Cara Membuat Tekstur Cat Seperti Kulit Jeruk Sendiri

Cara membuat tekstur cat seperti kulit jeruk sendiri - Haloo dulur,.. Pasti kita tahu lah yaa.. proses prepair bertujuan untuk mengembalikan body mobil atau motor yang telah rusak kembali kinclong dan terlihat lebih halus atau sekedar bosan dengan warna lama. Mengecat sendiridapat dilakukan dengan 2 cara yakni pakai yang instan pilox atewau kompresor bila pengen hasil lebih halus.

Selain mengecatnya kembali kita juga bisa melakukan clear ulang dengan catatan struktur cat lama masih dalam kondisi bagus, tidak retak atau beberapa bagian ada yang botak. Ada beragam faktor yang membuat cat mobil cepat kusam meski belum pernah dicat ulang. Paparan sinar UV secara terus menerus membuat strukur lapisan coating terluar rusak dan berdampak memudarnya warna cat. Selebihnya bisa diakibatkan jamur yang semakin menebal, timbulnya jamur bahkan bisa membuat mobil warna putih jadi kekuningan.

Untuk membuatnya senantiasa kinclong anda bisa memberi lapisan coating nano ceramic sebagai perlindungan cat, mahal sih memang namun akan sebanding dengan kualitas yang didapat. Atau bila pengen lebih hemat bisa melakukan wax setidaknya sebulan sekali dan mempolesnya dengan kompon putih bila banyak bercak air yang menempel.  

Cara Membuat Tekstur Cat Seperti Kulit Jeruk

Sebenarnya body kulit jeruk seperti pada dasboard mobil, motor atau pada dumper belakang Honda HRV, dumper depan Gran max merupakan tekstur bentuk plastik bawaan pabrik dan warna hitam semin doof tersebut bukan cat.

Sering berjalanya waktu warna kulit jeruk akan semakin memudar terlihat keputihan. Ya.. Penggunaan semir memang membuatnya terlihat hitam mengkilap, namun kandungan zat kimia pada silicon justru membuat warna hitamnya berkurang.

Baca juga Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Clear Kulit Jeruk Pada Cat Baru 

Tekstur cat seperti kulit jeruk pada park tertentu memang menambah kesan kendaraan lebih elit dan berkelas. Tak heran bila berapa penggila modifikasi merubah body halus dibuat jadi kasar namun halus saat diraba. Beberapa komponen motor yang diubah adalah pada blok mesin.

Bagi pemula mungkin merasa kebinggungan mencari cara merubah body halus jadi kasar seperti kulit jeruk. Nah dibawah akan kami bocorkan bagaimana cara membuat cat texture sendiri dengan menggunakan spray gun dan kompresor pastinya.

Oke, sebelumnya siap kan beberapa bahan pendukung yang meliputi :

  • Cat warna hitam, bisa pakai doff atau biasa
  •  Epoxy filler
  • Thinner super dan
  •  Clear doff, biasanya  saya pakai merk autobright

Steep pertama,

Terlebih dahulu amplas body yang mau dijadikan kulit jeruk, bila permukanya baret anda bisa mendempulnya hingga merata dengan sisi lain. Untuk mengamplas cat lama bisa pakai ukuran 400 dan cuci ddengan sabun untuk menghulangkan bekas minyak atau oli yang menempel, kemudian keringkan.

Steep kedua,
 
Nah disinilah trik membuat body halus jadi tekstur kulit jeruk yakni pakai poxy. Siapkan epoxy secukupnya dan campur dengan hardenner sampai menyatu, untuk thinnernya beri sedikit saja agar sedikit mengental.

Steep ketiga,

Selanjutnya tinggal diaplikasikan pakai spray gun, untuk memperoleh tekstur kulit jeruk setelan angin dibuat agak pelan masbro dengan begitu poxy yang keluar teksturnya lebih besar.  Yaaa.,,muncrat-muncarat gitulah nanti. Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Untuk mendapatkan tekstur yang bagus layaknya buatan pabrik aplikasikan sebanyak 3 lapis. Jika sudah merata biarkan mengering 5-6 jam, atau bisa didiamkan semalaman.

Steep keempat,

Setelah mengering tinggi diamplas pakai ukuran 400.  Pengamplasan cukup dilakukan secara tipis-tipis dengan tidak terlalu ditekan. Selanjutnya tinggal dicat pakai warna hitam hingga menutupi seluruh permukaan poxy masbro, 3-4 lapis sudah cukup kok.

Steep kelima,

Biar warna hitamnya tetap awet tidak cepat memudar langkah terakhir adalah melapisinya dengan clear Coat, tentu pernis yang dipakai adalah tipe doff. Pemberian lapisan coating ini juga bertujuan agar warna doof lebih terlihat basah dan halus saat diraba.


Cara mengecat body kulit jeruk agar tidak mengelupas
 
Seperti yang sudah kami singgung tadi warna hitam pada body kulit jeruk akan memudar dan terlihat lebih pucak, yaa kurang sedap lah kalau dipandang mata. Untuk membuatnya kembali hitam langkah utama yang bisa diambil adalah dengan mengecatnya. 

Sepertik yang kita tahu body kulit jeruk ini mengandung minyak, sehingga bila langsng dicat tidak ada 3 bulan akan mengelupas.

Nah agar berikut adalah steep steep bagaimana cara mengecat body kulit jeruk agar tidak mengelupas.:

Steep pertama

Sebelum dicet amplas terlebih dahulu pakai ukuran 400 hingga residu jamur hilang. Biar makin bersih cuci dengan air sabun kemudian bisa dikeringkan.

Steep kedua

Sebelum naik ke tahap cat semprot kan poxy primer 2-3 hingga merata. Untuk bahan ini agan bisa pakai produk dari penta super gloss. Jika sudah biarkan mengering 2-3 jam. Baca juga Yuk Simak Perbedaan Cat Mobil Oven dengan Biasa

Steep ketiga

Melangkah ke step ke tiga adalah memberi lapisan epoxy filler hingga menutupi seluruh permukaan kulit jeruk. Poxy akan mengeras 3-5 dengan memakai thinner super.

Steel keempat

Nah untuk tahap akhir ini sebelum dicat amplas lapisan poxy hingga memperoleh permukaan yang halus. Terkahir tinggal memberi lapisan coating clear doff sebagai lapisan cat agar lebih awet.

Jika dipikir pengecat body kulit jeruk lebih rumit ketimbang body halus. Secara kita perlu memberi lapiasan poxy primer sebelum ke tahap repaire.

Oke, cukup jelas ya masbro penjelasan saya tentang trik cara membuat tekstur cat seperti kulit jeruk sendiri menggunakan alat spray gun dan epoxy filler. Sebaiknya agar tidak cepat memudar hindari pengunaan semir secara terus menerus, untuk alternatif lainya bisa pakai bahan alami seperti minyak goreng.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas