Cara Mengecat Body Motor Berbahan Plastik Dengan Pilox


Haloo dulur otomotif.. Waktu awal membeli sepeda motor tentu terlihat kinclong yang setiap orang terpesonan untuk melihatnya. Seiring dengan terlalu sering digunakan serta akibat paparan panas matahari lama kelamaan membuatnya jadi pudar ditambah juga cacat sana sini membuatnya semakin kurang enak dipandang.

Untuk mengembalikanya mengkilap tak sedikit yang melakukan proses cat ulang di bengkel cat mobil sekedar mendapatkan kualitas yang mengkilap. Tapi pengecatan berstandar pabrik tentu memakan biaya yang cukup mahal pula bahkan menyentuh angka jutuaan rupiah untuk mengecat full body motor. Untuk memangkas biaya ada langkah alternatif yang bisa dapat ditembuh apa lagi kalau tidak menggunakan cat pilox kalengan.


Komponen yang cepat memudar adalah bagian dek kulit jeruk. Berbeda dengan bidang lainya mengecat body motor berbahan plastik dengan pilox tidak bisa dilakukan dengan cara sembarang yang justru membuatnya cepat mengelupas.

Tidak cukup dengan teknik yang benar, kualitas cat pilox akan mempengaruhi hasil semprotan anda. Jadi anda harus jeli untuk memilih produk mana yang berkualitas. Sebagai rekomendasi anda bisa menggunakan produk samurai paint yang hasil semprotanya tidak jauh beda dengan memakai kompresor.

Baca juga Turtorial Cara Cat Merah Candy Tone Yang Benar


CARA MENGECAT BODY MOTOR BERBAHAN PLASTIK AGAR TIDAK MENGELUPAS
Biar prosesnya ngak ribet lepas dek yang akan di cat ulang secara perlahan agar tidak patah. Pada kendaraan tertetu seperti motor matic memang perlu kesabaran karena semua dek menempel dengan rapat.


Sebelum dicat anda harus mengamplasnya terlebih dahulu secara menyeluruh memakai amplas halus ya lur nomor 400 agar hasil cat nantinya halus. Setelah selesai cuci dengan sampun colek untuk menghilangkan minyak maupun semir yang menempel. Jadi harus benar-benar dipastikan tidak ada bahan silocon yang melekat. Setelah selesai segera keringkan untuk menuju proses pengecatan.

Baca juga Cara 4 Ampuh Menghilangkan Bekas Pilox Pada Permukaan Ban Motor 


Jika sudah bersih dan mengering ada bilsa lanjut menuju langkah pelapisan epoxy. Lapisan poxyinilah yang membuat cat menempel dengan baik dan tidak membuatnya mudah terkelupas. Biar makin joss gunakan pilox samurai paint dengan mengaplikasikanya secara tipis-tips terlebih dahulu secara merata dabn tunggu hingga mengering.

Fungsi lapisan poxy ini adalah agar cat dapat menempel kuat pada cover body motor berbahan plastik. Jadi tahap ini sangatlah fatal untuk dilewatkan.

Setelah poxy mengering jangan langsung disemprot ya lur nanti justru hasil catnya akan terlihat kasar. Jadi haluskan permukaan poxy terlebih dahulu dengan cara mengamplasna pakai amplas nomor 400 atau 360.

Baca juga [KLIK DISINI] Cara menggunakan Soda Api Untuk Menghilangkan Cat Dan Dempul 

Bila permukaanya sudah terasa halus anda dapat menyemprotkan cat sesuai warna yang diinginkan. Namun, jika warna merah dan hijau stabilo terlebih dahulu harus menyemprotkan cat dasar warna putih. Beda lagi jika menginginkan warna candy maka harus di beri cat dasar warna silver metalic sampai tertutup rata.

Cara menggunakan cat pilox yang benar adalah dengan mengocok kemasanya berulangkali baru anda bisa mengaplikaksikanya dengan jarak 20 cm atau sekitar satu jengkal tangan. Jika jaraknya terlalu dekat potenti cat melelehnya akan besar, begitu sebaliknya jika jarak penyemprotanya terlalu jauh justru hasil catnya akan kasar. Jadi jarak pengecatan harus disesuiakan tidak teralalu dekat dan tidak teralalu jauh.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Tahap akhir adalah penyemprotan cear coat atau bisa disebut cat anti gores. Selain mengkilapkan, clear/pernis juga bisa membuat cat jadi doff atau tiak mengkilap. Untuk tahap terakhir ini tergantung selera yang diinginkan. Pengen yang warna doff atau mengkilap.

KESIMPULAN
Sebenarnya cara mengecat body motor berbahan plastik agar tidak mengelupas tidak lah jauh beda dengan mengecat vleg motor berbahan aluminium dengan pilox. Intinya, karena cover motor berbahan plastik sifatnya licin jadi harus dilapisi dengan epoxy terlebih dahulu.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel