[WAJIB TAHU] Deretan Merk Tiner Yang Bagus Untuk Cat Motor


Merk Tiner Yang Bagus Untuk Cat Motor - Mumpung pas lagi bengkel sepi saya ingin berbagi ilmu ini tentang berbagai merk tiner yang cocok buat cat motor. Pasti tahu lah ya apa iku thiner ?? Ya bahan  cair yang mirip air putih ini berfungsi sebagai pelarut berbagai jenis cat baik cat mobil maupun cat kayu. Karena fungsi nya sebagi penyampur cat tentu akan mempunyai pengaruh besar dengan hasil pengecatan.

Selain untuk cat fungsi lainya adalah sebagai pelarut epoxy serta clear coat. Tak heran saat ini banyak sekali jenis-jenis tiner yang cukup membingungkan khususnya bagi yang ingin belajar ngecat motor. Mulai dari jenis tinner A, thiner ND, thiner HG, thiner NC, Thinner Super serta Jenis thiner PU atau biasa disebut tiner bakar.


Bagi pemula mungkin akan merasa kebingungan mengunakan jenis thiner apa yang bagus buat melarutkan cat. Tentu semua jenis Thiner bisa digunakan baik untuk mencampur cat, epoxy atau sebagai pelarut clear coat.

Baca juga Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas

Meskipun semuanya dapat digunakan tentu pemakain thiner yang keluru akan mempengaruhi hasil akhirnya jadi dibutuhkan pengetahuan tentang jenis serta thiner mana yang memiliki kualitas bagus untuk digunakan.

Agar tidak salah pilih dibawah ini saya ingin berbagai tips beberapa jenis thiner yang paling bagus buat cat mobil maupun motor. Yuk mari kita simak

Cerita ini berdasarkaan hasil pengalaman yang sudah beberapa tahun menjadi mekanik cat mobil yang ada di Pati Jawa tengah. Jadi bisa dikatakan saya sudah paham betul merk tiner mana yang sangat cocok untuk mengecat motor dan mobil.

Baca juga Cara 4 Ampuh Menghilangkan Bekas Pilox Pada Permukaan Ban Motor 

Kita mulai dari pencampuran epoxy filler, pada proses pelarutan poxy anda bisa menggunakan jenis tiner A, NC atau bisa juga pakai Thiner super. Mengapa harus pakai jenis ini ? begini penjelasanya Ketiga jenis tinner ini memiliki tergolong thiner medium jadi sangat cocok diaplikaksikan untuk proses poxy. Namun akan lebih harga perliternya pervariasi lo sob.

Harga Thiner A 20rb/liter, Untuk harga NC 18rb/liter sedangkan untuk tinner super 22rb/liternya. Lebih hemat lagi jika anda langsung membeli 1 galon ukuran 5 liter yang dihargai 85rb untuk tiner super dan 70rb untuk jenis thiner A. Untuk thiner Nc hanya dijual eceran, mungkin biar lebih untung kali ya hehee.

Berikutnya adalah tahap pencampuran cat dasar atau juga bisa dipakai buat cat jadinya. Pada proses ini wajib memakai thiner HG atau bisa juga pakai tiner super. Bukanya tanpa alasan, Penggunaan tiner ini akan membuat hasil catnya halus jadi sangat jadi saat dilapisi clear coat hasilnya akan terlihat mengkilap.

Baca juga Cara Mengecat Body Motor Agar Mengkilap Seperti Baru 

Dan untuk tiner yang bagus buat clear adalah jenis PU. Mengapa harus wajib dengan tiner PU ? sebenarnya menggunakan jenis lainya sah-sah saja dan tetap mengkilap namun tidak kuat sampai 1 tahun bahkan belum 10 bulan clear akan kusam serta mempercepat memudarnya warna cat.

Kelebihan memakai thiner PU untuk mencampur clear adalah membuat pernih lebih mengkilap ketimbang memakai jenis lainya. Bahkan kilapnya tahan 5 tahun lebih tergantung perawatanya juga. Biar mengkilapnya lebih maksimal gunakan juga clear PU mulai dari clear autoglow, nippon nax, spies hecker, blinken atau bisa menggunakan clear sikkens.

Kesimpulanya merk tiner yang bagus untuk cat motor dan mobil adalah dengan menggunakan jenis thiner HG dan juga thiner super. Beda lagi jika ingin proses pernis gunakanlah thiner Pu sebagai campuranya. Beda lagi dengan epoxy yang bisa memakai thiner A, NC atau bisa pakai jenis Super.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel