Cara Clear Ulang Body Motor dan Mobil Yang Kusam Kembali Kinclong


Suryadidik.com - Cara clear ulang dipilih untuk mengembalikan body motor dan mobil kusam kembali kinclong tanpa merubah warna aslinya, jadi cat original pabrik tidak berubah. Meski kelihatan mudah bila dilakukan secara sembarangan bukan tidak mungkin pernis akan cepat mengelupas bahkan tidak sampai 5 bulan.

Ada beragam faktor yang membuat cat kendaraan tidak mampu bertahan cukup lama, kurangnya perawatan menjadi penyebab kuat mengapa body motor jadi kusam. Semisal untuk menjaganya tetap kinclong anda bisa memberi sentuhan wax 2 minggu sekali atau mencucinya bila sudah kotor. Namun jangan salah pengguaan obat pengkilap abal-abal justru membuat struktur cat gampang rusak.


Pernis ulang merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah, butuh teknik khusus serta keteilitan untuk menjaga clear coat tidak meleleh. Meski tukang cat kawakan bila teletor hasilnya pun kurang begitu maksimal. Jadi bila saat ini anda masih pemula jangan takut untuk mencobanya sendiri dirumah.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Pasalnya bila dipercayakan pada bengkel cat estimasi biaya akan membengkak. Untuk pernis kembali dek motor Vario lama 110cc bisa kena biaya 350-500rb tergantunga kualitas bahan yang dipakai. Bila dilakukan sendiri cukup mengeluarkan modal 100 untuk membeli 1/4 clear coat dan 1 liter thinner bakar.

Bila ingin melakukanya sendiri berikut kami memiliki turtorial bagaimana cara clear ulang body motor agar menempel dengan sempurna tanpa merubah warna cat aslinya. Namun sebelumnya siapkan beberapa bahan diantaranya :
  • Untuk thinnernya wajib pakai PU/bakar. Sebenarnya pakai pakai tiner super atau A bisa saja, hanya saja glossy yang dihasilkan  tidak bertahan lama. Bahkan tidak sampai 3 bulan udah kembali kusam.
  • Terakhir siapkan amplas nomor 2000 ya, kalau bisa pakai amplas bekas saja biar tidak terlalu tajam.
TURTORIAL PERNIS ULANG BODY MOBIL DAN MOTOR YANG BENAR

Bila motor yang dipernis lepas semua dek dari kendaraan untuk mempermudah proses pengerjaan. Selanjutnya anda bisa mengamplasnya.

Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100

Untuk menghasilkan permukaan yang lebih halus gunakan amplas bekas. Jika hanya ada amplas baru buat agar tidak terlalu tajam dengan cara melipatnya jadi dua sisi hingga permukaan yang tajam bertemu dan bisa kita gosok berulang hingga agak tumpul.

 

Contoh dek yang sudah diamplas
Amplas seluruh body hingga bersih dan jamur yang menempel hilang dan cuci dengan sabun detergen untuk membersihkan bekas oli, minyak dan bekas obat pengkilap. Pada bagian stiker cukup diamplas secara pelan agar warnanya tidak baret dan bilas dengan sabun.

Bila sudah kering bisa langsung ke proses menyemprotkan pernis sebanyak 3 lapis dengan memberi jeda pada setiap lapisnya.

 Baca juga Perbedaan Wool Pad dan Foam pad, Untuk Poles Maksimal

Perlu anda catat  pernis gampang meleleh pada permukaan stiker karena permukaanya lebih licin ketimbang cat. Jadi pada lapis pertama semprotkan secara tipis merata.


Kita anggap lapisan pertama ini sebagai pondasi, jadi biarkan hingga setengah kering 10-20 menit agar lapisan pernis berikutnya tidak meleleh.


Setelah setengah kering bisa lanjut ke lapisan pernis 2 dan ke 3. Untuk menghasilkan permukaan kilap basah weet look, khusus lapisan terkahir semprotkan pernis lebih kencang dengan menekan spraygun lebih dalan. Untuk jarak ideal spray gun dengan bidang 10-15cm, bila terlalu jauh hasilnya justru kurang maksimal.

Setelah tahap pernis selesai tinggal ditunggu kering 1-2 hari agar bisa dipoles sebagai cara menghilangkan kulit jeruk pada cat baru.

Nah, cukup simpel bukan cara clear ulang body motor dan mobil, tinggal diamplas halus langsung di semprot pernis. Baik pakai spay gun atau cat pilox tidak ada bedanya, hanya saja pastikan warna cat masih dalam kondisi bagus dan tidak pecah-pecah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas