Kelebihan dan Kekurangan Nano Ceramic Coating Untuk Cat Mobil

Kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating - Untuk menjaga cat mobil senantiasa kinclong bukanlah perkara mudah, terutama kita yang masih awam. Mencuci saja tidak cukup mempertahankan tingkat glossy kendaraan, secara seiring dengan lama penggunaan strukutr lapisan cat mengalami kerusakan baik karena paparan sinar matahari atau penggunaan boat pengkilap yang tidak disesuaikan dengan fungsinya.

Bila kita tarik kebelakang memang beberapa produk pengkilap bertebaran berbagai merk dari yang harga 40 ribuan hingga ratusan ribu. Tahukah kamu, penggunaan produk polish dan wax memang mampu mengembalikan cat mobil yang kusam kembali kinclong, namun sifatnya hanya sementara bahkan tidak sampai 3 minggu kembali buram, itupun bila rajin dibersihkan dari butiran debu yang menempel.

Untuk membuatnya senantiasa kinclong dibutuhkan lapisan coating yang lebih awet sekaligus bisa dijadikan pelindung dan anti gores pada cat mobil. Nah salah satu treetmen detailing mobil yang tengah rame diperbincangkan adalah nano ceramic.

Apa itu Nano Ceramic ?

Beda dengan produk wax atau polish lain, nano ceramic mengandung matrial silika dengan tingkat kerepatan yang lebih besar bila dibandingkan dengan pelindung cat mobil lain. Secara teknis cairan ini bekerja dari luar dan dalam yang mereap melalui pori-pori cat, sehingga membentuk lapisan yang rapat membuatnya debu tidak mampu menempel dan memiliki sifat daun talas saat tersiram air.

Nano ceramic memang didesain sebagai paint protection yang lebih kuat dan tahan lama bahkan 3 tahun efek glossy yang dihasilkan masih bertahan.
 

Bial dibandingan dengan merk pengkilap lain kandungan nano ceramic memiliki kualitas yang lebih jauh dan bersifat permanen yang melekat kuat pada cat tidak luntur meski dicuci berulang kali. Produk coating ini sangat aman untuk semua warna cat baik tipe solid atau metalik sekalipun universal

Kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating pada mobil

Manfaat nano ceramic pada mobil memang tidak diragukan lagi. Selain membuat cat jadi glossy, lapisan coating juga bisa dijadikan pelindung dari sinar UV serta jadi anti gores. Untuk lebih detailnya simak penjelasan dibawah ini.

 

Kelebihan nano ceramic untuk lapisan cat 

 

  • Pelindung dari jamur water spoot

Seperti yang sudah kami ulas tadi, cairan nano ceramic mampu meresap kedalam sekaligus menutup pori-pori cat secara keseluruhan. Jadi bedu atau residu halus lain tidak mudah menempel, kalaupun ada akan mudah dibersihkan. 

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui 

Yaa.. Lapisan coating nano juga memberi efek hidrofobik layaknya daun talas, dimana saat terguyur air akan langsung terjun kebawah tanpa meninggalkan bekas. Jadi anda tak perlu khawatir lagi bila mobil habis kehujanan tidak sempat dikeringkan. Seperti yang kita tahu bila tanpa lapisan coating bekas air hujan atau air apapun bila tertinggal dan mengering akan menimpulkan jamur water spot yang mengurani tingkat glossy cat.

  • Perawatan Jadi Mudah 

Tertutupnya pori-pori secara masimal setiap kotoran atau debu yang melekat sangat mudah dibersihkan tanpa pakai air atau mencucinya. Cukup pakai lap microfiber atau kain berserat halus untuk menyingkirkanya bahkan hanya dengan sekali usap.

  • Daya kilap bertahan satu tahun lebih

Setelah memberi lapisan coating nano ceramic tamplan mobil terlihat sangat mengkilap bahkan daya glossy nya melebihi mobil baru sekalipun. karena mengandung matrail silika yang langsung meresak ke dalam pori-pori cat tingkat kekinclonganya tidak mungkin hilang meski dicuci dengan sabun berulang atau terkena hujan berkali-kali.

  • Sebagai pelindung dari sinar UV

Bila kendaraan dibiarkan begitu saja terpapar sinar uv, cepat aau lambat cat akan rusak. dimuali dari warnanya yang kusam dan timbul kertakan. Beda bila diberi lapisan coating dimana mampu melindungi cat dari sinar uv, sehingga anda tak perlu khawatir lagi bila tidak kebagian lahan parkir yang teduh.

  • Bisa dijadikan anti gores cat

Manfaat lain dari nano ceramic pada mobil adalah sebagai pelindung dari anti gores baik dari cakaran kuku atau ranting pohon. Ya produk detailing ini sangat mengkilap dan mengeras layaknya kaca, jadi ada tak perlu khawatir timbul goresan yang ditimbulkan dari lap atau matrial lain.

 

 Kekurangan Coating Nano Ceramic 

Sama halnya dengan produk detailing lain, nano ceramic juga memiliki nilai kurangnya yang meliputi :

  • Biaya terlalu mahal

Bila budget buat si mobil cukup terbatas sebaiknya urungkan penggunaan produk mengkilap cat ini. Pasalnya biaya yang dikeluarkan cukup fantastis bagi yang belum pernah sama sekali. Untuk ukuran satu mobil saja bisa satu jutaan bahkan puluhan juta pada keriteria kendaraan tertentu. Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

Namun mahalnya produk perawatan ini sebanding dengan kualitas yang dihasilkan dalam jangka pajang. Bahkan meski mobil baru banyak memakai detailing satu ini sebagai lapisan catnya, secara tak hanya kinclong yang didapat namun juga membuat perlindungan secara menyeluruh.

  • Pengerjaan cukup lama
Untuk memperoleh kinclong maksimal dalam waktu pajangan proses pengerjaan jenis pelindung cat mobil ini butuh waktu cukup lama, belum lagi kita harus antri bila bengkel dalam kondisi ramai.

Untuk mobil baru prosenya lebih cepat 1-2 hari, beda bila kawak lama pengerjaanya busa 3-4 hari. Secara sebelum diberi lapisan nano kondisi cat harus bersih tanpa ada jamur yang menutupinya. Jadi perlu dilakukan Polish terlebih dahulu.

Perawatan setelah mobil dilapisi nano ceramic coating

Nano ceramic mampu bertahan tiga tahun dengan melakukan perawatan waxing setiap 6 bulan sekali serta menegecek kondisi coatingnya. Apakah perlu recoating atau ada beberapa bagian yang baret. Kebanyakan bengkel coating memberi garansi perawatan hingga batas waktu yang ditentukan. Soo.. anda tak perlu repot melakukanya sendiri dirumah.

Bagi pemilik mobil yang hobi poles mobil sendiri dirumah, pastikan pakai produk polish yang tepat. Secara penggunaan kompon putih justru mengikis lapisan nano. 

Oke, itu tadi beberapa informasi yang dapat saya sampakaikan seputar kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating untuk cat mobil dan motor. Semoga bermanfaat dan pilihlah jenis detailing yang sesuai untuk kendaraan anda saat ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas