proses akhir, jadi ukuran amplas untuk mengamplas cat dasar agak halus, bisa pakai nomor 600 hingga halus tanpa ada partikel debu yang nempel. Satu hal lagi jika masih ditemukan pori-pori lubang kecil atau masih ada bekas baret yang terlihat anda dapat mengunakan dempul spot wanda untuk menutupinya.

Cara mengamplas cat dasar yang benar adalah dengan mengamplasnya secara tips-tipis tidak perlu ditekan cukup kuat agar cat habis terkikis. Untuk memudahkan tahap ini beri sedikit air dan keringkan dengan kanebo untuk naik ke proses cat.


Yang perlu saya garis bawahi adalah jangan memakai kain bekas kit atau obat pengkilap lain sebagai pengganti lap, hal ini justru membuat lapisan cat tidak akan menempel pada permukaan. Namun tenang jika sudah terlanjur dipakai gunakan sabun untuk menghilangkanya.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear 

Demikian pengelaman kerja yang dapat saya sampaikan seputar ukuran dan cara amplas cat dasar mobil dan motor. Semua kunci keberhasilan andaadalah ketekunan dan teliti saat bekerja, karena mengecat tak semulus yang dibayangkan, ada kalanya mengalami kegagalan dan perlu mengulangnya kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas