Cara Mengecat Dengan Pilox Samurai Agar Mengkilap


Cara Mengecat Dengan Pilox Samurai Agar Mengkilap -Tak banyak dulur - dulur yang masih kebingungan bagaimana teknik mengecat dengan cat semprot agar bisa mengkilap. Pemakian cat pilox dipilih karena lebih fleksibel ngak perlu repot lelarutkanya dengan thiner, tinggal kocok langsung semprot.

Meski terlihat mudah tak sedikit yang menemukan kegagalan di tengah proses pengerjaan. Kendala yang sering dialami adalah cat kriting atau cat yang meler. Tentu jika hal ini terjadi membuat tukang cat khususnya bagi pemula akan merasa frustasi serta bagaimana berfikir bagaimana cara memperbaikinya.

Cat pilox ini sering digunakan untuk mengecat body motor terkadang juga diaplikasikan buat mobil. Dengan teknik serta cara yang tepat bukan tidak mungkin akan menghasilakan kualitas cat yang lebih mengkilap. Tak sedikit diluar sana yang mencoba mengecat baik pada dek motor mapun komponen lainya yang hasilnya kurang memuaskan. Yaa terlihat ngedoff serta terasa kasar gitu dan lebih parahnya lagi cepat sekali pudar bahkan tak jarang ada yang mengelupas.


Agar tidak salah jalan tidak ada salahnya mengikuti teknik yang sudah saya lakukan bertahun-tahun bagaimana cara mengecat dengan pilox agar mengkilap. Dulur cukup menyaipkan beberapa bahan pendukungnya serta waktu penggunaanya.

Setidaknya ada 6 tahap untuk mendapatkan hasil yang mengkilap, mulai dari pengamplaasan, lapisan epoxy filler, Proses cat serta finising. Biar ngak pada kebingungan akan kami uraikan dengan bahasa yang sangat ringan.

1. PENGAMPLASAN

Baik menggunakan cat kompresor maupun cat semprot kalengan proses pengamplasan penting dilakukan. Tujuan tahap pengamplasan sebagai langkah membersihkan kotoran, jamur serta minyak yang menempel pada body motor. Tidak ada salahnya saat proses mengamplas diberi sabun colek.

Baca juga Turtorial Cara Cat Merah Candy Tone Yang Benar

Tampa mengamplasnya sah-sah saja, namun cat rentan mengelupas bahkan dalam kurang dari 3 bulan.

Pengamplasan juga tidak serta merta dilakukan dengan asal-asalan yang justru merusak permukaan bidang yang akan dicat.

Untuk proses ini pakailah amplas yang halus biar saat dicat tidak terlihat bekas amplasanya. Dulur dapat memakai amplas air halus nomor 400. Sebagai tambahan merk amlas yang bagus adalah RMC yang lebih awet tajam serta tidak mudah robek meski direndam air berhari-hari.

Baca juga Cara 4 Ampuh Menghilangkan Bekas Pilox Pada Permukaan Ban Motor


Amplas seluruh bidang yang akan dicat, ada baiknya anda mengoleskan sabun colek untuk menghilangkan minyak serta semir yang melekat. Seperti yang sudah disingung tadi bila terdapat partikel minyak, oli, maupun silikon yang menempel meski disemprot cat berulang-ulang tidak dapat menempel.

2. PROSES EPOXY FILLER

Menuju ke tahap selanjutnya adalah melapisi body motor dengan poxy jika dek motor sudah kering. Tujuan melapisi terlebih dahuli dengan epoxy adalah agar cat pilox tidak cepat mengelupas.

Sebenarnya tanpa melapisinya dengan poxy atau langsung dicat juga tidak begitu malah dengan catatan cat masih original pabrik atau belum pernah dicat ulang baik pakai cat kompresor maupun cat semprot.

Jika sudah dicat ulang sebaiknya lapisi dengan poxy terlebih dahulu untuk menghindari cat kriting.
Pelapisan epoxy filler ini juga wajib dilakukan jika yang ingin di cat body motor berbahan plastik seperti spakbor belakang serta pada dashboard motor matic.

Biar makin mantep dulur bisa pakai cat dasar epoxy semprot samurai paind dengan harga 44rb/kaleng dengan berat 500gr.

3. TAHAP CAT DASAR

Tentu sebelum ditimpa dengan cat, terlebih dahlu anda harus menunggu lapisan cat dasar epoxy kering, Biasanya akan mengering kurung waktu 2-3 jam tergantung merk yang digunakan. Agar tidak kasar poxy harus diamplas terlebih dahulu bisa pakai amplas nomor 400 juga. Untuk mendapatkan hasil yang mengkilap seperti baru pastikan permukaan poxybenar-benar halus. Kemudian keringkan.

Pelapisan cat dasar ini hanya dilakukan pada warna-warna tertentu saja. Jika warna merah maka cat dasarnya adalah putih/pink, beda lagi jika menginginkan warna merah maroon yang agak gelap maka cat dasarnya harus warna hitam doff. Begitu pun jika ingin mengecat warna hijau stabilo anda harus melapisi cat dasar warna putih terlebih dahulu sob.

 Baca juga Cara Menghilangkan Cat Yang Menempel Pada Body Motor

Beda lagi jika ingin mengecat warna candy maka dasaranya harus silver metatic agar warna candy nya keluar.  Untuk warna gold cat dasarnya juga silver metalic.

Selain membaut cat cepat nutup fungsi lain dari cat dasar adalah untuk membuat cat jadi semakin kuat nempel yang membuatnya tidak mudah terkelupas.

4. PROSES CAT

Sebelum dicat kembali lagi-lagi proses pengamplasan dikakukan setelah cat dasar mengering. Biar hasil catnya terlihat halus sebaiknya pakailah amplas bekas nomor 400 yang sudah dipakai buat mengamplas poxy tadi. Amplas sampai halus hingga tidak ada butiran debu serta pasir yang menempel. Kemudian langsung keringkan.

Biar tidak ada kejadian cat meleleh, lakukan penyemprotan secara tips terlebih dahulu dengan jarak 20cm atau sekitar satu jengkal tangan dari bidang yang dicat.

Proses pengecatan dapat anda lakukan sebanyak 3 lapis dengan memberikan jeda disetiap lapisanya hingga semua permukaan tertututp rata. Yang tak kalah penting adalah gunakan masker saat mengecat body motor untuk melindungi paru-paru anda.

Baca juga Cara Yang Benar Mengecat Velg Alumunium Agar Tidak Cepat Mengelupas 

Sebagai rekomendasi pakailah cat piox samurai paint yang memiliki kuliatas cat nya hampir setara dengan cat kompresor.

5. PROSES CLEAR COAT

Agar cat pilox terlihat semakin mengkilap proses terakir adalah dengan proses clear coat. Sobat bisa menggunakan samurai paint clear 2k01 yang harganya cuman 46rb/kalengnya.

Sama halnya dengan proses mengecat, clear coat juga diaplikasikan sebanyak 3 lapis dan dilakukan secara tips terlebih dahulu.

Namun sebelum disemprotkan pastikan body motor yang dicat bersih dari debu yang menempel.Untu menghilangkanya anda cukup mengelapnya dengan kain yang kering dan halus.

Berbeda dengan cat yang bersifat cepat kering, butuh 8 sampai 10 clear coat mengering keras. Jadi perlu kesabaran serta jangan disentuh tangan.

Tak sedikit orang salah kaprah yang bertujuan agar cepat kering, menjemurnya diterik matahari secara langsung. Memang panas matahari dapat membuat nya cepat kering, namun pengeringan yang sifatnya memaksa ini justru membuat daya kilap pernis berkuang serta dapat merusak struktrur lapisan cat.


6. TAHAP PEMOLESAN

Sampailah ke pengujung tahap akhir adalah langkah pemolesan dengan memakai kompon putih. Sebelum dipoles pastikan terlebih dahu clear sudah mengering keras, dibawah ini penjelasan cara mempoles cat motor yang baru :

Oh ya langkah pemolesan ini sebalun berfungsi untuk mengkilapkan juga membuat permukaan cat terasa halus.

Pertama amplas permukaan clear pakai amplas nomor 2000 sob. Pengamplasan ini bertujuan untuk menghilangkan cat kulit jeruk serta menghilangkan debu maupun binatang kecil yang menempel.

Berikutnya olesakan kompon putih secara merata kemudian gosok pakai gerakan memutar dengan memberikan tekanan. Proses ini harus dilakukan berulang-ulang sampai bekas amplasan hilang serta cat jadi mengkilap seperti cat mobil.

Baca juga Cara Yang Benar Cat Velg Motor Warna Gold atau Emas 

Beda lagi jika anda memiliki mesin poles yang tak perlu mengeluarkan tenaga extra untuk mempolesnya.

Untuk mendapatkan kualitas cat yang mengkilap seperti baru terakhir anda bisa melakukan proses waxing. Cukup siapkan obat pengkilap bisa pakai kit, turtell wax atau sejenisnya. Tuangkan turtell wax pada busa yang telah disediakan  kemudian gosok berulang kali sama seperti proses mengompon tadi. Selain menambah daya kilap proses waxing ini bertujuan untuk menghilangkan bekas kompon yang masih menempel.

OKE dulur, diatas merupakan 6 langkah cara mengecat dengan pilox samurai agar mengkilap. Dengan menggunakan teknik yang banar meskipun anda masih pemula bukan tidak mungkin akan mendapatkan hasil yang maksimal layaknya bengkel cat profesional. GOODLUCK..!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel