[VIRAL] Cat Pilox Tahan Panas Untuk Mengecat Knalpot


Suryadidik.com - Berbeda dengan zaman dulu knalpot motor berwarna chrome atau stainliss yang mudah menguning ketika terkena air hujan. Pada zaman now saat ini knalpot terlapis cat warna hitam doff yang membuatnya lebih berkesan stayliss terutama pada jenis motor matic baik dari pabrikan Honda maupun Yamaha.

Knalpot serta blok mesim merupakan bagian yang kondisinya selalu panas bahkan bisa suhu panas dapat mencapai 600 drajat celcius. Tak heran jika lama kelaman warna knalpot mumudar bahkan menjadi kecoklatan terkhusus paba bagian leher atau biasa disebut gulu banyak.

Tidak hanya panas kondisinya yang dibiarkan selalu kotor bercampur air hujan akan membuatnya knalpot cepat berkarat.

Jika ingin membuatnya hitam kembali jalan yang dapat ditempuh adalah pengecatan ulang baik pakai cat besi maupun cat kemasan kaleng. Tentu untuk membutnya tetap awet dibutuhkan  kualitas cat kuat menahan suhu panas. Jadi jangan kepincut harga cat murah namun hanya bertahan dalam hitungan minggu.

Baca juga Cara Mengecat Body Motor Berbahan Plastik Dengan Pilox 

Solusi paling ampuh untuk membuatnya mengitamkan kembali adalah dengan mengecat ulang menggunakan Diton cat semprot tahan panas hi-temp Black. Salah satu cat semprot knalpot terbaik ini memang sudah tidak diragukan lagi akan kualitasnya.

Diton cat semprot tahan panas ho-temp black, kemasan aerosol 300cc memang memiliki komposisi yang diformulasikan untuk melapisi suatu benda yang kondisinya selalu dalam keadaan panas seperti knalpot, blok mesin bahkan dapat digunakan untuk melapisi prabotan rumah tangga mulai dari tatakan burner kompor serta oven. Harga cat pliox tahan panas ini sangatlah terjankau bagai semua kalangan mulai dari Rp 42.900/kaleng.

Cara Menggunakan Cat Pilox Diton Tahan Panas Untuk Mengecat Knalpot Motor 


 
1. Langkah awal adalah dengan melepas knalpot yang menempel pada mesin. Misalnya pada motor Beat, Vario serta Yamaha mio memiliki 2 buah baut ukran 10mm yang mengikat leher kenalpot ke bagian exhaust mesin serta 2 baut ukuran 12mm sebagai penopang pada blok mesin. Jangan lupa untuk membuka cover plastik penutup knalpot.

Baca juga Urutan Cara Mengecat Rangka Motor Dengan Pilox Agar Awet 

Biar baut muda dipelas pakai kunci T 10 atau kunci shock untuk membuka baut leher knalpot serta cover penutupnya.

2. Bersihkan secara keseluruhan bagian luar knalpot dari kotoran, minyak serta semir yang melekat dengan mengamplasnya dengan nomor 150 serta jik ada karat yang memempel harus dihilangkan terlebih dahulu. Terakhir cuci pakai air sabun dan keringkan

3. Sebelum dipakai kocok terlebih dahulu cat pilox Diton setidaknya sampai 1 menit agar semua bahan dapat tercampur.

4. Semprot dengan jarak 20 cm sekitar satu jengkal dari objek yang akan dicat. Aplikasikan secara tips-tipis terlebih dahulu, beri waktu jeda pengulangkan 1 sampai 2 menit untuk menghindari cat meleleh.

Baca juga Cara Yang Benar Mengecat Velg Alumunium Agar Tidak Cepat Mengelupas

Lakukan pelapisan setidaknya sampai 3 kali, jika teralalu tebal cat justru terlihat mengumpal.  Pastikan seluruh bagian tertutup lapisan cat dan keringkan di ruangan dengan suhu normal.

Langkah pengecatan dengan cat diton tahan panas akan lebih efektif bila dilakukan diluar ruangan dengan cuaca cerah . Membutuhkan waktu 5 jam cat akan mengering, namun biar lebih maksiml biarkan samapi 24 jam dan siap untuk dipasang kembali.

Pengeringan yang sifatnya memaksa menjemurnya dibawah panas matahari langsung justru merusak lapisan cat bahkan berporensi cat retak-retak. Untuk menuntaskan proses ini dibutuhkan waktu setidaknya 90 menit atau sekitar 1 setengah jam. Jadi anda harus benar-benar meluangkan waktu untuk hasil yang lebih baik.

Demikianlah tips tentang cara mengecat knalpot yang sudah kusam agar tahan lama, semoga bermanfaat buat dulur-dulur semua dan selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas