Cara Mencairkan Dempul Plastik Polyester Yang Kering

 

Cara Mencairkan dempul plastik polyester yang kering dan beku - Halo dulur.. Terkadang beberapa bahan buat repair bila masih tersisa dan mau dipakai kembali ada beberapa yang mengering dalam kaleng dan sudah tidak bisa dipakai kembali. Sebetulnya permasalahan ini bisa dicegah dengan menutup rapat setelah digunakan, sayangkan sudah beli mahal sisanya malah beku dengan sendirinya. 

Dempul misalnya, jika masih ada sisa dalam kaleng bila dibiarkan seminggu lebih terksturnya jadi keras dan tidak bisa dipakai kembali. Seperti yang kita tahu putty memiliki beran penting untuk memperole hasil repiar yang lebih baik. Ya.. Fungsi utamanya adalah mertakan sekaligus mneghilangkan pada permukaan logam besi atau kayu. Sedangkan cara mengaplikasikanya dioleskan secara tipis-tips menggunakan kape hingga memperoleh permukaan dempul yang diinginkan. 

Untuk menghasilkan permukaan yang rata dibutuhkan ketelitian dan kesabaran pada saat mendepul mobil yang penyok atau habis dilas. Pasalnya bila digunakan tanpa perhitungan dempul akan mengering dalam hitungan detik bila sudah tercampur hardenner. Bila sudah kering teksturnya jadi keras seperti batu dan sudah tidak bisa dipakai kembali.

Pernag ngak temen-temen mengalami dempul kering dengan sendirinya meski belum tercampur hardenner. Ya..Ini bisa saja terjadi bila kandungan minyak didalamnya mulai berkurang akibat telalu lama dibuka dan penutupanya kurang rapat.

Baca juga Penyebab Dempul Mobil Retak yang Harus Anda Ketahui

Memang  bila masih tersisa dan dibiarkan seminggu tekstur dempul jadi beku dan susuah diambil dengan kape. Bila sudah mengering tentu tidak bisa diaplikasikan kembali, agar tidak terbuang sia-sia sebaiknya bei dempul seperlunya saja, bila butuh sedikit anda bisa membeli ukuran kecil 1/4 atau 1/2 kg.

Jika saat ini agan merasa gundah akibat dempul mengering, jangan dibuang dulu, karena masih bisa dipakai kembali, sayangkan bila dibuang begitu saja. Lantas bagaimana caranya ?? Sangkatlah gampang masbro, kita perlu mengencerkan kembali dempul yang mengering agar kembali licin daat diapliaksikan. 


Mungkin sebagian  orang belum ada yang tahu bagaimana cara mencairkan dempul mobil yang sudah beku. Nah biar bisa dimanfaatkan kembali berikut  kamu memiliki trik mengencerkan dempul yang sudah kerimg.

  • Resin

Resin merupakan zak kimia yang cenderung kental tidak berwarna/bening, mudah terbakar dan tidak menyatu dengan air bersifat mudah mengeras namun ada juga yang lambat. Bahan resin sendiri mdah didapat diekitar kita baik ditoko online atau toko bangunan setempat.

Baca juga Dempul Alfagloss VS Sanpolac, Bagusan Mana ?

Bila resin sudah ada langkah awal adalah tuangkan resin secukupnya(bisa pakai bening/butek) pada kaelng bersikan dempul yang beku, untuk volumenya dapat disesuiakan dengan jumlah putty yang mengering. Kemudian aduk dengan perlahan selama beberapa menit hingga kembali kalis/encer.

Oh iya karena dempul sudah memiliki hardenner sebagai pengering jadi tidak perlu mencampurnya dengan katalis ya..Katalis merupakan obat pengering yang satu paket dengan resin.

Baca juga Fungsi Dempul Wanda/Dempul Odol Dan Cara Menggunakanya

Selain dengan resin kita bisa memakai cara lain yakni dengan mencampurkan dempul yang keras dengan dempul yang baru dibuka(bila yang kering sedikit) . Trik ini sering saya lakukan apabila dempul yang lama sudah kering, mubazir kan kalau dibuang.

Apakah dempul yang sudah kering bisa dicairan engan thinner ?? Sebtulnya bisa saja mencairkan dengan thiner hanya saja bersifat sesaat. Seperti yang kita tahu thiner merupakan zat caur yang cpeat menguap melebihi bensin. Jadi bila sudah menguap akan keras kembali.

Alangkah baiknya jika sudah tidak terpakai tutup dempul rapat rapat dan simpan ditempat teduh. Untuk berjaga-jaga sebaiknya gunakan isolasi lakban untuk merekatkan antara tutup dengan kaleng sehingga tidak ada udara yang masuk kedalam.

Nah, ternyata cukup gampang bukan cara mencairkan dempul mobil plastik polyester yang kering. Biar ngak cepat keras atau beku pilihlah dempul yang memiliki kandungan minyaknya cukup banyak diantaranya tanury, alfagloss atau bodi light.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas